8 Masjid dengan Arsitektur Paling Unik di Indonesia - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

5 hari lalu

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 8 Masjid dengan Arsitektur Paling Unik di Indonesia

    Indonesia merupakan negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak di dunia, disusul Pakistan dan India. Tak heran apabila di terdapat banyak sekali masjid di negeri ini, terhitung jumlahnya sekitar 800 ribu buah. Ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah masjid terbesar di dunia. Berikut delapan diantaranya yang memiliki desain unik dan menawan, sehingga sekaligus menjadi destinasi wisata.

    Dibaca : 355 kali

    Indonesia merupakan negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak di dunia, disusul Pakistan dan India. Penduduk beragama Islam di Indonesia sebanyak 225,25 juta jiwa atau sekitar 87,2% dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia.

    Karenanya, tak heran apabila di Indonesia terdapat banyak sekali masjid, bahkan terhitung ada sekitar 800 ribu masjid di Indonesia. hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia.

    Semua masjid sejatinya hanyalah tempat ibadah, kebanyakan masjid pun memiliki arsitektur yang mirip-mirip satu sama lain. Begitu pula dengan isi didalamnya, hampir sama antara satu masjid dengan masjid lainm seperti sajadah, karpet, jam masjid digital, kaligrafi, dan lain-lain.

    Namun, ternyata ada, loh, masjid yang tak hanya menjadi tempat ibadah saja melainkan juga destinasi wisata sebab memiliki desain arsitektur yang unik. Seperti delapan masjid dengan arsitektur unik di Indonesia berikut ini.

    1. Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

    Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru, mengadopsi gaya arsitektur Arab, Turki, dan India. Sekilas masjid ini mirip dengan Taj Mahal di India sana, karenanya masjid Agung An-Nur Pekanbaru ini sering disebut dengan "Taj Mahal"-nya Riau.

     

     

    2. Masjid Agung Tuban

    Masjid Agung Tuban, Jawa Timur, memiliki pesona layaknya negeri 1001 malam. Masjid ini dihiasi ornamen-ornamen unik dengan kubah besar berwarna biru dan kuning.

     

     

    3. Masjid Al-Irsyad Bandung

    Masjid Al-Irsyad, Bandung, masjid ini berbentuk kubus yang dibuat menyerupai Ka'bah. Dinding bagian luar masjid ini bertuliskan dua kalimat syahadat.

     

     

    4. Masjid Raya Sumatera Barat

    Hal yang unik dari Masjid Raya Sumatra Barat di Padang ini adalah tidak adanya kubah melainkan masjid ini menggunakan atap rumah tradisional khas Minangkabau. Selain itu di Masjid ini juga terdapat eksterior berupa kain songket dan kaligrafi

     

     

    5. Masjid Tiban Turen Malang

    Masjid Tiban Turen, Malang, memiliki arsitektur yang unik dan megah. Tak hanya masjid, ternyata disekitarnya merupakan kompleks pondok pesantren. Bahkan ada juga kolam renang untuk wisatawan anak.

     

     

    6. Masjid Agung Jawa Tengah

    Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang ini memiliki gaya arsitektural campuran antara Jawa dan Romawi. Atapnya limas khas bangunan Jawa dipadukan dengan pilar-pilar besar disekitarnya yang bergaya khas bangunan-bangunan Romawi.

     

     

    7. Masjid 99 Kubah Makassar

    Masjid 99 Kubah menjadi ikon Kota Makassar. Desainnya cantik dengan tampilan yang menawan, dari foto di bawah masjid ini dapat Anda lihat bahwa masjid ini terlihat seperti landmark India, dan terasa India vibe dari masjid ini.

     

     

    8. Masjid Cheng Ho Surabaya

    Masjid Cheng Ho di Surabaya ini memiliki arsitektur dan warna seperti kelenteng, masjid ini dibangun untuk menghormati Laksamana Cheng Ho yang telah menyebarkan agama Islam. Karena arsitektur dan warnanya seperti kelenteng, banyak orang yang mengira bahwa masjid Cheng Ho ini adalah kelenteng, loh.

     

     

    Demikian 8 masjid dengan arsitektur paling unik di Indonesia yang bisa Anda jadikan destinasi wisata dan Anda kunjungi apabila sedang berada di daerah tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.