x

Persiapan untuk membuat website

Iklan

Alexandromeo L.G

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 November 2020

Senin, 23 November 2020 09:50 WIB

Langkah yang Perlu Dilakukan untuk Memiliki Website

Untuk dapat membuat website yang baik dan menarik perhatian pengunjung, Anda perlu mempersiapkan 4 hal tersebut. Apa saja? Simak artikel ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seiring berjalannya waktu, teknologi mulai berkembang. Awalnya, orang-orang berjualan hanya menggunakan toko fisik. Namun, sekarang mereka mulai beralih menggunakan website, seperti toko online. 

Saat ini, memiliki website memang sangat penting. Dengan adanya website, maka Anda menjual produk Anda dan dilihat oleh seluruh orang di dunia ini. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjadi terkenal hanya dengan memiliki website.

Persiapan untuk Memiliki Website

Nah, lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk dapat memiliki website yang dapat menjangkau masyarakat?

1. Web Hosting dan Domain

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk dapat memiliki website yang bisa diakses oleh orang lain, Anda harus punya web hosting dan domain terlebih dahulu. Seperti yang Anda tahu, web hosting adalah sebuah tempat untuk menampung data website Anda. Tanpa adanya web hosting, data website Anda tidak dapat disimpan dan dionlinekan.

Sedangkan domain adalah sebuah alamat yang nantinya ketika diakses akan mengarah ke halaman website Anda. Domain inilah yang mencerminkan brand website Anda. Pastikan untuk memilih domain atau alamat yang mudah diingat oleh pengunjung web Anda.

2. SEO

SEO adalah sebuah teknik untuk membuat website dapat mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. SEO merupakan ilmu yang harus Anda kuasai jika ingin website Anda mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari.

Banyak sekali orang yang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi ataupun membeli produk. Jika website Anda muncul pada peringkat tertinggi, tentunya pengunjung akan berdatangan mengunjungi web Anda.

Tenang, belajar SEO itu tidak susah. Anda dapat melakukannya sendiri tanpa perlu ikut kursus berbayar. Hanya dengan mempelajarinya melalui internet, Anda sudah dapat menerapkan SEO untuk website Anda.

3. HTML & CSS Dasar

Untuk dapat memiliki website dengan desain yang menarik dan sesuai keinginan, sangat disarankan untuk belajar HTML dan CSS dasar. HTML dan CSS adalah sebuah bahasa markup pada website.

HTML dan CSS berfungsi untuk membuat tampilan website menjadi lebih cantik. Dengan menguasai kedua bahasa tersebut, Anda dapat mengatur tata letak website Anda sesuai yang Anda inginkan.

Namun, jika Anda tidak menguasai HTML dan CSS juga tidak masalah. Saat ini, sudah banyak template website yang tersedia untuk komersial. Anda bisa menggunakannya untuk membangun website kesayangan Anda.

4. Kemampuan Menulis

Sangat disarankan bagi Anda untuk memiliki keahlian menulis yang baik. Pasalnya, sebagian besar website menggunakan blog untuk mendapatkan pengunjung. Itulah sebabnya Anda perlu tahu bagaimana cara membuat artikel yang baik.

Saat ini, blog merupakan salah satu strategi terbaik untuk mendatangkan pengunjung. Itu karena artikel dalam blog lebih mudah untuk muncul di halaman mesin pencari jika dibandingkan dengan halaman lain, seperti halaman produk.

Maka dari itu, walaupun website Anda berupa toko online, sebaiknya Anda juga memiliki blog untuk membantu memperkenalkan produk yang Anda jual kepada pengunjung. 

Kesimpulan

Memiliki website sangatlah mudah. Anda tidak harus menjadi ahli di bidang teknis untuk dapat membuat website. Kami telah menjelaskan beberapa persiapan di atas.

Skill seperti SEO, HTML, maupun menulis sangatlah mudah untuk dipelajari. Saat ini, ada banyak sekali panduan terkait ilmu tersebut di internet. Artinya, Anda bisa mempelajari dengan gratis dan cepat.

Berbekal persiapan di atas, Anda dapat memiliki website yang bisa mendatangkan penghasilan pasif untuk Anda. Tunggu apa lagi? Segera miliki persiapan di atas!

Ikuti tulisan menarik Alexandromeo L.G lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler