3 Macam Strategi Pemasaran Online yang Perlu Diketahui - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Strategi Pemasaran Online

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Kamis, 29 Oktober 2020 15:22 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 3 Macam Strategi Pemasaran Online yang Perlu Diketahui

    Sebagai Internet Marketer, Anda perlu mengetahui berbagai strategi pemasaran yang paling populer berikut ini.

    Dibaca : 503 kali

    Strategi pemasaran online adalah upaya yang dilakukan untuk memasarkan suatu produk atau jasa dengan menggunakan media internet. Perlu diketahui, bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia telah melebihi setengah dari jumlah penduduk Indonesia, yakni sekitar 137 juta orang. Angka tersebut menunjukkan suatu potensi pasar yang sangat luar biasa. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui berbagai strategi pemasaran yang paling populer berikut ini.

    Content Marketing

    Content marketing merupakan jenis strategi pemasaran yang mengandalkan website untuk menampilkan konten, baik dalam bentuk foto, video, tulisan, maupun lainnya. Tujuannya agar calon konsumen bisa mengenal lebih jauh tentang produk Anda.

    Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh konsumen adalah mencari tahu produk yang akan dibelinya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, strategi pemasaran dengan model ini sangat tepat untuk diterapkan.

    Mengapa tepat? Karena calon konsumen cenderung mencari informasi tentang suatu produk langsung dari website produk yang bersangkutan, sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam membentuk perspektif konsumen sesuai yang Anda inginkan.

    Dalam content marketing sebaiknya jangan terang-terangan dalam melakukan iklan, karena konsumen cenderung menghindari iklan yang terlalu gamblang atau lugas. Buatlah konten semi-advertorial. Cara ini biasanya efektif diterapkan untuk konten jenis tulisan.

    Sebagai contoh, jika Anda menjual produk kecantikan, maka buatlah konten tentang tips agar bisa tampil cantik atau tips menggunakan eyeliner. Setelah itu, barulah Anda bisa meyakinkan konsumen bahwa produk Anda bisa membuat konsumen tampil lebih cantik.

    Content marketing sangat erat kaitannya dengan website marketing, yang mengharuskan Anda untuk memperhatikan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) yang bertujuan untuk membuat website Anda menempati posisi teratas dari halaman pencarian, sehingga pengunjung yang datang bisa lebih banyak.

    Perbedaan mendasar keduanya adalah metode yang digunakan. SEO perlu melakukan optimasi keyword sehingga membutuhkan waktu yang lama agar website Anda bisa berada pada posisi paling atas, sedangkan SEM cocok bagi Anda yang menginginkan cara instan, tentu dengan mengeluarkan sejumlah biaya.

    Mobile Marketing

    Mobile marketing merupakan salah satu jenis strategi pemasaran yang memanfaatkan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Jika dulu model marketing ini sering dilakukan melalui SMS, sekarang jenisnya bisa bermacam-macam.

    Perlu diketahui bahwa pembelian online yang dilakukan melalui perangkat mobile telah lebih dari 60% dari total transaksi. Ini artinya, Anda perlu memberikan perhatian khusus pada sektor ini.

    Salah satu cara yang bisa dilakukan misalnya dengan mendesain ulang tampilan website sehingga menjadi lebih user friendly ketika website tersebut diakses melalui perangkat mobile. Dengan begitu, konsumen akan merasa lebih nyaman untuk berselancar di website Anda.

    Cara lain yang bisa Anda lakukan misalnya dengan mengembangkan mobile app untuk smartphone. Cara ini cukup efektif diterapkan apabila Anda sudah memiliki banyak produk serta memiliki basis konsumen yang kuat.

    Social Media Marketing

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh We Are Social – perusahaan media asal Inggris, yang bekerja sama dengan Hootsuite, ada sekitar 130 juta masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan media sosial, dengan rata-rata durasi penggunaan mencapai 3 jam 23 menit setiap harinya.

    Media sosial sangat efektif digunakan untuk memasarkan produk Anda di internet. Facebook misalnya, adalah media sosial dengan pengguna aktif paling banyak di dunia. Tak mengherankan jika Facebook menjadi tempat yang paling menjanjikan untuk memasarkan produk Anda. Selain Facebook, media sosial lain seperti Instagram dan Twitter juga tak kalah populernya. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Dengan menggunakan strategi yang tepat, maka keuntungan yang didapat juga akan meningkat. Setelah proses marketing berjalan dengan baik,  Anda perlu mengembangkan bisnis menjadi lebih berkembang lagi. Misalnya dengan memanfaatkan layanan payment gateway untuk website Anda.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.