x

Batik

Iklan

Puji Rahmawati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Oktober 2020

Senin, 26 Oktober 2020 05:45 WIB

Mahasiswa KKN UM Berkreasi Membuat Kemasan Produk Batik lokal Khas Desa Sumberejo

Pembuatan kemasan produk batik lokas khas Desa Sumberejo yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM diharapkan dapat membantu dalam memperkenalkan produk batik lokas desa dan meningkatkan jumlah penjualan produk batik mereka.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang masih berlangsung di tengah masa pandemi Covid-19 ini. Namun, mahasiswa dituntut untuk terus berkreasi untuk membantu masyarakat mengembangkan potensi desa nya.

Tahun ini, mahasiswa KKN UM membantu ibu-ibu PKK Desa Sumberejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, membuat kemasan produk batik yang telah dikembangkan yaitu Batik Sujo. Batik Sujo merupakan produk batik lokal yang telah dikembangkan sebelumnya oleh ibu-ibu PKK desa dan telah menghasilkan beberapa produk jadi

Nantinya produk jadi tersebut akan dipasarkan kepada masyarakat. Untuk itu, 11 mahasiswa KKN UM dengan Dosen pendamping Lapangan Yana Respati Dewi, S.E., M.M, berusaha membantu untuk membuatkan kemasan produk yang menarik bagi produk kain batik yang telah dihasilkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembuatan kemasan produk (packaging) merupakan salah satu cara untuk dapat melindungi produk, serta dapat menjadi alat marketing untuk menyampaikan pesan komunikasi grafis dan brand langsung kepada pembeli. Penanggung jawab program kerja, Syifa mengatakan, “Tujuan pembuatan packaging ini agar nantinya kain batik yang dihasilkan tetap aman sampai tangan pembeli, dapat juga menjadi media promosi, serta dapat menambah kenyamanan dan efisiensi dalam pendistribusian produk”.

Lebih lanjut, desain kemasan yang dibuat meliputi identitas Desa Sumberejo sendiri yaitu motif pisang dan nangka, serta nama motif yang diberikan yaitu Batik Sujo.

Diharapkan pembuatan kemasan produk bagi produk kain batik yang dihasilkan dapat membantu masyarakat dalam memasarkan sekaligus memperkenalkan produk lokal yang telah mereka kembangkan ke masyarkat luas.

Ikuti tulisan menarik Puji Rahmawati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler