Untuk Apa Pemerintah Buat Program Bansos? - Analisis - www.indonesiana.id
x

Pembagian Bantuan Sosial dari Desa Balesari dibantu oleh Mahasiswa KKN UM 2020

Gadis Desa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 7 September 2020 18:31 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Untuk Apa Pemerintah Buat Program Bansos?


    Dibaca : 641 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bantuan sosial diberikan pemerintah sangat berarti bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 dan warga miskin. Pada masa pademi Covid-19. Wabah ini dampaknya sangat luar biasa, terutama kesehatan dan perekomian masyarakat tergangu.

    Adanya wabah ini angka kemiskina di Indonesia diperkirakan bertambah. So, sudah pasti. Fakta di lapangan didapat penulis pun benar-benar nyata apa adaya.

    Karena banyak perusahaan terpaksa untuk menghentikan sementara operasional dan juga banyak pengusaha tutup. Bahkan ada yang gulung tikar. Kendati demikian, pemerintah tidak pasti tinggal diam dalam kondisi seperti ini.

    Kenapa? Jika berdiam diri dalam keterpurukan dampak wabahCovid-19. Akan banyak orang kelaparan dan meninggal dunia karena stress. Karena pendapatan untuk memenuhui kebutuhan tidak berjalan.

    Pemerintah mulai fokus membangkitkan perekonomian di masyarakat. Penilus menilai sudah tepat. Kenapa? Negara sekarang ini butuh perputaran uang dan perekomian bergerak.

    Tapi dengan mengeluarkan kebijakan itu, pemerintah juga menekan kewaspadaan akan virus ini. Artinya , masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan yang telah diimbau oleh pemerintah.

    Kita balik lagi soal bantuan sosial bagi masyarakat terdampak dan miskin di Indonesia . Banson dari pemerintah pusat diperkirakan akan berjalan sampai akhir tahun ini. Tidak hanya pusat, dari pihak pemerintah daerah kota atau kabupaten juga memberikan bantuan itu kepada masyarakat.

    Bantuan yang diberikan pemerintah daerah tidak sampai akhir tahun ini. Paling tidak semua warga mendapatkan bansos sehingga bebannya bisa berkurang.

    Penulis mendapat curhat dari seorang Ibu rumah tangga yang mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Ia mendapat bantuan pusat karena sudah terdaftara penerima keluarga harapan.

    Bantuan yang didapat rumah tangga ini sangat beriterima kasih atas bantuanya. Sebab, bantuan yang diberikan tentu bermanfaat baginya.

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah menargetkan skema penyaluran bantuan sosial ( bansos) sebagai stimulus pandemi Covid-19 selesai pada November 2020.

    Beberapa bansos yang diberikan melalui program jaring pengaman sosial (JPS) adalah bantuan program sembako, program keluarga harapan (PKH), bantuan khusus sembako Jabodetabek, bantuan sosial tunai (BST), bantuan langsung tunai dana desa (BLTDD), dan bantuan tambahan beras.

    Bansos tersebut dilakukan dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19. "Berbagai skema bantuan selesai disalurkan paling lambat November 2020, kecuali BST tetap ada bantuan pada bulan Desember guna stimulus di akhir tahun,” ujar Muhadjir dikutip dari siaran pers, Selasa (25/8/2020).

    Ikuti tulisan menarik Gadis Desa lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.