Petroleum Jelly: Kegunaan Dan Efek Samping - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi penggunaan petrolium jelly untuk kecantikan. Infobarrel.com

mister nagib

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Agustus 2020

Kamis, 10 September 2020 18:34 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Petroleum Jelly: Kegunaan Dan Efek Samping

    Petroleum Jelly dapat digunakan sebagai pelembab untuk mengobati atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, rasa gatal dan iritasi minor kulit (misalnya, ruam popok, kulit luka bakar dari terapi radiasi).

    Dibaca : 408 kali

    Kegunaan Petroleum Jelly

    Petroleum Jelly dapat digunakan sebagai pelembab untuk mengobati atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, rasa gatal dan iritasi minor kulit (misalnya, ruam popok, kulit luka bakar dari terapi radiasi). 

    Emolien adalah zat yang melembutkan dan melembabkan kulit serta mengurangi rasa gatal dan pengelupasan. Beberapa produk (mis., Seng oksida, petrolatum putih) kebanyakan digunakan untuk melindungi kulit dari iritasi (mis., Dari basah).

    Kulit kering disebabkan oleh hilangnya air di lapisan atas kulit. Emolien / pelembab bekerja dengan cara membentuk lapisan berminyak di bagian atas kulit yang memerangkap air di dalam kulit. 

    Petrolatum, lanolin, minyak mineral dan dimetikon adalah pelembab yang umum. Humektan, termasuk gliserin, lesitin, dan propilen glikol, menarik air ke lapisan luar kulit. 

    Banyak produk juga memiliki bahan yang melembutkan zat tanduk (keratin) yang menyatukan lapisan atas sel kulit (termasuk urea, asam alfa hidroksi seperti asam laktat / sitrat / glikolat, dan allantoin). Ini membantu sel kulit mati rontok, membantu kulit menahan lebih banyak air, dan membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

    Cara menggunakan Petroleum Jelly Cream

    Gunakan produk ini sesuai petunjuk. Beberapa produk membutuhkan cat dasar sebelum digunakan. Ikuti semua petunjuk pada paket produk. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

    Beberapa produk perlu dikocok sebelum digunakan. Periksa label untuk melihat apakah Anda harus mengocok botol dengan baik sebelum digunakan. Oleskan ke area kulit yang terkena sesuai kebutuhan atau sesuai petunjuk pada label atau oleh dokter Anda. 

    Seberapa sering Anda mengoleskan obat tergantung pada produk dan kondisi kulit Anda. Untuk merawat tangan kering, Anda mungkin perlu menggunakan produk setiap kali Anda mencuci tangan, mengaplikasikannya sepanjang hari.

    Jika Anda menggunakan produk ini untuk membantu mengobati ruam popok, bersihkan area popok dengan baik sebelum digunakan dan biarkan area tersebut mengering sebelum mengaplikasikan produk.

    Jika Anda menggunakan produk ini untuk membantu mengobati luka bakar akibat radiasi pada kulit, tanyakan kepada personel radiasi untuk mengetahui apakah merek Anda dapat diterapkan sebelum terapi radiasi.

    Ikuti semua petunjuk pada label untuk penggunaan yang benar. Oleskan ke kulit saja. Hindari area sensitif seperti mata, di dalam mulut / hidung, dan area vagina / selangkangan, kecuali jika label atau dokter Anda mengarahkan Anda sebaliknya. 

    Periksa label untuk petunjuk tentang area atau jenis kulit di mana Anda tidak boleh mengaplikasikan produk (misalnya, di wajah, area kulit yang rusak / pecah-pecah / terpotong / teriritasi / tergores, atau di area kulit yang baru saja dicukur) . Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

    Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Kebanyakan pelembab membutuhkan air agar bekerja dengan baik. Oleskan produk setelah mandi / mandi saat kulit masih lembap. 

    Untuk kulit yang sangat kering, dokter Anda mungkin menginstruksikan Anda untuk merendam area tersebut sebelum menggunakan produk. Mandi / cuci yang lama, panas, atau sering dapat memperburuk kulit kering.

    Jika kondisi Anda terus berlanjut atau memburuk, atau jika Anda merasa memiliki masalah medis serius, segera dapatkan bantuan medis.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.