Heboh, Saham Jadi Kado untuk Bayi Berusia 2 Hari; Begini 4 Langkah Mudah Membuatnya - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 10 November 2020 16:24 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Heboh, Saham Jadi Kado untuk Bayi Berusia 2 Hari; Begini 4 Langkah Mudah Membuatnya

    Radit pun mengaku sudah tidak sabar melihat pertumbuhan sahamnya ketika Aksa berusia 17 tahun.

    Dibaca : 1.000 kali

    Publik dihebohkan dengan unggahan video InstaStory Instagram yang dibagikan sutradara sekaligus aktor, Raditya Dika, yang kaget mendapatkan hadiah saham untuk anak keduanya yang baru berusia 2 hari, Aksara Asa Nasution, pada Kamis, 5 November 2020.

    Lahir pada Selasa, 3 November 2020, Aksa mendapat hadiah saham pada Kamis, 5 November 2020 dari Indo Premier Sekuritas berupa 3 lot saham PT Unilever Indonesia, Tbk (UNVR), 1 lot saham PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk (ICBP) dan 1 lot hadiah lagi di sub rekening efeknya.

    "Asli ini lucu banget. Aksa anak gua yang umurnya baru 2 hari dikasih saham. Ini lucu banget kadonya. Terima kasih IPOT, anak gua dikasih saham baru umur 2 hari," ujar Radit.

    Lucunya lagi, kado berupa saham itu dilampiri kata-kata menghibur seperti untuk saham UNVR dikasih keterangan, "karena kami yakin belanja bulanan mamamu akan membengkak",  dan untuk saham ICBP, "karena kami yakin papamu akan banyak makan indomie dalam 40 hari ini". Dan 1 hadiah lagi di sub rekening efek papamu sebelum dinamakan ‘kecoak’ atau nama-nama gaib lainnya.

    Radit pun mengaku sudah tidak sabar melihat pertumbuhan sahamnya ketika Aksa berusia 17 tahun. "Anak gue dapat kado saham dari @indopremier. Asli ga sabar liat pas di umur 17 tahun dapat capital gain berapa," akunya untuk Aksa yang baru berusia 2 hari sudah punya saham bluechip.

    Berkaca dari pengalaman Raditya Dika ini, muncul banyak pertanyaan bagaimana caranya menjadikan saham sebagai kado. Pada dasarnya saham saat ini sudah sangat fleksibel bisa dijadikan alternatif untuk hadiah, kado, mahar kawinan, seserahan, kado wisuda, amal dan baru-baru ini kado untuk bayi yang baru lahir.

    Lalu bagaimana cara membuat kado saham semacam ini? Berikut langkah-langkahnya.

    1. Membuka Rekening Efek di Sekuritas
    Bagi yang belum memiliki rekening efek untuk membeli saham, tentu saja harus memiliki rekening efek terlebih dahulu. Enaknya, saat ini membuka rekening efek sudah sangat mudah karena sudah berbasis aplikasi, semisal melalui aplikasi IPOT besutan Indo Premier Sekuritas. Membuat rekening efek (RDN/RDI) tak butuh waktu lama. Pembukaannya kurang dari 1 jam sudah bisa dilakukan.

    2. Membeli Saham Blue Chip
    Setelah memiliki RDN/RDI, langkah selanjutnya yakni membeli saham blue chip yang akan dijadikan kado. Saham blue chip adalah saham-saham dari perusahaan besar yang memiliki pendapatan stabil dan liabilitas dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, saham dari perusahaan yang sudah terkenal, mapan, bermodal besar, dan sehat secara finansial. So, jangan beli saham-saham yang tidak dikenal dengan baik.

    3. Mencetak atau Mendesain Ulang
    Setelah saham yang akan dijadikan kado terbeli, saatnya screenshoot, print, cetak atau biar bukti pembelian sahamnya bagus dan cantik maka sebaiknya didesain dan dihias sedemikian rupa atau kalau perlu dipigura dan dibungkus dengan kado yang menarik.

    4. Tinggal Pindah Saham
    Setelah dihias sedemikian rupa, kado tersebut tinggal diserahkan pada yang dituju. Tapi tidak berhenti sampai di situ karena sahamnya juga harus dikasihkan ke yang bersangkutan. Kalau yang dituju sudah memiliki RDN/RDI tentu pindah saham bisa dilakukan dengan cepat, namun dalam kasus untuk kado bayi, dimana yang akan dikasih kado saham itu masih bayi maka saham tersebut bisa dititipkan ke orangtuanya dengan cara pindah saham. Nah, begitu anak tersebut sudah gede dan sudah bisa membuka rekening efek (RDN/RDI) maka saham tersebut tinggal dipindah. Tentunya menarik, pertumbuhan saham yang diberikan saat bayi hingga si bayi menjadi dewasa dan memiliki RDN/RDI sendiri.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.