x

Iklan

ariescondet

Pria dengan hobi menulis dan berpetualang.
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 23 September 2020 14:31 WIB

Menyesuaikan Entri dalam Jurnal Akuntansi

Membuat jurnal penyesuaian secara akurat sangat penting untuk catatan bisnis anda. Silahkan dibaca untuk memahami ayat jurnal penyesuaian.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ayat jurnal penyesuaian dibuat dalam jurnal akuntansi Anda pada akhir periode akuntansi setelah neraca saldo disiapkan. Setelah entri yang disesuaikan dibuat dalam jurnal akuntansi Anda, entri tersebut diposting ke buku besar dengan cara yang sama seperti entri jurnal akuntansi lainnya.

Ada beberapa jenis jurnal penyesuaian yang dapat dibuat sebagai berita keuangan untuk pelaporan pajak terhadap pemerintah, dengan masing-masing bergantung pada jenis aktivitas keuangan yang menentukan bisnis Anda.

Tujuan Menyesuaikan Entri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tujuan jurnal penyesuaian adalah untuk secara akurat menetapkan pendapatan dan beban ke periode akuntansi di mana hal itu terjadi. Setiap kali Anda mencatat transaksi jurnal akuntansi Anda, itu harus dilakukan secara real time. Jika Anda menggunakan akuntansi akrual, uang tidak selalu berpindah tangan pada saat entri akuntansi; tujuan jurnal penyesuaian adalah untuk menunjukkan kapan uang resmi ditransfer, dan untuk mengubah entri real-time Anda menjadi entri yang secara akurat mencerminkan sistem akuntansi akrual Anda.

Jenis Entri Penyesuaian

Setiap bulan, akuntan membuat jurnal penyesuaian sebelum menerbitkan versi final dari laporan keuangan bulanan.\x26nbsp;Lima entri berikut adalah yang paling umum, meskipun perusahaan mungkin memiliki jurnal penyesuaian lain seperti penyisihan piutang tak tertagih, misalnya.

Pendapatan yang Masih Harus Dibayar.

Jika Anda melakukan layanan untuk pelanggan dalam satu bulan tetapi tidak menagih pelanggan sampai bulan berikutnya, Anda akan membuat entri penyesuaian yang menunjukkan pendapatan di bulan Anda melakukan layanan tersebut. Anda akan mendebit piutang dan pendapatan layanan kredit.

Beban yang Masih Harus Dibayar.

Contoh yang baik dari biaya yang masih harus dibayar adalah gaji yang dibayarkan kepada karyawan. Ketika sebuah perusahaan bisnis berutang gaji kepada karyawan pada akhir periode akuntansi, mereka membuat jurnal penyesuaian dengan mendebet biaya gaji dan mengkredit gaji gaji.

Pendapatan Diterima di Muka

Pendapatanditerima di muka mengacu pada pembayaran barang yang akan dikirim di masa depan atau layanan yang akan dilakukan. Jika Anda memesan dari pengecer online pada bulan Februari dan item tidak sampai (dan Anda tidak membayarnya) hingga Maret, perusahaan tempat Anda melakukan pemesanan akan mencatat biaya item tersebut sebagai pendapatan diterima di muka. Selama bulan Anda melakukan pembelian, perusahaan akan membuat jurnal penyesuaian yang mendebit pendapatan diterima di muka dan mengkredit pendapatan.

Biaya Dibayar di Muka

Biaya dibayar di muka adalah aset yang dibayar dan kemudian digunakan secara bertahap selama periode akuntansi, seperti perlengkapan kantor. Sebuah perusahaan membeli dan membayar perlengkapan kantor, dan karena habis, itu menjadi beban. Selama bulan ketika perlengkapan kantor digunakan, jurnal penyesuaian dibuat untuk mendebit biaya perlengkapan kantor dan mengkredit perlengkapan kantor prabayar.

Penyusutan

Penyusutan adalah proses mengalokasikan biaya suatu aset, seperti gedung atau peralatan, selama masa pakai atau umur ekonomis aset. Ayat jurnal penyesuaian sedikit berbeda untuk depresiasi. Pemilik bisnis harus memperhitungkan akumulasi penyusutan

Akumulasi penyusutan adalah akumulasi enyusutan aset perusahaan selama umur perusahaan. Akun penyusutan yang terakumulasi di neraca disebut sebagai akun kontra-aset, dan digunakan untuk mencatat biaya penyusutan. Ketika sebuah aset dibeli, ia akan terdepresiasi dengan jumlah tertentu setiap bulan. Untuk bulan tersebut, jurnal penyesuaian dibuat untuk mendebit beban penyusutandan mengkredit akumulasi penyusutan dengan jumlah yang sama.

Bahasan ini terinspirasi dari sebuah artikel berjudul pengertian jurnal penyesuaian. Anda bisa menghubungi kami lewat area komentar untuk meminta kami membahas urusan lain seputar Ekonomi, Bisnis, Investasi dan lainnya berkenaan dengan Ekonomi.

Ikuti tulisan menarik ariescondet lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler