x

Tanaman Hias Adam Hawa (Rhoeo Discolor). (Dok. sinoxnursery.com)

Iklan

haikal luthfi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Agustus 2020

Rabu, 21 Oktober 2020 16:08 WIB

Mengenal Sirih Gading, Tanaman Merambat untuk Mempercantik Rumah

Salah satu refrensi tanaman hias gantung untuk dekorasi rumah adalah jenis sirih gading, yang dapat mempercantik ruangan Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Selama pandemi, berkebun menjadi aktivitas yang banyak dilakukan. Tanaman hias menjadi salah satu komoditi yang banyak dicari oleh orang-orang. Berbagai macam tanaman hias tidak hanya dapat menghadirkan keindahan pada rumah Anda. Mulai dari jenis aglaonema hingga jenis monstera. 

Tidak hanya diluar ruangan, bahkan Anda bisa menaruhnya didalam ruangan sebagai dekorasi rumah. Salah satu jenis tanaman hias indoor itu adalah jenis sirih gading, yang merupakan semacam tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanam sebagai penghias pekarangan atau ruangan.

Sirih gading termasuk tanaman yang mudah sekali dirawatnya, sebab tanaman yang satu ini cepat sekali tumbuh. Secara ilmiah dikenal sebagai Epipremnum aureum, namun terkadang juga disebut sebagai golden pothos.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

sirih gading

Dalam sejarahnya, tanaman sirih gading awalnya merupakan tanaman asli (dan terbatas) di pulau Mo'orea, di kepulauan Polinesia Perancis. Seiring berjalannya waktu, tanaman ini kini banyak dinaturalisasi di hutan hujan tropis dan sub tropis di seluruh dunia. Termasuk di kawasan Asia, Kepulauan Pasifik, Hindia Barat dan Australia.  

Dilansir dari laman HaiBunda, tanaman sirih gading tumbung dengan merambat. Sehingga cocok sekali dijadikan tanaman hias yang digantung di rumah. Ada beberapa kultivar dan variasi dari tanaman sirih gading, meskipun secara penampilan tidak ada banyak perbedaan. Kebanyakan varietas tanaman ini berwarna hijau. Namun, ada juga varietas warna lain seperti warna kuning belang-belang, hingga warna agak kebiruan (cebu blue plant).

Semakin terang daunnya, semakin banyak sinar matahari yang dipaparkan pada tanaman ini. Jadi, pastikan untuk meletakkannya di area yang terkena sinar matahari, seperti meletakkanya tidak jauh dari jendela. Namun, ini bisa juga dengan sinar matahari tidak langsung atau cahaya buatan yang terang.

Terakhir, tanaman hias ini juga bisa hidup di tempat kering. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan mati meskipun jarang disiram. 

 

Ikuti tulisan menarik haikal luthfi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler