7 Manfaat Massage pada Bayi - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

lustrasi pijat bayi. massagemag.com

ACADEMIC INDONESIA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 November 2019

5 hari lalu

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 7 Manfaat Massage pada Bayi

    Seni pijat bayi atau massage telah dipraktikkan selama berabad-abad oleh budaya di seluruh dunia dan merupakan salah satu rangsangan paling awal yang dapat diberikan oleh orang tua untuk bayinya. Ada banyak sekali manfaat massage pada bayi yang bisa didapatkan oleh sang buah hati dan orang tuanya.

    Dibaca : 348 kali

    Seni pijat bayi atau massage telah dipraktikkan selama berabad-abad oleh budaya di seluruh dunia dan merupakan salah satu rangsangan paling awal yang dapat diberikan oleh orang tua untuk bayinya. Ada banyak sekali manfaat massage pada bayi yang bisa didapatkan oleh sang buah hati dan orang tuanya.

    Dengan menggunakan gerakan pijat sederhana, Anda dapat meningkatkan peran Anda sebagai orang tua dan memberikan jenis rangsangan yang tepat untuk mendorong perkembangan yang optimal. Anda dan bayi Anda akan merasakan banyak manfaat dari pijat bayi selama tahun-tahun pertama anak dan tahun-tahun mendatang.

    Manfaat Massage Pada Bayi

    Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dai massage pada bayi :

    1. Membuat Bayi Mudah Tidur

    Jika Anda  seperti ribuan orang tua lain di luar sana yang mengalami masalah dalam menidurkan si kecil, ternyata pijat bayi dapat membantu. Penelitian dari University of Warwick pada tahun 2006 menemukan bahwa massage dapat membantu bayi berusia enam bulan ke bawah untuk tidur lebih nyenyak, sebagai hasil dari pelepasan melatonin.

    1. Memudahkan Bayi Agar Tidak Rewel

    Melihat berbagai studi tentang pijat, para peneliti juga menetapkan bahwa pijat membantu bayi untuk lebih sedikit menangis dan merasa lebih sedikit stres. Bayi yang dipijat memiliki tingkat hormon stres yang lebih rendah seperti kortisol dibandingkan dengan bayi yang tidak.

    1. Pijat Bayi Membantu Orang Tua Mengurangi Stres

    Pijat tidak hanya bermanfaat bagi bayi, tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Perinatal Education pada tahun 2011 juga menemukan bahwa pijat juga bermanfaat bagi para ayah.

    Sebab ayah terkadang kesulitan untuk membentuk ikatan yang erat dengan bayi di masa-masa awal (terutama jika bayi disusui dan  sering menempel pada ibu), peneliti berpendapat bahwa pijat bayi dapat membuat ia dekat sang ayah. Para ilmuwan menemukan fakta bahwa pijat bayi tidak hanya membantu para ayah merasa lebih dekat dengan anak kecilnya, tetapi juga secara signifikan mengurangi stres pada  ayah.

    1. Membuat Bayi Merasa Lebih Terikat dengan Sentuhan

    Pijat bayi dapat membantu semua orang terikat dengan bayi baru lahir yang berdampak pada kebahagiaan bayi. Baik Anda ingin mencoba pijat lembut di rumah atau sesi dengan terapis pijat yang terlatih khusus dalam pijat bayi, pijat adalah bentuk stimulasi yang menenangkan untuk bayi Anda untuk melepaskan serotonin,  zat kimia dan neurotransmitter penting yang membantu mengatur suasana hati, pencernaan, tidur, dan banyak lagi.

    Dalam perkembangan bayi, bahan kimia 'bahagia' ini mendorong relaksasi yang menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

    1. Menghasilkan Kenaikan Berat Badan

    Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tiffany Field, PhD, di Touch Research Institutes di University of Miami School of Medicine, pijat menghasilkan “kenaikan berat badan yang lebih besar pada sang bayi yang sering dipijat, lho.

    1. Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

    Salah satu pijat Surabaya menyebutkan manfaat massage pada bayi juga bisa meningkatkan aktivitas vagal dan lambung. Selain itu juga dapat menyebabkan penyerapan makanan lebih efisien dan peningkatan berat badan. Setelah pijat, bayi prematur menunjukkan perilaku tidur, rewel, menangis, gerakan, dan stres yang secara signifikan berkurang.

    Menerapkan teknik pemijatan dapat mengurangi ketidaknyamanan kondisi pencernaan seperti kolik dan sembelit. Jika bayi Anda menderita masalah gastrointestinal, pijatan teratur akan membantu memperbaiki keadaan dan mengurangi stres bagi Anda dan bayi.

    Untuk bayi yang sedang tumbuh gigi dan mereka yang mengalami nyeri pertumbuhan tambahan, pijatan dapat mengurangi ketidaknyamanan secara keseluruhan dengan melepaskan endorfin untuk meredakan dan menenangkan bayi Anda.

    1. Menenangkan Sang Bayi

    Jika bayi Anda menangis, dan Anda tahu dia tidak lapar, lelah, kembung, kepanasan atau kedinginan, atau mengeluh tentang popok kotor, itu bisa membuat frustasi. Nah, memeluk atau mengayun bayi Anda adalah teknik umum untuk mencoba dan menenangkannya. Namun adapula yang mengatakan bahwasannya pijat bayi juga bisa berhasil untuk menenangkan bayi yang rewel. Cobalah membelai punggung bayi dengan lembut.

    Tips untuk Memijat Bayi

    Penelitian terbaru dari University of Manchester menemukan bahwa produk yang Anda gunakan pada kulit bayi saat Anda memijatnya menjadi penting.

    Penelitian menentukan bahwa menggunakan bunga matahari atau minyak zaitun pada kulit bayi dapat merusak pelindung yang mencegah kehilangan air dan menghalangi alergen dan infeksi - yang dapat menyebabkan berkembangnya

    Daripada menggunakan minyak zaitun, yang dapat mengiritasi kulit bayi, produk pelembab seperti Cussons sangat bagus untuk melembabkan dan menenangkan kulit bayi yang baru lahir. Produk ini cocok untuk digunakan sejak hari pertama  bayi Anda lahir, bebas pewangi dan membantu melembutkan dan merehidrasi kulit kering dan rawan eksim.

    Saat memijat bayi, pastikan untuk menghaluskan krim emolien pada kulit daripada menggosoknya. Menepuk krim dapat mencegah peradangan kulit lebih lanjut yang mungkin disebabkan oleh menggosok.

    Setelah itu pilih posisi yang nyaman, pastikan ruangan bersuhu nyaman, buka pakaian bayi Anda dan mulailah mengobrol tentang apa yang Anda ingin obrolkan karena bayi menyukai kontak mata dan komunikasi.

    Anda bisa mulai dengan membelai kaki bayi dan memegang pergelangan kaki dengan satu tangan dan kemudian menggeser tangan lainnya ke bawah kaki, dari paha ke pergelangan kaki,

    Setelah Anda menyelesaikan kedua kaki, Anda dapat bergerak turun ke kaki anak, mengelus telapak kaki dari tumit ke jari kaki. Sementara untuk memijat dada bayi, ratakan tangan Anda ke samping.

    Ya, manfaat massage pada bayi memang banyak sekali. Mulai dari membantu ibu merasa lebih percaya diri dengan bayinya hingga membantu otot bayi rileks melalui pelepasan hormon oksitosin (baik untuk bayi dan ibu). Jadi, jangan ragu untuk melakukan massage pada bayi Anda, ya!

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.