Sinopsis Chandragupta Maurya: Kaisar Pertama Pemersatu India dan Kisah Perjuangannya - Seleb - www.indonesiana.id
x

Ryan Barta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 September 2020

Selasa, 15 September 2020 09:24 WIB

  • Seleb
  • Berita Utama
  • Sinopsis Chandragupta Maurya: Kaisar Pertama Pemersatu India dan Kisah Perjuangannya

    Chandragupta Maurya mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Chandragupta. Kisah ini dimulai sekitar tahun 323, pertempuran Hydaspes telah usai yang terjadi diantara 2 pejuan hebat. Namun sebuah impian besar lainnya untuk menaklukkan belum berakhir.

    Dibaca : 712 kali

    Chandragupta Maurya mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Chandragupta. Kisah ini dimulai sekitar tahun 323, pertempuran Hydaspes telah usai yang terjadi diantara 2 pejuan hebat. Namun sebuah impian besar lainnya untuk menaklukkan belum berakhir.

    Seorang Ajudan dari Alexander Seleucus baru saja kembali ke Bharath dan mereka bertujuan menaklukkannya memanfaatkan Magadha. Sementara itu, Dhana Nanda adalah penguasa saat ini. Dia adalah Raja yang kejam dan tidak adil terhadap warganya.

    Suatu hari, Chanakya bersama muridnya yang bernama Bhairav sedang​berjalan-jalan di jalan Magadha. Mereka melihat orang miskin dikenai pajak 30% namun berbeda perlakuan apabila orang kaya hanya dikenakan 20%.

    Chanakya melihat seorang pria memohon kepada penjaga bahwa dia telah menjual toko, tanah, dan lainnya hanya untuk membayar pajak. Dia ingin masuk dan bertemu keluarganya. Pria tersebut justru diperlakukan kasar oleh Penjaga yang mendorongnya pergi memerintahkan untuk membawa pajak terlebih dahulu.

    Bhairav lantas bertanya kepada Chanakya kenapa orang miskin harus dikenai pajak 30% dan kaya hanya 20%. Chanakya ketika itu hanya dapat mengatakan hal ini karena pemberontakan yang buruk dan Dhana Nanda ingin menekan mereka.

    Mereka melanjutkan perjalannya dan melihat orang-orang miskin yang melempar makanan ke atas kereta. Karena hal ini. Bhairav kembali menanyakan mengapa mereka datang ke tempat itu.

    Chanakya menjawab pertanyaannya dengan mengatakan bahwa Alexander Seleucus ingin menaklukkan Bharath dan Dia dapat segera melakukan itu sebelum tindakan tersebut dihentikan. Pada saat itu, Dhana Nanda dapat menghentikan Seleucus. Bhairav sebagai murid Chanakya kembali penasaran kenapa Dhana Nanda yang sombong justru membantu mereka.

    Di sisi lain Chandragupta yang terlihat muda ditampilkan pertama kali sebagao sosok karakter yang sedang menipu seorang pria untuk mencuri koin emas darinya. Dia mengenakan topeng dan berlari menghindari para pembantu pria tersebut yang sedang mengejarnya.

    Dia tak kenal takut dan menunjukkan wajahnya. Dia juga menyelamatkan teman-temannya. Mereka berhasil menghipnotis para pembantunya dan menyuruh mereka untuk menyebut diri mereka sendiri adalah pencuri. Chanakya yang melihat kejadian itu berdiri sambil tertawa.

    Di Istana, Chanakya datang menemui Dhana Nanda, namun Mahamartya menghentikannya dan bertanya mengapa dia datang ke tempatnya.

    Chanakya menjawabnya bahwa Dia akan membimbing Dhana Nanda dengan cara yang benar, meskipin diperlakukan seperti itu, Chanakya tetap masuk ke dalam istana untuk menemui Dhana Nanda.

    Dhana Nanda yang melihat kehadiran Chanakya terkejut. Dia awalnya memerintahkan seluruh orang yang berada di sana untuk menghormati Chanakya sebagai sosok cendekiawan besar. Namun tak lama kemudian mereka mulai menghindanya.

    Di dalam Kerajaan, Ia sudah memeringatkan tentang Seleucus terhadap Dhana Nanda. Namun dengan sombongnya Dhana Nanda justru menjawab tidak ada yang dapat melawannya. Dia bahkan tidak peduli dengan persatuan Bharat.

    Chanakya yang merasa kecewa atas perlakuan dan penghinaan Dhana Nanda memutuskan pergi dan bertemu lagi dengan Chandragupta. Inilah titik awal dari pemberontakan dan kisah perjuangan Chandra untuk menjadi Raja.

    Bagaimana perjalanan Chanakya untuk menjadikan Chandragupta Kaisar selanjutnya? Chandragupta Maurya dapat mulai disaksikan di layar kaca Indonesia pada 16 September 2020 pukul 13.30 WIB di ANTV. Selamat menyaksikan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.