x

Iklan

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Kamis, 29 Oktober 2020 05:59 WIB

Nikel Indonesia Kini Meroket di Pasar Mineral Dunia!

Menurut praktisi tambang dan smelter nikel, Arif S. Tiammar, PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang bergerak di perusahaan smelter nikel memiliki keunggulan yakni berangkat dari pemain stainless steel. “Sebagai produsen sekaligus pemasar stainless steel, Tsingshan tahu persis peta kebutuhan nikel dan pasar di ujung,” imbuh Arif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menjadi smelter nikel peringkat pertama di Indonesia, menyalip dua smelter nikel lainnya di Indonesia yakni PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). 

IMIP yang disokong oleh investor dari China yakni Tsingshan Group dinilai cepat dalam mengambil keputusan untuk segera dapat mengeksekusi kajian dan perencanaannya. “IMIP keputusannya sangat cepat. Setelah evaluasi komprehensif dilakukan, keputusan finalnya terletak pada seorang pemegang saham terbesar yang berkuasa penuh yaitu Tsingshan Group,” ujar praktisi tambang dan smelter nikel, Arif S. Tiammar. 

Menurut Arif, IMIP memiliki keunggulan yakni berangkat dari pemain stainless steel. “Sebagai produsen sekaligus pemasar stainless steel, Tsingshan tahu persis peta kebutuhan nikel dan pasar di ujung,” imbuh Arif. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Arif memproyeksikan, peta persaingan produsen nikel dan smelter akan semakin dinamis sekaligus kondusif selama beberapa tahun ke depan. Perusahaan smelter akan semakin beragam, terutama didorong oleh pengembangan teknologi untuk menopang bahan baku baterai mobil listrik. 

Dirinya menjelaskan, teknologi yang digunakan nantinya juga berkembang. Tidak hanya berjenis RKEF dan Blast Furnace yang berbasis pirometalurgi. Namun akan digunakan leaching plant (HPAL dan AL) yang berbasis hidrometalurgi. 

"Selama ini RKEF dan BF hanya mengolah bijih nikel saprolit yang berkadar tinggi. Dalam waktu dekat, tidak tertutup kemungkinan ada RKEF atau BF akan mengolah bijih nikel kadar rendah (limonit)," katanya.

Pergeseran hasil produksi smelter pun juga akan semakin berkembang dan beralih untuk penggunaan ion lithium (LiB), tidak didominasi oleh stainless steel. Dalam waktu dekat, akan bermunculan pemain LiB di industri smelter serta leaching plant. 

Saat ini, peta industri hilirisasi nikel hingga menjadi produk setengah jadi (intermediate product) dikuasai 50% oleh PT IMIP semenjak tahun 2018. 

Secara keseluruhan, lebih dari 90% produk smelter Indonesia masih berupa produk berbasis NPI (Nickel Pig Iron). Diharapkan industri hilirisasi nikel semakin kompetitif dan menjanjikan, baik untuk pengembangan industri berbasis stainless steel maupun untuk industri baterai. 

Berdasarkan jenis kemurniannya, nikel produksi Indonesia masih didominasi oleh nikel kelas dua yang menghasilkan NPI. Sedangkan porsi nikel kelas satu untuk menghasilkan nikel matte atau Mixed Hydroxide Precipitate (MHP) yang masih terhitung minim di Indonesia. 

Sedangkan kebutuhan pasar global terhadap nikel masih didominasi untuk industri stainless steel sebesari 71%. Sedangkan untuk kebutuhan industri masih sedikit, seperti baterai kebutuhannya masih 3%. 

Nantinya, pembangunan smelter di Indonesia mulai beragam. Dikonfirmasi, sudah ada enam perusahaan yang berencana membangun smelter nikel dengan teknologi High Pressure Acid Leaching (HPAL). Dari keenam smelter HPAL tersebut, kelima diantaranya beroperasi pada tahun 2021. 

Keenam perusahaan yang membangun HPAL tersebut adalah PT QMB, PT Huayue, PT Halmahera Persada Lygend, PT Adhikara Cipta Mulia, PT Smelter Nikel Indonesia, dan PT Vale Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Chika Lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB