Cara Menenangkan Diri kala Banyak Masalah - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

3 hari lalu

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Menenangkan Diri kala Banyak Masalah

    Menyelesaikan masalah dengan pikiran dan hati yang sedang tidak tenang seringkali malah membuat masalah tidak terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu sebelum mencoba menyelesaikan suatu permasalahan, tenangkan diri terlebih dahulu dengan cara berikut ini.

    Dibaca : 509 kali

    Semua manusia pasti ada kalanya akan diterpa oleh banyak masalah, dan hal tersebut terjadi sedikit-dikitnya sebanyak satu kali dalam seumur hidupnya, mustahil ada seorang manusia yang tidak pernah diterpa banyak masalah dalam seumur hidupnya. Masalah-masalah tersebut biasanya disebabkan oleh pekerjaan, hubungan sosial dengan lingkungan sekitar, percintaan, dan lain-lain.

     

    Terkena banyak masalah seringkali membuat emosi kita tidak terkontrol yang membuat pikiran dan hati kita tidak tenang, akhirnya karena pikiran dan hati yang tidak tenang, seringkali masalah tidak terselesaikan dengan baik dan dapat berujung frustasi, depresi, dan menurunnya semangat hidup.

     

    Namun, masalah terkadang membuat kita belajar tentang hidup dan melahirkan diri kita yang lebih baik serta segudang manfaat lain jika kita mampu untuk berpikir tenang dan menyelesaikan masalah dengan baik.

     

    Yang paling dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah dengan baik adalah ketenangan diri (pikiran dan hati), oleh karena itu kali ini saya akan membagikan bagaimana cara menenangkan diri ketika dikala banyak masalah.

     

    1. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

    Jika Anda percaya kepada Tuhan, maka dekatkan diri Anda kepada Tuhan dengan cara beribadah kepada-Nya, menceritakan masalah Anda pada-Nya, dan meminta penyelesaian terbaik atas permasalahan yang Anda hadapi. Tak usah malu atau ragu apabila Anda hanya mendekatkan diri kepada Tuhan saat sedang susah saja.

     

    Jika Anda masih ragu mengenai bagaimana cara mendekatkan diri kepada Tuhan, Anda bisa meminta bimbingan pemuka agama mengenai bagaimana cara mendekatkan diri kepada Tuhan. Bila Anda seorang muslim, Anda bisa mendapatkan bimbingan, nasihat dan kata-kata bijak islami dari para ulama atau ustadz dalam hal mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa, dan begitu juga dengan penganut kepercayaan lain bisa meminta bimbingan dari pemuka agama kepercayaan masing-masing.

     

    2. Curhat Kepada Orang Terpercaya

    Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Disini kita tidak bisa terlalu lama memendam banyak masalah sendiri karena akan berefek tidak baik untuk fisik dan mental.

     

    Oleh karena itu cari seseorang yang bisa Anda percaya untuk menjaga rahasia, baik itu teman, pemuka agama, atau orang tua dan ceritakan masalah Anda kepadanya dan mintalah solusi juga. Disini Anda tak usah berharap terlalu tinggi mendapatkan solusi yang jitu, yang penting Anda sudah meringankan dan menenangkan hati dan pikiran Anda dengan cara menceritakan masalah yang Anda pendam kepada orang lain.

     

    Jika mendapatkan solusi yang kedengarannya bagus, Anda bisa mempertimbangkannya dan mengkaji apakah solusi tersebut dapat Anda terapkan untuk menyelesaikan masalah Anda.

     

    3. Rehat Sejenak dari Kesibukan 

    Nah, cara yang terakhir adalah dengan rehat sejenak dari kesibukan Anda. Luangkan sejenak waktu Anda untuk beristirahat dari kesibukan. Anda bisa mencoba melakukan hobi Anda, berolahraga, atau liburan untuk menenangkan hati dan pikiran serta sejenak melupakan masalah yang ada. Namun perlu diingat bahwa jangan sampai Anda berpikiran untuk kabur dari permasalahan yang sedang Anda hadapi, karena masalah hanya akan selesai jika Anda menyelesaikannya.

     

    Perlu diingat juga bahwa rehat sejenak ini jangan sampai malah menambah permasalahan Anda atau memperburuk masalah Anda. Jika Anda tidak punya uang maka cukup berolahraga saja yang gratis, boleh liburan atau melakukan hobi asal biayanya dapat dibayar dengan uang yang Anda miliki saat ini, jangan sampai Anda tidak punya uang tetapi malah memaksakan untuk liburan dan melakukan hobi yang membutuhkan lebih banyak uang dari jumlah uang yang Anda miliki saat ini.

     

    Nah itu dia beberapa cara menenangkan diri dikala banyak masalah yang bisa Anda coba ketika diterpa banyak masalah. Dengan pikiran yang tenang Anda akan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada dengan baik, oleh karena itu tenangkan diri Anda terlebih dahulu sebelum mencoba menyelesaikan suatu masalah.

     

    Demikian artikel kali ini, sekian dan semoga bermanfaat.

     

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.