x

Iklan

rasyid hakim

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 September 2020

Senin, 21 September 2020 16:49 WIB

Hebat! Begini Cara PMM UMM 46 Promosikan Wisata Sumber Mrutu

Mahasiswa PMM UMM 46 Pandansari melaksanakan salah satu program kerja pengembangan desa wisata dengan cara promosi via online dan offline.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) kelompok 46 UMM Desa Pandansari memiliki strategi untuk mengenalkan wisata Sumber Mrutu Desa Pandansari agar dikenal dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal Lumajang maupun luar dearah Lumajang bahkan hingga Internasional. Hal yang dilakukan oleh mahasiswa ini adalah melakukan pormosi melalui media online maupun offline.

“Saya pikir memang sudah waktunya wisata Sumber Mrutu ini banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah, memang saat ini sudah mulai banyak yang datang kesini akan tetapi biasanya hanya wisatawan yang tinggal berdekatan dengan Sumber Mrutu atau Desa Sebelah. Harapan saya Sumber Mrutu bisa dikenal sangat luas tidak hanya diwilayah Lumajang bahkan Internasional.” Ujar Pak Rudi Ketua BPD Desa Pandansari

Hal tersebutlah yang memotivasi para mahasiswa PMM UMM 46 untuk memiliki visi bagaimana caranya membantu mengenalkan wisata Sumber Mrutu secara lebih luas lagi. Dari segi offline mahasiswa berdiskusi dengan POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) Desa Pandansari mengenai promosi Word Of Mouth (pemasaran mulut ke mulut), kebetulan langsung dipraktekan dengan mahasiswa PMM UMM 46 yang berdomisili diluar Jawa seperti Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi untuk menyebarkan promosi wisata ini dengan cara memberi informasi kepada orang terdekat mereka yang berasal satu domisili.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemudian dari segi online mahasiswa melakukan promosi melalui media social seperti Instagram dengan cara membuat akun resmi, membuat logo, dan membuat video. Tujuannya adalah supaya wisata Sumber Mrutu ini dapat dikenal oleh banyak wisatawan domestic maupun internasional.

Karena apabila strategi promosi ini berhasil sehingga wisata Sumber Mrutu mengalami pengembangan yang luar biasa, maka tidak menutup kemungkinan bahwa Desa Pandansari akan banyak terbantu khususnya dari segi dana akan menadapatkan pemasukan sebagai program kerja desa dan bisa menjadi salah satu sumber kemakmuran masyarakat karena bisa mencari nafkah dari hasil wisata ini seperti jualan contohnya.

Ikuti tulisan menarik rasyid hakim lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB