Peningkatan Kesadaran Masyarakat Desa Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar di Masa Pandemi Melalui Program KKN-Covid UNS - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Dokumentasi penyerahan paket hand sanitizer dan hand wash ke Kantor Kepala Desa Jatiyoso

Nadya Martha Dewi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Oktober 2020

Rabu, 7 Oktober 2020 14:10 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Peningkatan Kesadaran Masyarakat Desa Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar di Masa Pandemi Melalui Program KKN-Covid UNS

    UNS memfasilitasi mahasiswanya melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN)-Covid 19 di daerah tempat tinggalnya masing-masing sebagai upaya preventif penularan Coronavirus.

    Dibaca : 567 kali

    Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Covid-19, Universitas Sebelas Maret (UNS) memberikan fasilitas bagi mahasiswanya untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)-Covid. KKN-Covid ini dilaksanakan di lingkungan daerah tempat tinggal mahasiswa masing-masing. Mahasiswa bebas melakukan beragam program kerja yang mendukung ditaatinya protokol kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sekaligus mencegah penyebaran virus secara lebih luas.

    Hal ini pula yang dilakukan oleh Nadya Martha Dewi, mahasiswa yang berasal dari program studi S1 Manajemen UNS dalam melaksanakan program kegiatan KKN. Nadya, sapaan akrabnya, melaksanakan kegiatan KKNnya di Desa Jatiyoso, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar dengan mengusung tema “Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19”.

    Program kerjanya dilaksanakan dengan dua metode, yaitu online dan offline. Metode online dilakukan dengan memberikan informasi valid dan terbaru mengenai Coronavirus melalui berbagai platform media sosial seperti whatsapp yang dibagikan kepada grup kelompok dan organisasi Desa Jatiyoso, maupun melalui media sosial instagram yang menyasar pada masyarakat usia muda.

    Dalam metode offline-nya, ia memfokuskan pada pemberian paket botol hand sanitizer dan sabun cuci tangan di Kantor Kepala Desa Jatiyoso serta kepada masyarakat RT 1 dan RT 2 Dusun Gempolan, Jatiyoso, sebagai upaya perlindungan diri dalam mencegah penularan Covid-19. Kegiatan offline selanjutnya adalah pembagian masker kepada pembeli maupun penjual di Pasar Jatiyoso yang ketahuan tidak mengenakan masker meskipun telah tertulis larangan masuk bagi orang yang tidak menggunakan masker ketika datang ke pasar.

    Pemberian paket hand sanitizer, sabun dan masker tersebut dilengkapi dengan pamflet ukuran kecil yang praktis dibawa kemanapun. Pamflet tersebut berisi tips mencuci masker dari Kementerian Kesehatan RI, cara membuat hand sanitizer dari bahan alami, hingga tata cara mencuci tangan dengan benar. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengerti bagaimana melindungi diri untuk mencegah penularan Coronavirus. Dengan berbagai upaya kecil diatas, diharapkan masyarakat akan lebih sadar dan waspada dengan pandemi yang sedang menyerang berbagai daerah saat ini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.