x

cara meningkatkan DA dan PA website dengan cepat

Iklan

An Nahal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Selasa, 1 September 2020 11:14 WIB

Cara Meningkatkan DA dan PA Website dengan Cepat dan Aman

Ingin tingkatkan domain rating dan page authority website Anda? Lakukan cara meningkatkan DA dan PA blog dan situs dengan cepat, aman serta mudah berikut ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Anda mungkin tak asing dengan istilah Domain Authority (DA) dan Page Authority. Kedua aspek ini memiliki peran yang sangat penting untuk monetisasi website.

Baik DA maupun PA adalah matrik yang diinisiasi oleh Moz yang menjadi faktor penentu peringkat situs pada pencarian Google. Apabila skor keduanya tinggi, maka baik pula ranking suatu website.

Lalu, adakah cara meningkatkan DA dan PA? Tentunya ada. Dan kali ini kami akan sajikan kepada Anda sekilas tentang DA dan PA. Juga pembahasan mengenai cara meningkatkan domain authority pada sebuah website. 

Sekilas Mengenai DA dan PA

Apa itu DA?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

DA adalah tool untuk mengukur kekuatan domain dalam kinerja pencarian di search engine semisal Google, Yahoo, Bing dan mesin seo lainnya. 

Domain Authority menjadi parameter yang menggambarkan peringkat suatu situs web berdasarkan seberapa tinggi ratingnya di seo.  

Sementara PA atau Page Authority yaitu alat ukur untuk menggambarkan kekuatan sebuah halaman website. Jika da mengukur keseluruhan faktor seo, pa mengukur aspek yang lebih spesifik dibandingkan da.

Baik DA maupun PA memiliki skala yang sama dalam mengukur sebuah kecepatan domain dan page. Keduanya memiliki skala dari 1 hingga 100. Semakin tinggi skor sebuah web, maka semakin baik pula kecepatan domain maupun halamannya. 

Untuk mengetahui seberapa besar kekuatan domain dan halaman web Anda, Anda bisa cek DA PA blog dengan berbagai tool yang tersedia. Misalnya di research tool milik Mos, Moonsy, atau Smallseotools. 

Dari hasil tersebut Anda bisa lihat hasilnya. Apakah sudah tinggi? Jika belum, Anda bisa melakukan cara meningkatkan domain rating yang kami rekomendasikan berikut. 

Cara Meningkatkan DA dan PA Mudah dan Cepat

Sebetulnya ada banyak cara untuk menaikkan skor DA dan PA di website Anda. Misalnya seperti optimasi seo on page dan off page, manajemen tools, sampai mengaudit menggunakan moz pro.

Tapi Anda bisa mencoba terlebih dahulu cara mudah dan praktis untuk merintis kenaikan skor DA dan PA berikut ini.   

1. Buat Konten Berkualitas dan Promosikan!

Mau meningkatkan SEO, DA, PA, konten tetap menjadi senjata utama yang harus Anda perhatikan. Di samping itu, konten yang berkualitas harus diiringi dengan teknik promosi yang optimal. 

Jadi, buatlah konten yang bagus dan fresh, usahakan yang informatif dan out of the box. Untuk membuat konten semacam ini, tentu Anda perlu riset yang matang. Anda juga wajib untuk selalu update dan dinamis, menyesuaikan dengan zaman. 

Belajarlah membuat konten sebaik dan sebanyak mungkin dan kuasai tips dan trik untuk menyediakan konten berkualitas. Setelah itu, Anda juga harus menguasai teknik promosi konten dengan media yang relevan juga.

Manfaatkan forum, direktori, komunitas dan media sosial. Platform semacam ini sangat penting untuk menunjang keberadaan website Anda. 

2. Terapkan Seo On Page dan Off Page

Cara meningkatkan page authority berikutnya yaitu dengan memaksimalkan optimasi seo on page dan off page. Kedua aspek ini sangat penting untuk membantu skor domain dan page bertambah di tool cek DA PA blog

Beberapa tips untuk optimasi seo on page adalah dengan cara berikut:

  • Lakukan riset keyword / kata kunci utama.
  • Masukkan keyword utama di judul dengan maksimal 55 karakter.
  • Masukkan keyword di permalink yang berjumlah maksimal 75 karakter.
  • Gunakan keyword di meta description, jumlah deskripsi berkisar antara 155 hingga 160 karakter.
  • Masukkan keyword di paragraf pertama.
  • Jumlah kata minimal 600, semakin panjang semakin baik.
  • Masukkan link internal ke kategori.
  • Ada heading H1, H2, H3, dan seterusnya. Buat secara terstruktur dan logis. 
  • Taruh keyword di nama image, title, dan alt image. 
  • Masukkan maksimal 2 eksternal link saja di badan konten.
  • Tautkan link internal yang relevan dengan konten.
  • Masukkan dan variasikan LSI keyword.
  • Share ke sosial media. 

Sedangkan untuk optimasi seo off page, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, diantaranya sebagai berikut:

  • Mencari backlink. 
  • Mendaftar web pada situs-situs populer yang berkualitas.
  • Menulis guest post (artikel yang dibuat penulis dari web lain (penulis tamu) di web kita atau sebaliknya, gunanya untuk promosi web masing-masing).

Dengan memaksimalkan kedua jenis seo di atas, maka sedikit banyak Anda bisa meningkatkan skor DA dan PA yang berdampak sangat baik pada traffic. 

3. Bangun Internal Link dan Link Profile

Ini adalah salah satu strategi seo website dimana Anda harus memperbanyak link pada root domain atau halaman tertentu baik itu internal maupun eksternal. 

Tapi perlu diingat, jangan terlalu menggunakan banyak eksternal link karena justru akan menurunkan rate page Anda. Maksimal gunakan 2 saja link dari website yang trusted dan relevan dengan konten Anda. 

4. Perbaiki Artikel yang Rusak atau Tak Sesuai dengan On Page SEO

Jika cara meningkatkan DA dan PA sebelumnya berkaitan dengan teknik membangun Kali ini Anda diminta untuk memperbaiki artikel yang keburu di post dengan kualitas buruk. 

Ya, mungkin Anda baru tahu beberapa teknik seo belakangan ini sementara sudah ada banyak artikel yang dipublish. Tak perlu khawatir, karena Anda bisa memperbaikinya dan dengan begitu kualitas web secara keseluruhan juga bisa meningkat. 

Anda bisa menggunakan plugin redirection untuk merevisi konten atau artikel yang sudah dirilis. Melalui fitur ini Anda juga bisa merubah permalink atau url. Bagaimana caranya?

  • Copy permalink lama atau revert menjadi draft.
  • Perbaiki artikel serta permalink sesuai aturan on page seo.
  • Jika sudah berubah, maka publish. 
  • Gunakan fitur redirection untuk submit url yang lama menjadi baru. 
  • Lalu submit url ke Google Search Console. 
  • Jangan lupa hapus url lama lewat fitur Google Console. .

Pastikan Anda merevisi seluruh artikel yang belum sesuai dengan kaidah seo, karena satu saja yang rusak bisa berefek buruk terhadap aspek lainnya. 

5. Tingkatkan Moz Rank dan Trust

Apa sih Moz Rank? Moz Ranks merupakan fitur pengganti pagerank yang diambil alih penggunaannya oleh Google. Dari fitur ini Anda bisa mengetahui kepopuleran link website yang berkisar antara 1 sampai 10.

Sedangkan Moz Trust adalah tool yang bisa dipakai untuk menilai link, sama seperti Moz Rank. Cara meningkatkan DA dan PA di sini bisa dilakukan dengan cara menerima tautan link dari berbagai situs terpercaya di pemerintahan atau pendidikan seperti .org dan .edu.

6. Manfaatkan Tool Moz Pro

Selain kedua tool di atas, Anda juga bisa mengukur kualitas link building dengan Moz Pro. Untuk apa? Dengan mengetahui kualitas link, kita dapat mengkonversikan seberapa tinggi skor DA dan PA di website.

Selain itu, tool ini juga menampilkan hasil Domain Authority, Spam Score dan Page Authority yang semuanya sangat bermanfaat. Anda pun bisa segera memperbaiki kekurangan yang dimiliki oleh website dengan melakukan cara meningkatkan domain authority. 

Demikianlah cara meningkatkan DA dan PA yang bisa Anda coba secara otodidak. Jangan buru-buru mencari expert untuk melakukannya. Karena sebetulnya jika dipraktekkan langsung tidak begitu sulit. Hanya saja, Anda harus paham dengan konsep dasarnya terlebih dahulu.

Sekian saja. Semoga bermanfaat dan bisa segera mendapat traffic tinggi untuk situs Anda.

Ikuti tulisan menarik An Nahal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB