Mahasiswa KKN UIN Walisongo Berziarah ke Makam Kyai Sholeh Darat pada Momen Hari Pahlawan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Kelompok 63 KKN DR 75 UIN WS

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 November 2020

Senin, 16 November 2020 19:25 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Mahasiswa KKN UIN Walisongo Berziarah ke Makam Kyai Sholeh Darat pada Momen Hari Pahlawan

    ziarah ke makam Kyai Sholeh Darat, Maha guru para Ulama besar Nusantara

    Dibaca : 492 kali

    Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November Tahun 2020, tiga Mahasiswa UIN Walisongo semarang yang sedang KKN, Nurrul Iman, Nur Rohman dan Fuad Hidayat berziarah ke Makam Muhammad Shalih ibn Umar as-Samarani atau yang lebih masyhur berjulukan Kyai Sholeh Darat, Jumat,  13/11, dini hari.

     

    Fuad sebagai salah satu mahasiswa KKN mengatakan, mereka melakukan ziarah ke makam Kyai Sholeh Darat itu termasuk rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Sebelumnya mereka juga telah berzairah ke Taman Makam Pahlawan Kota Semarang bersama mahasiswa KKN yang lain.

     

    Mas Fuad menjelaskan Kyai Sholeh Darat merupakan tokoh yang berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Belau adalah guru dari beberapa ulama dan tokoh Nusantara, diantaranya, adalah KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Ahmad Dahlan. R.A Kartini,  tokoh emansipasi wanita pun, pernah berguru kepada Kyai Sholeh Darat. Kyai Sholeh Darat digelari maha guru dari ulama-ulama Nusantara.

     

    Sejumlah rombongan dari berbagai daerah juga berziarah di makam Kyai sholeh darat. Dan kebetulan malam itu bertempatan dengan malam Jumat, jadi para peziarah harus bergantian untuk duduk didekat pusara Kyai Sholeh Darat.

    "Setiap malam jumat memang biasanya berbeda dengan waktu yang lain, para peziarah lebih banyak dan biasanya mereka datang secara berkelompok. apalagi ini masih dalam suasana Har Pahlawan, peziarah yang datang lebih banyak," ujar Mas Ali yang bertugas sebagai juru parkir di Makam Kyai Sholeh Darat.

     

    "Saat ziarah Makam Kyai Sholeh Darat tersebut, Saya beserta dua teman saya memberi penghormatan dan menabur bunga di atas makam serta mengirimkan doa untuk para Ulama yang berperan dalam Kemerdekaan Negara Indonesia," ujar Mas Fuad.

     

    Selain itu, melalui peringatan hari pahlawan di tengah suasana Covid-19 ini, Mas Fuad dan dua temannya itu turut berdoa agar pandemi ini segera berakhir dan masyarakat bisa beraktifitas seperti biasanya lagi.

    Penulis: Nurul Iman



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.