Science Entrepreneurship FMIPA Universitas Negeri Malang Gelar Seminar Nasional Kewirausahaan

Senin, 9 November 2020 06:30 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penulis : Angelina Sevin Salsabila Malang, 8 November 2020

Seminar Nasional Kewirausahaan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Science Entrepreneurship (SE) FMIPA Universitas Negeri Malang. SE merupakan subdivisi dari BEM FMIPA UM yang bergerak di bidang kewirausahaan. Kegiatan ini diikuti 330 mahasiswa Indonesia.

Seminar Nasional Kewirausahaan mengangkat tema ”Get Ready to Be a Creative and Innovative Scientist Entrepreneur on 4.0 Erayang bermakna, untuk mencapai kesuksesan dan dapat bersaing di era industry 4.0 ini, seorang wirasusaha memerlukan jiwa kreatif dan inovatif. Seminar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 07 November 2020. Sehubungan dengan pandemi saat ini yang mengharuskan untuk social distancing, maka Seminar Nasional Kewirausahaan dilaksanakan melalui aplikasi zoom.

Seminar Nasional Kewirausahaan ini bertujuan untuk berbagi dan menambah wawasan tentang ilmu kewirausahaan terutama untuk mahasiswa Indonesia saat ini. Juga untuk menumbuhkan motivasi peserta dalam berwirausaha.

Latar belakang dari seminar ini adalah sebagai sarana untuk menanamkan jiwa wirausaha pada generasi muda, agar dapat mengembangkan kemampuan dan potensi yang ada pada dirinya dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Seminar ini menghadirkan dua pemateri yaitu Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn, ACA selaku Ketua ADGI Malang dan Dosen UM sekaligus Pembina Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Negeri Malang dan Martalinda Basuki, S. A. P selaku Owner Coklat Klasik. 

Seminar Nasional Kewirausahaan diawali oleh MC yaitu Laila Fatimatuz Zahro. Acara kemudian diteruskan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu penyampaian sambutan oleh Riska Nurul Latifah selaku Ketua Pelaksana, dilanjutakan sambutan oleh pak Agung Witjoro, S.Pd., M.Kes selaku Pendamping Science Entrepreneurship Periode 2020, dan terakhir sambutan dari Pak Sentot Kusairi,M.Sc selaku Wakil Dekan III FMIPA UM. Jalannya acara kemudian dipimpin oleh Yuyun Iqmatul selaku moderator. Moderator mempersilahkan pemateri untuk menyampaikan materinya.

Materi pertama disampaikan oleh Martalinda Basuki, S. A. P selaku Owner Coklat Klasik. Kak Linda menyampaikan materi terkait motivasi untuk berwirausaha dan menceritakan perjalanannya dalam merintis usaha. Dalam memulai sebuah bisnis kita harus menentukan terlebih dahulu tujuan kenapa kalian harus menjadi seorang entrepreneur, sehingga nantinya saat terjun dalam dunia usaha kita memiliki mental yang tangguh dan semangat untuk selalu konsisten dalam merintis usaha serta dapat bertahan menghadapi tantangan dalam berwirausaha. Tantangan terbesar dalam berwirausaha adalah menghadapi hal negatif dari dalam diri kita seperti rasa jenuh, capek, sudah cukup dll. Tantangan tersebut hanya dapat dihadapi oleh diri kita sendiri dengan menganalisis diri kita mengapa hal negatif tersebut kita rasakan dan mengingat alasan atau tujuan kenapa kamu terjun dalam dunia usaha.

Dokumentasi SK

Sedangkan pemateri kedua disampaikan oleh Pak Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn, ACA. Pak Andreas menyampaikan materi mengenai kreativitas dan inovasi dalam mental entrepreneur untuk merespon ekonomi kreatif. Karakteristik utama dalam berwirausaha adalah disiplin, mandiri, kerja keras dan bekerja cerdas. Kerja keras diperlukan agar kita dapat mencapai target dalam berwirausaha, sedangkan berkerja cerdas dapat kita lakukan dengan menumbuhkan sikap kreatif dan inovatif dalam berwirausaha. Kreatifitas dalam berwirausaha dapat menambah nilai tambah tehadap suatu barang dan inovasi dalam berwirausaha dapat memudahkan kita dalam menghadapi tantangan dalam pasar.

Dokumentasi SK

Adapun kesan dan pesan dari Riska Nurul Latifah selaku ketua pelaksana untuk seminar ini yaitu “Tentunya saya sangat senang melihat antusias dari para peserta yang mengikuti acara seminar nasional kewirausahaan ini. Setelah mengikuti seminar ini diharapkan para peserta dapat termotivasi untuk berwirausaha dan menjadi wirausahawan yang kreatif dan inovatif serta mengetahui cara berwirausaha yang relevan diterapkan pada era 4.0.”

Beberapa kesan dan pesan dari peserta Seminal Nasional Kewirausahaan antara lain : “Menurut saya webinar ini sangat menginspirasi sekali terutama untuk bisnis pemula, jadi seringlah buat webinar seperti ini” dari Nela Andriyani Universitas Dian Nuswantoro, “Sudah ringkas, tidak membosankan dan ilmu yg dipaparkan bermanfaat terimakasih” dari Dinda Kurnia Hapsanti Udinus Semarang, “Semoga kedepannya acara seperti ini bisa dilaksanakan lagi, karena sangat bermanfaat dan menamabah wawasan untuk menjadi seorang entrepreneur” dari Karman Maulana Universitas negeri Malang.

Setelah mengikuti seminar ini peserta diharapkan dapat termotivasi untuk berwirausaha dan menjadi wirausahawan yang kreatif dan inovatif serta mengetahui cara berwirausaha yang relevan diterapkan pada era 4.0, sehingga mereka dapat memanfaatkan peluang dan menemukan ide untuk mengembangkan potensi mereka menjadi wirausahawan sukses di era 4.0 saat ini. Bagi peserta yang sudah memiliki usaha, diharapkan dapat mengembangkan usahanya.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Novia Dewi Syaifutri

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler