x

ilustr: YouTube

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 26 September 2020 16:00 WIB

Kabar “Terkini” Tidak Benar

Tentang penggunaan kata bahasa Indonesia yang benar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap kali melihat tayangan berita Kabar Terkini di salah satu stasiun televisi selalu membuat saya tidak nyaman dengan  kata terkini nya. Menurut pemahaman saya dalam  bahasa Indonesia penggunaan kata itu tidak benar.

Kata  kini yang merupakan adverbia bagaimana mungkin diberi awalan ter? Bukankah  awalan ter digunakan untuk pembentuk pasif pada verba atau untuk menyatakan paling apabila sebagai awalan adjektiva?  Contoh penggunaan yang benar pada bentuk pasif: terpukul, tertindas, tersingkir, terhambat, tersudut dan sebagainya. Sedangkan untuk contoh ter pada adjektiva: terbaru, termahal, tercantik, tertipis dan sebagainya.

Untuk menunjukkan ketidakbenaran terkini saya akan menunjukkan bahwa  ter tidak bisa ditambahkan pada adverbia kini. Kini yang maknanya sekarang tentu tidak boleh digabungkan dengan ter. Kalau ada kata terkini berarti ada kata terkemarin, teresok, ternanti, tertadi dan sebagainya. Tidak ada bukan? Maka terkini tidak benar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akhirnya demi  penggunaan kata bahasa Indonesia yang baik dan benar maka kata Kabar Terkini seharusnya ditinjau kembali intuk dibenarkan. Media masa sebagai pemberi  informasi punya kewajiban memberi contoh kepada masyarakat tentang penggunaan kata yang baik dan benar.

***
Solo, Sabtu, 26 September 2020. 9:41 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler