KKN Covid UNS di Desa Noborejo Salatiga - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

pembagian sabun cuci tangan dan vitamin c kepada masyarakat Nobowetan RT 04/06

Vicky Alvino Setyawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 September 2020

Senin, 14 September 2020 06:01 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • KKN Covid UNS di Desa Noborejo Salatiga

    pembagian sabun cuci tangan dan vitamin c

    Dibaca : 592 kali

    Covid-19 telah masuk dan menyebar luas di Indonesia sejak bulan Februari hingga Juni, dimana kasusnya meningkat secara signifikan pada masa pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa wilayah zona merah. Kemudian kasus meningkat tajam setelah PSBB ditiadakan dan beralih menjadi new normal.

    Pada era new normal masyarakat harus mulai membiasakan untuk hidup sehat dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan social distancing. Hal ini yang mendorong saya untuk membantu masyarakat di sekitar tempat tinggal melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS era Covid-19.

    Saya Vicky Alvino Setyawan NIM M0417076 dari Prodi S-1 Biologi mengambil tema supporting pemahaman terkait Covid-19 telah melaksanakan kegiatan KKN era COVID-19 di mulai tanggal 14 Mei hingga 29 Juni 2020 di Desa Nobowetan RT 04/RW 06, Argomulyo, Kota Salatiga. Bersama dosen pembimbing lapangan Bapak Dr.rer.nat. Nurhadi, S.Ant., M.Hum.

    Salah satu program kerja yang saya lakukan adalah pembagian sabun cuci tangan dan vitamin C. Program ini dilaksanakan dengan cara sosialisasi dari satu rumah ke rumah lainnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal ini dikarenakan di setiap rumah sudah terdapat tempat cuci tangan dan sumber air, akan tetapi banyak rumah yang tidak menyediakan sabun cuci tangan.

    Selanjutnya pembagian vitamin C yang mendapat respon sangat baik dari masyarakat, karena mereka kesulitan mencari vitamin C di pasaran. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya program pembagian vitamin C karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit Covid-19.

    Selain itu juga dilakukan sosialisasi sayuran dan buah yang mengandung vitamin agar masyarakat tidak bergantung pada vitamin jadi. Harapannya masyarakat Nobowetan RT 04 / RW 06 dapat terbantu dan lebih sadar untuk menjaga kesehatan dan kebersihan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.