x

Iklan

Ivana Sebastian

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 November 2020

Sabtu, 28 November 2020 07:07 WIB

20 Detik Berharga, Cuci Tangan agar Tak Terjangkit Covid


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siapa yang tak mengenalnya. Si kecil, tak kasat mata dan berbahaya, ia adalah virus corona. Virus viral yang beberapa bulan terakhir menjadi sorot yang mengerikan di seluruh dunia. Virus yang mengganggu manusia terutama dalam hal kesehatan, ekonomi, pendidikan dan sektor lainnya. Tak pandang usia, jenis kelamin bahkan status ekonomi virus ini menyerang dan menjautuhkan banyak korban. Banyak rumah sakit yang penuh akibat sebagian pasien nya merupakan pasien dengan gejala terjangkit covid-19.

Bahkan, karena terlalu mengerikan pasien yang meninggal dunia langsung di makamkan tanpa disinggahkan terlebih dahulu dirumah mereka. Tak sedikit pula masyarakat yang menjauhi keluarga atau pasien yang terkena covid-19. Masyarakat begitu takut terjangkit virus berbahaya ini. Walaupun takut, banyak yang masih tidak perduli akan kesehatan dirinya dan orang lain. Mereka tidak mematuhi protocol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Imbauan 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak merupakan anjuran yang sangat ditekankan pemerintah dalam gebrakan meminimalisir dan mencegah terjangkitnya virus corona. Dilihat dari hari per hari jumlah pasien corona terus saja meningkat. Padahal segala upaya telah dilakukan pemerintah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagian masyarakat mengerti tentang pentingnya menjaga protocol kesehatan, sebagian lainnya abai tanpa tahu resiko yang mereka dan orang lain dapatkan. Dari langkah 3M tersebut, masih banyak yang belum mengerti tentang mencuci tangan. Banyak yang mengira bahwa mencuci tangan hanyalah menggunakan air saja, padahal keefektifan mencuci tangan adalah menggunakan air mengalir dan sabun.  Minimal 20 detik.

Ya, waktu mencuci tangan minimal adalah 20 detik. Bagaimana bisa mencuci tangan menggunakan sabun sangat penting ? Yuk, simak keunggulan dan manfaatnya :
• Sabun dapat membunuh kuman-kuman penyakit yang mudah ditularkan lewat perantara tangan. Meskipun tangan kita terlihat bersih, bukan berarti bahwa tangan kita bersih dari kuman atau bakteri. Maka dari itu, sabun dapat dijadikan sebagai tameng dalam menyebaran kuman penyakit
• Sabun diketahui lebih efektif daripada hand sanitizer karena sabun akan mengeluarkan sel-sel virus dan membilas dengan air akan menghilangkan atau melepaskan seutuhnya. Sedangkan hand sanitizer selain mengandung alcohol juga kurang efektif dalam meluruhkan kotoran hingga minyak ditangan
• Sabun akan membersihkan tangan kita. Maka dari itu mencuci tangan menggunakan sabun dapat mencegah resiko tertular flu, demam bahkan covid-19 sampai 50%
• Mencuci tangan menggunakan sabun juga sebagai pengendalian infeksi virus covid-19. Meskipun kita berada di dalam rumah dan hanya bersama keluarga, mencuci tangan pakai sabun harus tetap dilakukan sebagai bentuk pencegahan dan penularan covid-19. Karena hal tersebut masih sangan efektif dilakukan apalagi di dalam rumah.

Banyak orang yang mengeluh akibat pandemi Covid-19. Kegiatan atau rencana yang tadinya telah disusun secara matang, banyak yang harus tertunda karena adanya corona. Tidak diperbolehkannya suatu kegiatan yang mengumpulkan banyak orang karena disinyalir dapat menjadi perantara penyebaran virus corona. Semua masyarakat tanpa terkecuali menginginkan pandemic ini segera selesai.

Tetapi bagaimana jika kita masih abai? Kita sering kali tidak menerapkan protocol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Berbagai alas an dikeluarkan, ada yang pura-pura lupa, tidak tahu bahkan ada yang menganggap protocol kesehatan sebuah hal yang ribet. Sebelum menyesal dan menggugurkan banyak korban jiwa, alangkah baiknya kita bersama-sama menjaga serta menerapkan protocol kesehatan terutama tentang cuci tangan pakai sabun.

Minimal 20 detik menjadi waktu emas bagi kita untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Kita tidak pernah tahu benda yang kita sentuh apakah disentuh orang lain atau tidak, kita tidak pernah tahu orang lain yang menyentuh benda itu membawa virus atau tidak, karena memang virus ini tidak tampak mata. Mencuci tangan menggunakan sabun dapat meminimalisir penyebaran bakteri serta virus yang menempel di tangan kita. Seandainya tangan menyentuh mulut, hidung ataupun telinga tanpa kita sadari, bagaimana jadinya jika kita tidak mencuci tangan ? apalagi saat ini rentan sekali virus berada dimana-mana.

Sayangi dan lindungi keluarga, kerabat dan orang-orang disekitar anda. Jangan panik ! sebarkan dan kampanyekan pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun. Sekali saja kita menginformasikan hal tersebut, sama saja kita menyelamatkan puluhan ribu bahkan jutaan jiwa. Mau pandemi covid-19 cepat usai ? Yuk, sama-sama mematuhi protocol kesehatan dan yang paling penting mencuci tangan menggunakan sabun.
Salam sehat dan semangat !

Ikuti tulisan menarik Ivana Sebastian lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler