Tip Menjaga Kesehatan bagi Hardcore Gamer pada Game Esport - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Rabu, 30 September 2020 17:19 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Tip Menjaga Kesehatan bagi Hardcore Gamer pada Game Esport

    Terlalu sering bermain game demi mempersiapkan mengikuti kompetisi esport seringkali membuat gamer game-game esport kurang memperhatikan kesehatannya dan berujung sakit. Simak tips berikut ini agar ngegame jalan terus tapi kesehatan tetap terjaga.

    Dibaca : 298 kali

    Game-game esport merupakan game-game yang dikompetisikan antar player secara real time. Game-game esport contohnya adalah CSGO, DOTA 2, LOL, PUBG, Mobile Legends, AOV, dan Free Fire. Selain seru untuk dimainkan, game-game tersebut memiliki satu kesamaan yaitu memberikan sensasi kompetitif kepada pemainnya.

    Hal inilah yang membuat para pemainnya rela bermain berjam-jam bahkan seharian penuh demi meningkatkan skill bermain dan menambah pengalaman demi bisa bersaing dengan player lainnya. Belum lagi sekarang ini kompetisi esport seperti turnamen-turnamen seringkali di gelar di banyak daerah oleh komunitas masing-masing game tersebut. Akhirnya banyak orang-orang yang mengikuti kompetisi esport tersebut dan berjuang dengan sekuat tenaga untuk menenangkannya.

    Sayangnya semangat dalam berjuang memenangkan kompetisi tersebut seringkali tidak dibarengi dengan istirahat dan kegiatan lain dengan seimbang yang seringkali membuat kesehatan dikorbankan. Dan tanpa disadari kesehatan yang kurang tersebut juga seringkali membuat seseorang kalah dalam berkompetisi. Meski sudah berlatih setiap hari, menggunakan device dan koneksi internet terbaik, serta jersey gaming kebanggaan, kalau badan tidak fit tentu akan menggangu skill bermain yang selama ini telah diasah.

    Nah, oleh karena itu kali ini saya akan membagikan tips menjaga kesehatan bagi Anda hardcore gamer game-game esport yang sering seharian penuh bermain game.

     

    1. Jangan Lupakan Makan dan Minum

    Hal pertama yang paling penting adalah jangan sampai melupakan makan dan minum. Seringkali para gamer melupakan makan dan minum akibat terlalu asik bermain, padahal makan dan minum dengan rutin dan tepat waktu merupakan salah satu cara menjaga kesehatan yang paling dasar. Dengan tubuh yang terpenuhi asupan makan dan minum, Anda dapat menjaga tubuh dan pikiran dalam kondisi terbaiknya dan membuat skill bermain Anda tidak turun.

     

    2. Wajib Tidur 8 Jam Sehari

    Kurang tidur merupakan salah satu penyebab konsentrasi menurun dan tubuh menjadi lemot, Anda sendiri tahu bukan bahwa konsentrasi dan respon tubuh yang cepat merupakan amunisi utama dalam bersaing di game-game esport.

    Salah satu cara memastikan tidur Anda cukup dan berkualitas adalah dengan tidur 8 jam sehari tanpa henti di malam hari. Jadi jangan biasakan memangkas waktu tidur Anda menjadi beberapa jam saja ya.

     

    3. Biasakan Berhenti Sejenak Secara Rutin

    Ketika bermain seharian atau dalam jangka waktu yang lama, penting bagi Anda untuk berhenti sejenak dari bermain game dan melakukan hal lain seperti keluar ruangan dan jalan-jalan sebentar atau sekedar duduk di luar ruangan memandangi lingkungan sekitar setiap beberapa jam sekali. Hal ini untuk mengurangi beban mata yang telah lama memandangi layar dan fokus pada benda dengan jarak yang relatif sangat dekat, dan juga untuk mengurangi rasa stres yang menumpuk setelah bermain dalam jangka waktu yang lama.

    Demikian beberapa tips-tips menjaga kesehatan tubuh bagi para hardcore gamer game-game esport yang suka sekali bermain game seharian demi bersiap mengikuti turnamen atau sekedar mengejar rank yang lebih tinggi. Sekian dari saya dan semoga artikel ini bermanfaat.

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.