Tips Optimasi SEO untuk Blogger Pemula - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi bekerja dari rumah. (Pixabay/Free-Photo)

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Kamis, 12 November 2020 07:13 WIB

  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • Tips Optimasi SEO untuk Blogger Pemula

    Google telah meningkatkan satu metode algoritme yang dapat memberi rangking untuk web serta content yang dipunyai beberapa blogging. Inilah yang disebutkan dengan SEO (Search Engine Optimization).

    Dibaca : 856 kali

    Di era digital ini, rejeki dapat tiba darimanakah saja. Website atau web individu menjadi kebun pendapatan jika kamu bereskan dengan serius. Dengan pengunjung berjuta-juta, kamu dapat mendapatkan uang dari iklan, endorse, dan lain-lain.

    Namun untuk mengundang juta-an orang supaya berkunjung ke website-mu, tidak cuma content yang baik yang perlu kamu siapkan. Pintu masuk yang gampang diakses. Pintu masuk berikut yang disebutkan dengan SEO.

     

    Pengertian SEO

    Google telah meningkatkan satu metode algoritme yang dapat memberi rangking untuk web serta content yang dipunyai beberapa blogging. Inilah yang disebutkan dengan SEO (Search Engine Optimization). Makin atas rangkingmu, makin memungkinkannya website-mu tampil di halaman penelusuran saat seorang menuliskan keyword.

    Kita tahu entahlah ada seberapa banyak web yang ada di dunia internet. Kemungkinan juta-an, mungkin saja milyaran. Kompetisi berlangsung ketat sekali, sebab saat kamu sedang googling, tentu kamu akan buka web yang tampil di halaman awalnya kan? Jika di halaman awalnya telah oke, kamu tentu berasa tidak perlu lanjut ke halaman 2,3, sampai 10 Google. Walau sebenarnya bisa saja, di halaman-halaman belakang itu, kamu dapat mendapati suatu hal yang lebih bagus.

    Karenanya, walau kontenmu mengagumkan luar biasa, tiada tehnik SEO yang mahir, website-mu akan susah berkembang. Nah buat kamu yang punya niat menseriusi website-mu, kesempatan ini kami akan share beberapa tips SEO simpel untuk pemula seperti kamu.

     

    Berikan Nama dan Caption pada Setiap Gambar Konten

    Gambar di butuhkan untuk mengilustrasikan atau menegaskan isi tulisan. Kecuali untuk mengkomunikasikan content ke pembaca, gambar bisa juga jadi referensi Google saat menyortir info. Tetapi jika kamu mengunggah gambarmu bernama img_23hkkjf_9218.jpeg atau 14792038236239.png pasti gambarmu tidak dapat dibaca oleh mesin pencari.

    Karena itu, janganlah sampai lupa untuk memberi caption pada gambar yang berkaitan dengan isi content yang pengin kamu contohkan. Misalkan, bukannya angka kamu dapat membuat blogger_seo.jpeg. Kecuali mempermudah mesin pencari membaca, lebih lezat dilihat mata.

     

    Perhatikan Kata Kunci

    Judul serta tags ialah hal paling penting dalam satu web. Untuk bikin Google mengenal website-mu, kamu harus memerhatikan benar judul posting yang kamu gunakan serta tags yang kamu berikan. Untuk bikin judul yang memikat, kamu harus tahu dahulu keyword apa sich yang kerap dituliskan orang waktu ada di mesin penelusuran.

    Misalkan "Astrologi", "Hidup sehat", "Berhasil" dan lain-lain. Dengan mengetahu apa yang dicari orang, kamu dapat membuat judul yang menarik, hingga Google akan selekasnya mengarah kepadamu waktu seorang lakukan penelusuran. Kecuali di judul, keyword harus juga kamu simpan pada tags yang umumnya ada dibagian bawah text. Makin inovatif kamu mendapati keyword, makin website-mu ramah dicari.

     

    Perhatikan Panjang URL

    Hal yang penting diingat selanjutnya ialah URL, yakni alamat yang akan mengarah ke web serta postinganmu. URL ini tidak dapat kamu tukar di lain kali, sebab pergantian URL automatis akan membuat alamat baru. Hingga tanggapan, back-link, serta page views alamat yang lama akan lenyap.

    Karenanya, URL harus kamu pikirkan masak-memasak pada awal. URL automatis dapat berupa kalimat panjang tidak tertaba misalnya optimakit.com/pradnya/ddegfrfkrfjrj_26345434890.html. URL semacam ini tidak lezat dilihat mata serta tidak ramah SEO. Supaya website-mu banyak pembacanya, tukar URL dengan masukkan keyword, misalnya: https://optimakit.com/jasa-artikel-4000an/.

    Makin pendek URL yang kamu punyai, makin artikelmu gampang diketemukan. Untuk mengganti URL dapat kamu kerjakan dengan automatis lewat settingan web, atau manual, saat sebelum kamu mempublish content.

     

    Gunakan Domain dan Hosting Sendiri

    Khususnya buat kamu yang serius pengin mengurus website-mu, dalam pengertian kamu pengin memberi suatu hal bukan sebatas jadi diaru digital mengenai yang kamu alami setiap hari, kamu perlu tahu jika untuk raih rangking tinggi di SEO Google kamu harus punyai domain serta hosting sendiri.

    Sudah pasti ini tidak gratis. Harga satu domain premium di WordPress sebesar $9.99/bulan, sesaat di Tumblr domain spesial harga $10-$40/tahun. Dengan mempunyai domain dan nama sendiri dalam web, orang akan menimbangmu selaku situs yang serius serta paling dipercaya.

    Begitupun dengan Google, yang semakin lebih melirik ke domain premium dibanding yang gratis.

     

    Buat Konten yang Menarik

    Namun sisi terpenting satu web teruslah content yang bagus serta memikat. Selaku Search Engine, Google usaha memberi apa yang diperlukan oleh pencarian, yakni situs yang dapat memberi jalan keluar pada permasalahan yang ditemui sang pencarian.

    Dengan pastikan kualitas content dalam web, kamu akan mendapatkan makin banyak pembaca. Jika pembaca mencintai apa content yang kamu beri, mereka akan meng-share website-mu di beberapa sosial media. Dengan ini, makin banyak juga back-link yang kamu punyai.

    Back-link ialah pintu masuk, inbound link yang dapat bawa pembaca ke website-mu. Back-link dapat berawal dari sosial media, atau link dari situs yang lain mengarah pada website-mu. Makin tinggi backlink-mu, makin tinggi juga rangkingmu dalam SEO.

     

    Perbanyak Backlink

    Cara lain untuk tingkatkan back-link kecuali dari rutinitas media sosial dengan tinggalkan tanggapan di web lain. Dengan memberi komentar di situ, sendirinya kamu telah tinggalkan back-link yang dapat dijangkau oleh seseorang. Makin kamu aktif, makin banyak back-link yang kamu punyai.

    Kebalikannya, kamu bisa juga memberikan web lain dalam website-mu selaku sumber serta rujukan selanjutnya. Ini bukanlah bermakna kamu memasang iklan web lain. Tetapi jika kamu melakukan secara benar, menimbang integritas web yang kamu berikan back-link, Google akan meningkatkan rangkingmu. Kecuali back-link pada web lain, kamu bisa juga memberikan back-link untuk artikelmu sendiri, misalkan untuk beberapa konten lama yang telah raib dari halaman pertama.

     

    Tautkan Website-mu Ke Account Media Sosial

    Sekarang ini ialah eranya sosial media. Sebab Google juga jadikan sosial media selaku rujukan apa satu situs paling dipercaya atau mungkin tidak, karena itu kamu harus mempertautkan web ke account sosial media, serta membuat branding yang bagus account medium sosialmu.

    Makin banyak orang meng-share website-mu, makin tinggi juga traffic yang akan kamu peroleh, sebab Google akan makin ‘percaya' kepadamu. Nah, untuk memperoleh sharing itu, kamu harus mempublikasikan tiap content baru yang kamu posting ke account sosial media. Pengikut yang setia akan berperanan besar, sebab berikut branding perlu dikerjakan.

    Jika kamu pemakai basis WordPress, kamu juga bisa manfaatkan SEO socketin misalnya: Yoast WP SEO, All In One SEO Pack, Google XML Sitemap, serta SEO Friendly Images. Tetapi walau telah memakai SEO socketin, beberapa hal di atas tetap harus kamu lihat. Sebab SEO ialah satu proses terus menerus di tiap content dalam web. Tidak dapat cuman ditata pada awal saat kamu membuat web saja.

    Selain untuk mengoptimalkan website-mu sendiri, pengetahuan mengenai SEO ini jadi salah satunya ketrampilan yang diperhitungkan di dunia kerja. Banyak job position yang terkait dengan dunia konten (misalkan konten writer, copy writer atau pengurus kanal), yang menyaratkan kamu paham.kamu mengerti beberapa konten yang ramah SEO.

    Dengan content yang baik, tehnik SEO yang super, kamu dapat menggali kekayaan seperti blogger-blogger populer itu. Nikmat kan, tidak harus tiba ke kantor setiap hari serta berlibur kapan saja , tetapi pendapatan rutin mengucur seperti air di sungai.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.