x

ilustr: Healthline

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 7 September 2020 07:20 WIB

7 Cara Aman Mengekspresikan Kerentanan Emosional dalam Suatu Hubungan

Tentang mengekspresikan kerentanan emosional.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Merobohkan tembok pelindung di sekitar hati Anda dan membiarkan seseorang masuk adalah masalah besar bagi siapa pun. Namun, sebagian dari kita merasa lebih sulit daripada yang lain untuk terbuka kepada pasangan.

Terkadang kita kesulitan untuk membiarkan orang masuk karena kita secara alami dilahirkan seperti itu. Terkadang itu adalah hasil dari hubungan keluarga atau masa kecil kita. Dan terkadang itu akibat dari lengah di masa lalu dan patah hati.

Jika Anda telah membangun cangkang yang kuat di sekitar hati Anda dan khawatir membiarkannya terbuka sedikit untuk membiarkan pasangan Anda masuk, itu pasti akan berdampak negatif pada hubungan Anda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika pasangan Anda tidak berjuang keras untuk menjadi rentan secara emosional, dia akan sulit memahami mengapa dia tidak dapat mencapai orang yang dia cintai.

Banyak orang bergumul dengan kerentanan karena dalam pikiran mereka, itu sama dengan kelemahan. Mereka berpikir bahwa jika mereka memberi seseorang wawasan tentang ketidakamanan atau titik sensitif mereka, mereka entah bagaimana akan dipandang sebagai orang yang kurang.

Mereka percaya bahwa mereka akan kehilangan rasa hormat pasangannya, dihakimi, atau membuka diri untuk menyerang dan berisiko lebih besar terluka.

Mereka dengan senang hati berbagi detail tentang diri mereka sendiri - hal-hal yang tidak penting seperti band favorit mereka atau ke mana mereka ingin bepergian - tetapi mereka bungkam ketika muncul masalah serius. Hal-hal seperti bagaimana mereka pernah disakiti di masa lalu dan ketakutan mereka akan disakiti di masa depan.

Mereka menginginkan rasa hormat dari pasangannya, jadi mereka tampil di depan dan bertindak seperti orang kuat yang mereka pikir mereka butuhkan untuk mendapatkan rasa hormat itu. Tetapi, mereka tidak menyadari bahwa seseorang yang mencintai mereka akan tahu dengan baik ketika mereka tidak tulus.

Alih-alih menjadi orang kuat yang mereka bayangkan akan dilihat oleh pasangannya, yang dilihat oleh pasangannya hanyalah dinding bata, yang bukan prospek yang sangat menarik.

Jika Anda pernah mengalami masalah ini dalam hubungan sebelumnya atau sedang mengalaminya, Anda pasti sadar bahwa menunjukkan kerentanan emosional penting dalam hubungan romantis.

Hubungan Anda sebelumnya bahkan mungkin telah berakhir karena Anda tidak dapat membuka diri, tetapi Anda masih belum yakin bagaimana melakukannya tanpa membiarkan diri Anda terbuka untuk patah hati.

Namun, ada cara untuk memberi isyarat kepada pasangan Anda bahwa Anda benar-benar ingin mengizinkan mereka masuk, meskipun Anda kesulitan untuk benar-benar melakukannya. Dan cara-cara yang Anda bisa melatih diri Anda sendiri, perlahan tetapi pasti, untuk mempercayai pasangan Anda - dan pada diri Anda sendiri - cukup untuk terbuka.

1. Biarkan Mereka Tahu Anda Berjuang dengan Kerentanan

Hal pertama yang utama. Langkah penting untuk menunjukkan lebih banyak kerentanan dalam hubungan Anda adalah memberi tahu pasangan Anda bahwa Anda bergumul dengannya.

Dia mungkin sudah mengerjakannya sendiri, tetapi mungkin akan membuat pikirannya nyaman mengetahui bahwa itu bukan dia, tetapi Anda.

Beri tahu dia bahwa Anda menyadari pentingnya kerentanan emosional dan Anda akan melakukan yang terbaik, tetapi Anda tidak selalu berhasil.

Anda tidak perlu menjelaskan terlalu banyak jika Anda merasa tidak nyaman, tetapi ada baiknya memberi dia gambaran tentang dari mana menurut Anda masalah Anda berasal.

2. Ketika Dia Bertanya Bagaimana Anda, Katakan yang Sebenarnya

Kejujuran adalah bagian besar dari kerentanan, tetapi kita semua sangat terbiasa menyembunyikan perasaan kita.

Jawaban standar untuk pertanyaan "Apa kabar?" adalah “Baik,” dan itu semua baik dan bagus ketika kolega Anda bertanya kepada Anda. Pasti mereka akan terkejut jika Anda benar-benar memberi tahu mereka bagaimana keadaan Anda.

Tetapi ketika pasangan Anda meminta Anda, cobalah untuk sedikit lebih jujur. Jika Anda hebat, beri tahu dia, dan beri tahu alasannya. Jika Anda merasa sedih, bahkan jika Anda tidak tahu mengapa, bagikan hal itu dengan dia.

Dengan jujur tentang sesuatu yang tampaknya tidak penting seperti Anda, Anda membuka jalan menuju kejujuran yang lebih besar dalam hubungan Anda secara keseluruhan. Jika Anda dapat memberi tahu mereka bahwa Anda mengalami hari yang buruk dan menyadari bahwa Anda tidak sedang dihakimi, kepercayaan diri Anda terhadap dia akan mulai tumbuh.

3. Jujur Dengan Diri Sendiri

Tidak mungkin Anda bisa berbagi pemikiran Anda dengan pasangan jika Anda tidak bisa jujur pada diri sendiri.

Kita umumnya cukup berhasil meyakinkan diri kita sendiri bahwa bagian depan yang kita berikan untuk orang lain sebenarnya adalah kenyataan.

Menulis jurnal adalah cara luar biasa untuk mengetahui perasaan Anda sebenarnya. Biarkan perasaan Anda keluar ke halaman dalam aliran kesadaran, dan jangan khawatir tentang kata-kata atau tata bahasa. Cobalah untuk menahan diri saat Anda tidak sepenuhnya jujur.

Mengartikulasikan perasaan Anda pada diri sendiri memberi Anda kesempatan yang jauh lebih baik untuk bisa terbuka kepada pasangan.

4. Bagikan Gairah dan Impian Anda

Kerentanan emosional tidak hanya tentang berbagi kekhawatiran dan ketakutan Anda. Ini tentang hal-hal bagus juga.

Cara yang bagus untuk mulai terbuka adalah dengan membagikan mimpi-mimpi yang Anda miliki yang mungkin enggan Anda bicarakan. Mungkin Anda khawatir orang akan menertawakannya atau menganggapnya konyol atau sama sekali tidak realistis.

Jika Anda memiliki hobi, minat, atau tujuan yang menurut Anda sangat menarik tetapi belum pernah Anda beritahukan kepada siapa pun, mengapa tidak membiarkan pasangan Anda mengetahui rahasia itu?

Mereka akan merasa seperti mendapatkan wawasan nyata tentang dunia Anda, dan Anda akan menyadari bahwa berbagi hal-hal dengan dia sebenarnya tidak terlalu menakutkan.

5. Duduk, Bicara, dan Tetapkan Batasan

Jika Anda telah memutuskan bahwa ada sesuatu yang ingin Anda bagi dengan pasangan Anda, pastikan Anda duduk untuk mengobrol dengan dia pada saat tidak ada gangguan dan tidak ada tekanan waktu.

Sebelum Anda duduk, tentukan di kepala Anda apa yang ingin Anda bicarakan dengan dia. Cobalah untuk fokus pada satu masalah per obrolan, daripada membombardirnya dengan beberapa masalah atau rasa tidak aman sekaligus.

Saat Anda berbicara, beri tahu dia jika ada batasan yang Anda ingin dia hormati, seperti tidak mencoba memberi Anda nasihat tentang masalah Anda atau mengkritik Anda, bahkan jika tidak sengaja.

Ketika Anda sudah mendapatkan segalanya, pastikan untuk memberi tahu dia bahwa Anda berterima kasih atas perhatian, dukungan, dan rasa hormat mereka.

6. Jangan Takut Menangis

Jika air mata mengalir, jangan menahannya. Menangis itu sangat membersihkan dan jika ada air mata di mata Anda, itu lebih baik daripada masuk.

Jangan menganggap air mata sebagai tanda kelemahan, tetapi sebagai sinyal bahwa Anda tidak takut mengenali dan memiliki emosi serta membagikannya dengan pasangan.

Seseorang yang tidak takut menangis dan membiarkan dirinya benar-benar merasa jauh lebih menarik bagi orang lain daripada seseorang yang menolak untuk terbuka.

7. Ambillah Perlahan tetapi Pasti

Jika Anda membaca ini, Anda telah membuat awal yang luar biasa. Anda telah menyadari bahwa Anda bergumul dengan kerentanan emosional. Itu adalah langkah pertama untuk membuat perubahan dan mulai membangun hubungan yang kuat, jujur, dan terbuka yang Anda inginkan.

Jangan memaksakan diri terlalu cepat. Teruslah mengambil langkah kecil ke depan, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan berada di tempat yang Anda inginkan.

***
Solo, Minggu, 6 September 2020. 9:20 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko


Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler