x

Iklan

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Rabu, 4 November 2020 05:46 WIB

Meneropong Pajak Mobil Lamborghini di Indonesia yang Sungguh Hmm...

Lamborghini Gallardo yang memiliki estimasi harga baru Rp 5,5–9,8 miliar pajak per tahunnya total bisa mencapai Rp 550 juta, Apa saja variabel penghitungnya? Ditambah lagi dengan biaya servis yang tak murah, berapa dana total yang disiapkan si pemilik saban tahunnya? Nilainya sungguh fantastis, bro!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beberapa waktu terakhir ini, kita sering mendengar berita ada beberapa mobil mewah seperti Lamborghini yang ditahan polisi akibat tak dilengkapi surat-surat resmi. Beberapa tokoh masyarakat, termasuk artis tersohor di Indonesia, bahkan pernah tersangkut kasus pemakaian plat mobil palsu. Apa penyebabnya?

Ternyata hal tesebut sengaja dilakukan untuk menghindari biaya mobil baru dan pajak tahunan yang nilainya fantastis untuk satu unit Lamborghini. Beban biaya pajak untuk mobil mewah seperti Lamborghini di Indonesia memang tergolong cukup besar tergantung type-nya. Yang paling murah contohnya, Lamborghini Gallardo yang memiliki estimasi harga baru Rp 5,5 – 9,8 miliar.

Untuk biaya mobil baru Lamborghini Gallardo dibebani biaya mobil baru plus pajak tahunan mencapai Rp 550 juta dihitung berdasarkan bea kembali Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) & Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). BBN KB besarnya 10 % dari harga kendaraan off the road. Ditambah lagi dengan biaya lain-lainnya, seperti PKB dan SWSKLLJ, maka untuk satu tahun pengguna bisa mengeluarkan anggaran sebesar Rp 632 jutaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penghitungan ini tentunya bukan sebagai pajak progresif tahunan melainkan asumsi biaya resmi untuk mobil baru.

Itu baru untuk Lamborghini dengan seri paling murah. Sedangkan untuk biaya mobil baru dari Lamborghini Aventador, harga yang harus dibayarkan bisa lebih mahal lagi. Bisa mencapai nilai milyaran rupiah untuk biaya mobil baru ditambah dengan pajak.

Wajib tau! Begini cara cek NPWP online dengan mudah.

Selain pajak, mobil mewah Lamborghini juga memiliki anggaran fantastis untuk biaya perawatan. Dalam satu kali perawatan, Lamborghini Gallardo membutuhkan biaya lebih dari Rp 15 juta. Jika memiliki Lamborghini berarti pengguna harus siap merogoh kocek minimal Rp 200 juta setiap tahun untuk mengurus pajak tahunan dan biaya servis.

Solusinya, demi mengejar tampilan mewah Lamborghini, banyak penyewa mobil mewah di Indonesia menyediakan supercar seperti Lamborghini. Selain bebas pajak, kesan eksklusifpun masih bisa didapatkan oleh peminat mobil mewah Lamborghini yang menginginkan sensasi berkendara mobil premium.

Berapa biaya sewa Lamborghini di Indonesia? Sebenarnya tidak murah juga, karena untuk biaya sewa Lamborghini pengguna harus membayar Rp 600 jutaan yang tersusun dalam beberapa paket.

Ikuti tulisan menarik Nando Rifky lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler