3 Manfaat Utama Bersepeda di Kala Pandemi - Analisis - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Rabu, 30 September 2020 06:10 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • 3 Manfaat Utama Bersepeda di Kala Pandemi

    Tren bersepeda sedang marak di mana-mana, di kota dan desa. Mereka yang dulunya tak punya niatan bergowes ria, bahkan tak punya sepeda, mendadak segera beli kereta angin itu. Tentu agar bisa segera ikut dalam keramaian tren. Jelas ini merupakan hal yang baik karena bisa berdampak pada kesehatan. Manfaat apalagi selain itu? Yuk, simak artiklenya.

    Dibaca : 1.048 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tren bersepeda belakangan ini sedang naik-naiknya. Tren ini dengan mudah bisa Anda saksikan di kota-kota maupun desa-desa. Banyak sekali orang-orang, dari kalangan muda-mudi hingga yang sudah lumayan berumur, ikut meramaikan kegiatan perfowesan ini.

    Banyak orang yang dulunya malas bersepeda, bahkan tidak pernah punya niatan bersepeda, tiba-tiba membeli sepeda serta beragam aksesorisnya. Bahkan ikut-ikutan bikin jersey sepeda layaknya pesepeda pro saja. Tak masalah.

    Tentunya tren bersepeda dan orang-orang yang tiba-tiba menjadi bersepeda ini bukanlah hal yang buruk. Dengan adanya tren ini banyak membantu usaha-usaha bertahan d ikala pandemi. 

    Untuk orang-orang yang ikut meramaikan tren ini tentunya mendapatkan manfaat-manfaat kesehatan. Hal itu membuat mereka kian giat bekerja. Bahkan mungkin bisa lebih meski di saat pandemi. Apa saja manfaat-manfaat kesehatan bersepeda tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

     

    1. Meredakan stres

    Manfaat yang pertama ini sangat penting dan bagus sekali untuk kita disaat-saat pandemi saat ini, karena kita semua tahu bahwa di rumah saja bukanlah hal yang menyenangkan dan seringkali menimbulkan stres dan jenuh, belum lagi masalah-masalah lain saat pandemi seperti masalah keuangan yang kerap menerpa membuat kita sering merasa stres.

     

    Bersepeda sendiri dapat meredakan stres karena disaat bersepeda tubuh kita akan memproduksi hormon endorfin, singkatnya hormon endorfin merupakan hormon kebahagiaan yang dapat meredakan stres dan merasa bahagia. Selain karena hormon kebahagiaan yang diproduksi disaat kita bersepeda, udara sejuk dan pemandangan alam yang kita dapatkan saat bersepeda juga dapat menimbulkan perasaan senang dan meredakan stres.

     

    2. Mengontrol berat badan

    Berat badan merupakan salah satu masalah yang menerpa hampir semua orang dikala pandemi ini akibat di rumah saja. Akibat bekerja di rumah saja dan kurangnya aktivitas fisik, belum lagi ditambah dengan stres yang membuat nafsu makan naik dan tidak terkontrol, akhirnya membuat berat badan terus naik dan membuat badan tidak sebagus dulu disaat sering beraktivitas.

     

    Nah, dengan bersepeda ini Anda dapat mengontrol berat badan Anda, karena disaat bersepeda tubuh kita akan menggunakan karbohidrat yang ada di tubuh kita dan mencegah karbohidrat di tubuh kita yang seharusnya kita konversi menjadi tenaga malah menjadi lemak. Jika kita ingin menurunkan berat badan, kita bisa menambah durasi bersepeda dan mengkombinasikannya dengan olahraga kardio agar lemak ditubuh kita bisa dikonversi menjadi tenaga.

     

    3. Menjaga kesehatan tubuh serta mencegah penyakit jantung, kanker, dan diabetes

    Penelitian membuktikan bahwa dengan berolahraga minimal 30 menit sehari bisa menjaga kesehatan tubuh serta mencegah penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

    Nah, karena bersepeda juga merupakan salah satu bentuk olahraga, tentunya dengan bersepeda kita juga bisa mendapatkan manfaat berupa menjaga kesehatan tubuh serta mencegah penyakit-penyakit seperti jantung, kanker, dan diabetes, belum lagi dengan bersepeda kita juga bisa meredakan stres dan mengontrol berat badan, tentunya dengan begitu kondisi badan akan semakin terjaga.

    Demikian beberapa manfaat utama bersepeda yang sangat baik untuk kesehatan masyarakat dikala pandemi ini. Sekian artikel dari saya ini, tetap rutin berolahraga, dan sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

     

    Ikuti tulisan menarik Anas Muzaki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.