x

Iklan

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Jumat, 16 Oktober 2020 06:34 WIB

Investasi Asing Tidak Penting dan Bermanfaat bagi Indonesia?

Sayangnya, hal ini sepertinya masih belum berlaku di Indonesia. Sebab, di negara ini masih banyak penghambat dalam menghadirkan investor.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semenjak kepemimpinan Presiden Jokowi, pemerintah Indonesia menggelontorkan segala macam regulasi dalam rangka membuka keran investasi dari berbagai arah. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi cita-cita Nusantara menuju kemajuan di segala bidang, termasuk sektor pertambangan dan pemurnian atau smelter.

Bukan tanpa alasan, potensi cadangan yang besar dan peluang industri hilir penggunaan nikel yang masih dibutuhkan, Indonesia adalah pilihan yang menarik untuk dilakukan pengembangan investasi pada sektor pertambangan nikel.

Selain itu, dengan adanya investasi yang masuk ke negara, tentu devisa negara akan bertambah, serta lapangan kerja terbuka semakin luas, dan transfer of knowledge, skill, & technology  juga terjadi antar pekerja asing dengan pekerja lokal. Hal ini akan menjadi value lebih bagi Indonesia untuk menggapai puncak negara yang lebih maju. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu kunci negara untuk dapat lebih selangkah lebih maju adalah membuka pintu seluas-luasnya bagi investor. Berdasarkan riset Y&R dan Wharton School dari University of California, beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina berhasil menjadi negara yang diminati oleh investor untuk menanamkan modalnya. 

Pun baru-baru ini berdasarkan laporan Bank Dunia 2019, negara The Golden Stars yakni Vietnam berhasil memboyong investor dari berbagai negara, salah satunya China. Menurut World Economic Forum, terdapat tiga faktor yang membuat Vietnam berhasil menjadi negara jujugan investor. Satu, Vietnam berkomitmen dengan globalisasi ekonomi. Kedua, penyederhanaan regulasi secara spektakuler. Ketiga, investasi besar-besaran di Sumber Daya Manusia (SDM). Upaya kerja keras ini berbuah manis, sebab pertumbuhan Penanaman Modal Asing (PMA) Vietnam selama tahun 2019 mencapai US$16,74 miliar atau tumbuh 69,1 persen secara tahunan. 

Dengan berhasilnya negara dalam memboyong investasi masuk dan menanamkan modalnya, tentu akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat, perekonomian yang stabil, dan masa depan negara yang lebih baik. 

Sayangnya, hal ini sepertinya masih belum berlaku di Indonesia. Sebab, di negara ini masih banyak penghambat dalam menghadirkan investor. Seperti sentimen negatif dan opini-opini yang menyudutkan, salah satu contoh adalah opini terhadap Morowali yang dicap tidak berkontribusi sama sekali terhadap negara. 

Di satu sisi, bertahap Morowali telah membuktikan bahwa mereka berhasil mewujudkan mimpi Indonesia menjadi semakin nyata, yakni menjadi nickel global supply chain atau rantai pasok nikel dunia. 

Jika demikian, apakah keberadaan investasi asing tidak penting bagi negara ini? Apakah kita harus tutup pintu rapat-rapat agar investasi tidak masuk ke Indonesia? Dan, apakah kita harus mengusir para investor asing yang investasinya sedang berlangsung saat ini?

 

Ikuti tulisan menarik Chika Lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu