5 Spot yang Cocok Buat Kemping di Yogyakarta - Travel - www.indonesiana.id
x

Waduk Sermo Yogyakarta

Idris Hasibuan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 10 September 2020 18:22 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • 5 Spot yang Cocok Buat Kemping di Yogyakarta

    Kemping kini menjadi salah satu kegiatan outdoor yang diminati oleh anak muda. Lokasi-lokasi baru untuk kemping pun mulai menjamur. Bayangkan saja, dengan biaya yang hemat, kamu sudah bisa menikmati wisata alam, lautan awan, sunset bahkan sunrise-nya. Di Jogjakarta, juga banyak lokasi untuk kemping tersebut. Baik yang masih baru maupun yang sudah terkenal sebelumnya.

    Dibaca : 461 kali

    Kemping kini menjadi salah satu kegiatan outdoor yang diminati oleh anak muda. Bahkan tak jarang lokasi-lokasi baru untuk kemping pun mulai menjamur. Bayangkan saja, dengan biaya yang hemat, kamu sudah bisa menikmati wisata alam, lautan awan, sunset bahkan sunrise-nya.

    Begitu juga di Yogyakarta, kini menjamur lokasi kemping . Baik yang masih baru dan sudah terkenal sebelumnya. Selain terkenal dengan biaya yang murah serta jajajan yang tergolong relatif murah. Jadi kamu tak perlu mengeluarkan uang yang banyak.

    Nah, berikut ini 5 lokasi kemping yang bisa kamu coba di Jogjakarta. Mulai dari pantai, danau sampai bebukitan, ada.

    1. Hutan Pinus Mangunan

    Salah satu objek yang menjadi daya tarik wisata ini, yaitu pohon-pohonnya yang tinggi. Pohon yang satu ini berjajar rapi di setiap lahan seluas 500 hektar. Tidak hanya pohon pinus, tetapi juga pohon kayu putih, kasia, kemiri, dan mahoni. Objek wisata yang satu ini dikelola oleh resort pengelolaan hutan. Dulunya, tempat ini merupakan tanah yang tandus. Namun, pada akhirnya pihak yang berwenang melakukan reboisasi dengan ditanami berbagai jenis pohon.

    2. Pantai Sedahan Gunung Kidul

    Mengunjungi pantai sedahan gunung kidul tidak lengkap rasanya jika tidak menginap. Nuansa malam di pesisir pantai memang membuat siapapun yang pernah mencoba camping akan ketagihan. Apalagi, Pantai Sedahan termasuk pantai yang masih sepi sehingga tenda-tenda pun tidak padat merayap. Kamu bisa menikmati liburan dengan camping bersama teman, membangun api unggun, dan membakar jagung atau ikan.

    3. Waduk Sermo

    Sebagai tempat yang sangat instagramable, maka sudah sepantasnya Waduk Sermo Kulonprogo dikunjungi untuk rekreasi menambah koleksi foto kamu. Namun tentu saja, disana kamu juga dapat melepas penat dan stres yang melkamu setiap harinya dengan menyaksikan keindahan panorama alam di sekitar.

    Waduk Sermo Yogyakarta via www.ngayap.com

    Tidak cukup duduk menikmati waduk selama beberapa jam, maka kamu pun bisa menginap. Hal ini karena waduk memiliki satu spot berupa pulau kecil yang kerap dijadikan lokasi banyak wisatawan untuk camping. Maka tidak heran jika lokasi ini dibilang mirip Ranu Kumbolo. Pasalnya, kamu bisa memotret pagi hari di depan tenda dengan latar ‘danau’ yang luas mirip di Ranu Kumbolo.

    4. Pantai Kesirat Gunung Kidul

    Bisa dibilang, wisata alam di pantai ini memang sangat berbeda dari wisata-wisata pantai lain di Jogja. Pasalnya jika banyak pantai dihiasi dengan hamparan pasir putih yang lembut di kulit, kamu tidak akan menemuinya di Pantai Kesirat Gunung Kidul. Hamparan pasir putih di sana digantikan oleh hamparan rumput hijau yang menambah nuansa eksotis.

    Selain tepi lautnya yang dikelilingi tebing juram sehingga ombak-ombak pecah membenturnya, masih ada banyak pesona wisata menarik di Pantai ini. Kira-kira apa saja pesonanya?

    5. Bukit Kosakora

    Berada di sebelah timur pantai ngrumput, kamu hanya perlu menyisihkan waktu sekitar 5 menit saja untuk sampai di puncak. Namun meski begitu, rute mendakinya cukup curam sehingga kamu harus benar-benar berhati-hati dan selalu waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    Tidak hanya menikmati sunset dan pemandangan alam yang indah, kamu juga bisa melakukan kemah di Bukit Kosakora. Pasalnya, kawasan ini memang sering dijadikan lokasi camping para anak-anak muda. Apalagi di sana sangat sunyi dan bertabur bintang malam, sudah pasti akan semakin mengakrabkan pertemanan.

    Bagaimana? Kapan kamu kemping di Yogyakarta?



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.