x

Ilustrasi salah satu wisata alam pegunungan yang ada di Jawa Tengah.

Iklan

Harits

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 September 2020

Kamis, 5 November 2020 05:53 WIB

Sawang-sinawang

Tulisan ringkas tentang makna sederhana dari ajaran filosofi Jawa, sawang sinawang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah arti sukses dalam kehidupan? Apakah orang yang hidupnya terlihat enak dan serba ada itu sukses? Sejujurnya aku tidak tahu. Yang pasti, sebagai orang Jawa, aku percaya bahwa hidup itu sawang-sinawang atau pandang-memandang saja.

Belum tentu orang yang hidupnya tampak makmur itu pasti juga bahagia. Kebahagiaan itu ada di hati dan tidak bisa diakali. Hidup sederhana itu lebih mulia daripada nampang dengan barang hutangan atau kreditan.

Aku tidak memiliki mobil untuk bepergian, cukup sepeda motor sebagai teman setia yang menemani aku pergi bekerja dan jalan-jalan di kampung halaman. Hatiku tidak terangsang meniru teman-teman yang 'memaksakan diri' untuk membeli rumah megah dan mobil mewah. Buat apa berpura-pura kaya bila sebenarnya tak punya? Apa gunanya terlihat berada di siang hari, tapi susah tidur memikirkan hutang di malam hari?

Di sepertiga malam ketika aku sendiri menatap rembulan, ketika kebanyakan tetangga mungkin sudah tertidur pulas mendengkur, aku tersenyum puas menikmati udara segar dan ibadah menjelang fajar. Aku sudah melalui sebagian hikmah kehidupan dan merasa bahagia dalam kesederhanaan.

Benarlah apa yang dikatakan almarhum Pak Pram pada zaman dahulu kala.

"Jarang orang mau mengakui, kesederhanaan adalah kekayaan yang terbesar di dunia ini: suatu karunia alam. Dan yang terpenting diatas segala-galanya ialah keberaniannya. Kesederhanaan adalah kejujuran, dan keberanian adalah ketulusan" (Pramoedya Ananta Toer).

Malang, Pandemik Covid-19
@haritsmasduqi

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Harits lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler