x

Iklan

Kelompok 63 KKN DR 75 UIN WS

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 November 2020

Kamis, 5 November 2020 11:32 WIB

Meningkatkan Imunitas di Era New Normal Melalui Pendalaman Spiritualitas

artikel ini akan menjelaskan hubungan antara imun dengan spiritualitas pada diri manusia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Semarang, - Pada saat era new normal, dimana virus Covid-19 masih belum teratasi, penting bagi kita untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terkena berbagai penyakit. Salah satu hal yang bisa kita lakukan yaitu meningkatkan imunitas sebagai upaya langkah pencegahan. Imunitas merupakan salah satu hal terpenting yang ada pada di setiap manusia. Sistem Imunitas memiliki fungsi untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri, virus dan organisme lain. Dalam hal ini berarti sistem imun yang kuat dapat menghasilkan antibody (sejenis protein yang disebut imunoglobulin).

Dalam upaya manusia agar imun kita selalu kuat ada dua aspek yang harus dilakukan yaitu  output dan input. Ouput artinya untuk meningkatkan imun manusia yang dapat dilakukan berbagai cara diantaranya memakan makanan bergizi, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup dan lain sebagainya. Ketika aspek output terpenuhi akan memberikan dampak yang signifikan terhadap sistem kekebalan tubuh anda. Hal ini mungkin tidak terasa asing di telinga anda semua, karena sudah banyak para dokter, ahli gizi yang membahasnya di televisi atau medsos. Akan tetapi berbeda dengan aspek input yang terkadang sering terlupakan. Input artinya penguatan imun yang tertuju pada kejiwaan manusia. Berbicara kejiwaan manusia maka hal yang paling penting diperhatikan adalah pendalaman spiritualitas.

Spiritualitas menurut Aman (2013 : 20), Spiritualitas dalam pengertian luas merupakan hal yang berhubungan dengan spirit, sesuatu yang spiritual memiliki kebenaran abadi yang berhubungan dengan tujuan hidup manusia. Didalamnya terdapat kekuatan supranatural terkait kepercayaan tentang agama. Akan tetapi memiliki penekanan terhadap pengalaman pribadi setiap orang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Spiritual adalah bentuk ekspresi dari kehidupan seseorang yang menurutnya ada sesuatu yang lebih tinggi, lebih kompleks atau  lebih terintegrasi dan lebih bersifat inderawi. Salah satu aspek yang ada di spiritual adalah memiliki arah tujuan hidup, dimana orang tersebut nantinya akan menuju kebijaksanaan  sehingga merasakan kedekatan dengan Tuhan dan alam semesta. Sehingga akan timbul pada diri seseorang dengan meningkatnya kesadaran diri mengenai nilai-nilai ketuhanan akan termanifestasi keluar melalui tingkah laku yang lebih baik, dapat mengatasi permasalahan dengan bijak dsb.

Jadi penguatan imun pada diri setiap manusia  apakah itu output maupun input merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Output yang merupakan penguatan imun dari luar agar metabolisme tubuh tetap stabil dan input yang merupakan penguatan imun dari dalam yang lebih memfokuskan kejiwaan pada diri seseorang. Sehingga dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan seseorang dalam kondisi apapun. Oleh karena itu apabila salah satu aspek tersebut tidak terpenuhi akan memberikan efek kurang maksimal sehingga mempengaruhi tingkah laku atau sistem tubuh pada diri manusia

Penulis :

Mazidan Ahmad Royyan

Prodi Aqidah Filsafat Islam

UIN Walisongo Semarang

Ikuti tulisan menarik Kelompok 63 KKN DR 75 UIN WS lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler