x

Iklan

Zaki Nur

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Agustus 2020

Sabtu, 3 Oktober 2020 06:42 WIB

Keunggulan Telegram yang Membuat Pengguna WhatsApp Ingin Pindah ke Telegram

Sebagai pengguna WhatsApp yang menggunakan WhatsApp setiap harinya. Berikut ini beberapa keunggulan Telegram yang membuat saya dan banyak pengguna WhatsApp lainnya ingin pindah ke Telegram.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Telegram merupakan aplikasi perpesanan terkenal dengan jumlah pengguna yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia, dan juga merupakan salah satu aplikasi perpesanan dengan jumlah pengguna terbesar selain WhatsApp dan Line.

 

Telegram mempunyai banyak pengguna juga di Indonesia meski tidak sepopuler WhatsApp. Banyak orang Indonesia yang menggunakan Telegram tapi tidak sebagai daily use melainkan sebagai aplikasi perpesanan kedua karena berbagai kelebihannya yang tidak dipunyai WhatsApp.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Saya sendiri dan kemungkinan banyak orang menggunakan aplikasi Telegram dan sangat menyukainya karena berbagai kelebihannya yang tidak dimiliki oleh WhatsApp. Namun, sayangnya saya dan banyak pengguna Telegram di Indonesia tidak bisa menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi perpesanan utama karena tidak semua orang menggunakan Telegram, berbeda dengan WhatsApp yang semua orang sudah punya. Padahal jika semua orang punya Telegram, tanpa pikir panjang saya sudah pasti menggunakan Telegram karena berbagai keunggulannya yang tidak punyai WhatsApp.

 

Dari tadi berbicara mengenai keunggulan Telegram yang tidak dipunyai WhatsApp terus. Sebenarnya apa sih kelebihan Telegram yang tidak dipunyai WhatsApp tersebut? Nih, di bawah ini saya jelaskan beberapa kelebihan Telegram yang tidak dimiliki oleh WhatsApp.

 

1. Penyimpanan yang menggunakan cloud server

Dengan penyimpanan yang menggunakan cloud server, chat Telegram yang masuk tidak akan disimpan di penyimpanan device melainkan disimpan di cloud server sehingga tidak akan membuat penuh penyimpanan Anda, meski begitu Anda masih bisa menyimpan chat yang menurut Anda penting ke penyimpanan device. Dengan penyimpanan yang menggunakan cloud server ini, tidak akan ada lagi masalah penyimpanan habis dan harus hapus-hapus chat seperti yang biasanya banyak pengguna WhatsApp lakukan (termasuk saya).

 

Selain itu, karena penyimpanan chatnya yang menggunakan cloud server, Anda bisa gonta-ganti device atau login di device lain tanpa harus takut kehilangan chat Telegram Anda. Kalau WhatsApp kan kalau ganti device langsung ilang semua chatnya, bikin ribet apalagi kalau ada chat penting.

 

2. Sistem verifikasi login yang mudah

Nah kelebihan kedua yang saya temukan pada Telegram adalah mudahnya sistem verifikasi login yang memungkinkan Anda untuk login Telegram di device lain tanpa perlu ribet-ribet pakai kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon. Di Telegram sendiri Anda bisa login di device lain tanpa perlu kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon. Cara login Telegram tanpa kode verifikasi juga sangatlah mudah, karena ketika ingin login di device lain, otomatis pihak Telegram akan mengirimkan kode verifikasi login ke akun Telegram Anda, sehingga yang perlu Anda lakukan hanya buka chat dari pihak Telegram yang berisi kode verifikasi tersebut.

 

Kenapa hal ini menurut saya merupakan suatu kelebihan? Karena hal ini memudahkan Anda apabila ingin login di device lain dengan cepat dan juga memudahkan Anda apabila nomor Telegram Anda hangus karena mungkin hilang atau lupa isi pulsa. Dan semua kemudahan tersebut Anda dapatkan hanya dengan tetap login di Telegram dan menunggu kode verifikasi terkirim ke akun Telegram Anda.

 

3. Punya kapasitas grup yang besar dan channel siaran

Banyak pengguna WhatsApp yang menghadapi masalah ketika membuat grup komunitas tetapi terkendala jumlah member yang sangat banyak sementara kapasitas member grup di WhatsApp hanya maksimal 256 orang saja. Nah, di Telegram ini Anda bisa membuat grup dengan anggota sampai 5000 orang, sekitar 20 kali lipat lebih banyak dari kapasitas maksimal member grup WhatsApp.

 

Jika masih kurang juga, Telegram menyediakan fitur Channel siaran dimana Anda dapat menyiarkan informasi yang ingin Anda inginkan ke banyak orang tanpa batas maksimal penerima.

 

4. Punya banyak bot chat yang super berguna

Pernah dengar soal bot? Intinya bot merupakan program yang telah diatur untuk melakukan suatu hal secara otomatis. Nah di Telegram ini mempunyai banyak bot super berguna yang masing-masing bot punya fungsi unik berbeda-beda. Di Telegram ada bot untuk mengkonversi video YouTube menjadi mp3, ada bot untuk mengubah Jpg menjadi PDF, dan banyak lagi bot berguna lainnya.

 

Meski ini bukan merupakan fitur dari pihak Telegram sendiri, melainkan dari pengguna Telegram (komunitas Telegram), namun ini merupakan salah satu keunggulan Telegram dimana komunitasnya suka membuat bot bot super unik dan berguna untuk pengguna Telegram lainnya.

 

Demikian beberapa keunggulan Telegram yang tidak dimiliki WhatsApp yang bisa saya sampaikan. Sebenarnya masih banyak lagi keunggulan lainnya seperti keamanan, kemudahan, dll. Namun, itulah beberapa keunggulan Telegram yang menurut saya membuat banyak pengguna harian WhatsApp (termasuk saya) ingin menggunakan aplikasi Telegram sebagai pengganti WhatsApp.

 

Bagaimana? Apakah tertarik mencoba aplikasi Telegram?

 

Semoga dengan artikel ini Anda bisa tahu kelebihan-kelebihan aplikasi Telegram dan semoga kini Anda menjadi tertarik mencobanya. Sekian dari saya dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya.

Ikuti tulisan menarik Zaki Nur lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

1 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB