Peran Audit Internal dalam Suatu Perusahaan - Analisa - www.indonesiana.id
x

Pelaksanaan remote audit ditengah pandemi Covid-19

Hilda Sasnia Karinta

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Oktober 2020

Kamis, 29 Oktober 2020 15:40 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Peran Audit Internal dalam Suatu Perusahaan

    artikel ini menjelaskan bagaimana peran audit internal dalam suatu perusahaan. bagaimana kode etik audit internal. apa saja yang di kerjakan oleh audit internal selama bekerjs dalam perusahaan

    Dibaca : 1.020 kali

    Dosen Pengampu : Sri Dewi Wahyundaru
    Email Dosen : sridewi@unissula.ac.id
    Nama Mahasiswa :Hilda Sasnia Karinta
    Mahasiswi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi
    Universitas Islam Sultan Agung Semarang

    Audit internal dalam sebuah perusahaan awalnya hanya berperan sebagai petugas klerikal (pekerjaan yang hanya membutuhkan ketelitian,keterampilan,kecepatan dan mampu bekerja dalam bawah tekanan). Namun seiring berjalannya waktu audit inernal berperan sebagai konsultan. Ciri utama audit intermal adalah kesediaannya untuk menerima tanggung jawab terhadap kepentingan-kepentingan umum dan pihak yang perlu dilayani. Disini lah peran audit internal dan seorang manajer bekerja sama dalam bertanggung jawab mengawasi atas jalannya kegiatan operasional sehari-hari.

    Audit internal menurut Hiro Tugiman adalah sebagai berikut, “Internal Auditing atau Audit Internal adalah suatu penilaian fungsi independen yang dibuat yang dibuat dalam suatu organisasi dengan tujuan menguji dan mengevaluasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan organisasi.” (2006:99)

    Pada tahun 2009, Board of Directors IIA memberikan definisi baru audit internal sebagai berikut, "Audit Internal adalah aktivitias independen, keyakinan obyektif dan konsultasi yang dirancang untuk memberi nilai tambah dan meningkatkan operasi organisasi. Audit tersebut membantu organisasi mencapai tujuannya dengan menetapkan pendekatan yang sistematis dan berdisiplin untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas proses pengelolaan risiko, kecukupan pengendalian dan pengelolaan organisasi".

    Berdasarkan pengertian di atas diketahui bahwa audit internal merupakan suatu fungsi penilaian dalam suatu organisasi untuk mempelajari dan menilai kegiatan-kegiatan perusahaan sehingga dapat memberikan saran kepada manajemen agar dapat meningkatkan efektivitas suatu perusahaan.

    Pengertian Audit intern menurut Mulyadi adalah auditor yang bekerja dalam perusahaan (perusahaan negara maupun perusahaan swasta) yang tugas pokoknya adalah menentukan apakah kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh manajemen puncak telah dipatuhi, menentukan baik atau tidaknya penjagaan terhadap kekayaan organisasi, menentukan efisiensi dan efektivitas prosedur kegiatan organisasi, serta menentukan keandalan informasi yang dihasilkan oleh berbagai bagian organisasi (Mulyadi 2002)

    Audit internal memiliki beberapa jenis dalam penugasan yang dilakukan oleh auditor internal

    1. Audit Keuangan

    Audit yang dilakukan terhadap transaksi, catatan akuntansi, dan laporan keuangan baik di tingkat bagian/departemen maupun tingkat laporan keuangan perusahaan pusat. Pada aspek pengendalian, auditor memastikan transaksi tersebut telah diotorisasi,disajikan dalam catatan akuntansi, dan diungkap dalam laporan keuangan secara tepat dan akurat.

    1. Audit Kepatuhan

    Untuk menentukan apakah aktivitas atau entitas telah mematuhi hukum, peraturan, kebijakan, dan prosedur yang dibuat oleh perusahaan atau pihak-pihak yang mengikat, missal terkait dengan peraturan pemerintah tentang kepatuhan perpajakan, upah minimum, dan lainnya. Auditor biasanya memberikan rekomendasi untuk perbaikan dalam pengendalian dan proses yang digunakan untuk mematuhi berbagai peraturan.

    1. Audit Tujuan Khusus

    Adalah jenis audit khusus yang diminta oleh manajemen atau organisasi yang bertujuan untuk mendeteksi dan mengevaluasi kemungkinan terjadinya fraud yang dapat mengganggu pencapaian sasaran strategis organisasi. Audit ini dibedakan 3 macam yaitu follow up audit, audit investigasu, dan audit identifikasi

    1. Audit operasional

    Adalah serangkaian pengujian terhadap operasional suatu organisasi. tujuan jenis Internal Audit ini untuk mengukur efektivitas maupun efesiensi penggunaan sumber daya atas suatu aktivitas dalam organisasi.

    Standar Profesi Audit Internal terdiri atas 3 macam yaitu:

    1. Standar Atribut

    Berkenaan dengan karakteristik organisasi, individu, dan pihak-pihak yang melakukan kegiatan audit internal. Standar ini berlaku untuk semua penugasan.

    1. Standar Kinerja

    Menjelaskan sifat dari kegiatan audit internal dan merupakan ukuran kualitas pekerjaan audit dengan memberikan praktik-praktik terbaik dalam pelaksanaan audit mulai dari perencanaan hingga pemantauan tindak lanjut. Standar ini berlaku untuk semua penugasan.

    1. Standar Implementasi

    Hanya berlaku untuk satu penugasan tertentu. Standar yang diterbitkan adalah standar implementasi untuk kegiatan assurance, keguatan consulting, kegiatan investigasi, dan standar implementasi atas control self assessment.

     

    Kode Etik Audit Internal

    1. Integritas Integritas dari internal auditor akan membentuk kepercayaan dan dengan demikian akan memberikan dasar keyakinan atas penilaian yang dikeluarkan.
    2. Objektivitas Auditor internal menunjukkan objektivitas profesional yang tinggi dalam mengumpulkan, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi terkai aktivitas dan proses yang sedang diperiksa. Auditor internal dapat membuat penilaian yang seimbang atas seluruh situasi yang rele0an dan tidak terlalu dipengaruhi oleh kepentingan pribadinya atau oleh pihak lain dalam menyusun laporan atas penilaiannya.
    3. Kerahasiaan Auditor internal menghargai nilai dan kepemilikan informasi yang mereka dapatkan dan tidak mengungkapkan informasi tersebut tanpa ke!enangan yang tepat kecuali ada kewajiban hukum atau profesional yang mengharuskan untuk melakukannya.
    4. Kompetensi Auditor Internal menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas-tugas internal audit.

     

    Daftar Pustaka

    https://www.academia.edu/26714571/Materi_Kuliah_Peran_Audit_Internal_dalam_Organisasi

    Arief, Rachmat.2016. Jurnal: Peran Audit Internal Atas Kualitas Pemeriksaan Laporan Keuangan Yang Dilakukan Oleh Audit Eksternal Pada Sebuah Perusahaan. Pesanggrahan:media.neliti.com

    Heri.2017. Auditing & Asurans Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional. Gramedia Widiasarana Indonesia

    Zamzami,Faiz.Ihda Arifin Faiz.,dan Mukhlis.2018.Audit Internal: Konsep dan Praktik.Yogyakarta:UGM PRESS



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.