x

Iklan

Riki Sualah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Juli 2020

Kamis, 26 November 2020 08:16 WIB

Pabrik Hidrometalurgi Nikel Pertama di Indonesia Akan Segera Dibangun di Morowali

Tahun demi tahun, Indonesia mulai meratakan pembangunan daerah dengan baik. Salah satunya adalah kabar terbaru dari Pulau Sulawesi. Datangnya dari kawasan industri Morowali. 

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahun demi tahun Indonesia mulai meratakan pembangunan daerah dengan baik. Salah satunya adalah kabar terbaru dari Pulau Sulawesi. Datangnya dari kawasan industri Morowali. 

Setelah menduduki posisi teratas penghasil produk nikel terbesar di Indonesia. PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang berada di Morowali, Sulawesi Tengah akan memiliki terobosan terbaru. 

Kawasan industri PT IMIP akan segera membangun pabrik hidrometalurgi nikel. Pabrik ini nantinya berfungsi untuk mengolah bijih nikel kadar rendah tipe limonit menjadi bahan baku baterai lithium. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika pabrik hidrometalurgi nikel ini telah beroperasi, nantinya akan menjadi new milestone atau tonggak baru sebagai pabrik pertama di Indonesia bagi pengolahan dan pemurnian dengan teknologi hidrometalurgi. 

Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan upaya untuk menyiapkan tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang menguasai serta dapat mampu mengoperasikan teknologi hidrometalurgi. 

Apabila keperluan ini terpenuhi, maka keberadaan industri tersebut akan dapat memberikan manfaat lebih. Mulai dari manfaat ekonomi secara daerah maupun nasional, serta terbukanya lapangan kerja karena dibutuhkan tenaga-tenaga terampil dari dalam negeri.

Dalam pemenuhan tenaga terampil yang dikhususkan bagi anak bangsa, PT IMIP bekerjasama dengan Politeknik Industri Logam Morowali (PILM). Keduanya akan membangun fasilitas laboratorium hidrometalurgi (mini plant) yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam rangka memenuhi kebutuhan ke depan yang berkaitan dengan pembangunan dan pengoperasian pabrik hidrometalurgi di kawasan industri PT IMIP. 

Ikuti tulisan menarik Riki Sualah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu