Haornas 2020 yang Extraordinary - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Haornas 2020

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 9 September 2020 15:32 WIB

  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • Haornas 2020 yang Extraordinary

    Semoga niat benar yang baik, dengan jalinan kerja sama antara tiga kementerian dalam rangka mendorong prestasi olah raga nasional sesuai target Haornas 2020 sesuai tema dan logonya, maka kolaborasi bersama bersama tiga kementerian akan menjadi pondasi yang kuat untuk mencapai tujuan. Aamiin.

    Dibaca : 461 kali


    Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 tahun 2020 di Indonesia ada yang berbeda. Perbedaan yang sangat mencolok dari Haornas sebelumnya, pada perayaan Haornas kali ini adalah diluncurkannya logo unik khusus untuk Haornas 2020.

    Saya lansir dari situs kemenpora, logo Haornas 2020 berbentuk bola dengan tiga komponen serta enam warna. Tiga komponen ini melambangkan tiga target di Haornas 2020 yaitu sport science, sport tourism dan sport industry. Wah, luar biasa, ternyata dengan pijakan Haornas tahun 2020, ada tiga target yang diincar.

    Lalu apa makna logo kali ini? Ternyata logo melambangkan sinergi, semangat dan kekuatan dalam meningkatkan prestasi olahraga melalui dukungan sport science. Lalu, ekonomi juga ditumbuhkan melalui sport tourism dan sport industry.

    Berikutnya, logo yang memiliki enam warna yaitu kuning, merah, biru, Hijau, Emas dan merah oranye adalah melambangkan optimisme masyarakat Indonesia untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

    Secara khusus, warna merah melambangkan energi dan semangat. Biru melambangkan kekuatan dan percaya diri, hijau melambangkan pertumbuhan ekonomi.
    Sedangkan warna emas melambangkan prestasi olahraga Indonesia, serta merah oranye melambangkan inovasi pada pembangunan industri nasional.

    Atas target dan logo yang ada, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, berupaya mendorong prestasi olahraga nasional dengan melakukan langkah "luar biasa" (extraordinary) demi kemajuan bangsa dan mengambil tema Haornas Ke-37 ini “Peningkatkan Kebugaran dan Prestasi Olahraga dengan Dukungan Sport Science, serta Pemberdayaan Ekonomi melalui Pengembangan Sport Tourism dan Sport Industry" seperti disampaikannya pada
    acara Talk Show FMB 9, Selasa (8/9/2020).

    Dengan target, logo, dan tema Haornas 2020, semoga saja prestasi olahraga yang belum optimal dapat terurai benang kusutnya. Sebab, selama ini karena masih minimnya dukungan dari sport science, atlit-atlit potensial Indonesia hanya terlihat fisiknya saja yang bagus, namun kecerdasan intelegensi dan personalitinya (mental) tak terasah, karena tidak didukung oleh sport science.

    Selain sport science, kini sudah banyak negara di dunia yang sudah menyediakan paket wisata sekaligus paket olahraga dalam satu waktu, seperti Thailand yang memanfaatkan kekayaan alamnya sebagai destinasi wisata sekaligus tempat untuk berolahraga. Dampaknya devisa negara meningkat, turis banyak yang datang dan ekonomi masyarakat stabil.

    Karenanya dengan kekayaan alam Indonesia, harus dibuat paket wisata olahraga di Indonesia yang mendatangkan keuntungan seperti halnya di Thailand.

    Selain itu, olahraga juga tidak lepas dari kebutuhan industri atau jasa. Sebuah cabang olahraga pasti membutuhkan seragam, peralatan bermain, dsb. Karena produk-produk dalam negeri tidak kalah kualitasnya dengan produk luar, bahkan banyak brand-brand perlengkapan olah raga ternama di dunia, rumah produksinya pun berada di Indonesia. Oleh karena itu, setiap cabang olahraga di Indonesia alangkah baiknya sudah bergeser menggunakan produk lokal. Untuk itu, cabang sepak bola sudah dapat dijadikan contoh.

    Jadi, bila target Haornas 2020 ada tiga target sesuai tema dan logo, maka Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism benar-benar memang wajib digarap dengan benar karena akan membawa dampak signifikan bagi perkembangan dan prestsi olah raga nasional.Ketiganya akan berkolabirasi dan sama-sama memiliki peran yang besar untuk kebugaran, prestasi dan perekonomian yang signifikan.

    Dalam rangka mendukung sukses target Haornas 2020, Kemenpora pun telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo di Wisma Menpora, Jumat (4/9/2020).

    Semoga niat benar yang baik, dengan jalinan kerja sama antara tiga kementerian dalam rangka mendorong prestasi olah raga nasional sesuai target Haornas 2020 sesuai tema dan logonya, maka kolaborasi bersama bersama tiga kementerian akan menjadi pondasi yang kuat untuk mencapai tujuan. Aamiin.

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.