11 Tip Belajar Daring agar Tidak Membosankan - Analisa - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi siswa belajar di rumah. Foto: Tulus Wijanarko

ميلاتي صافي كانيا ديوي

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 September 2020

Senin, 30 November 2020 05:50 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • 11 Tip Belajar Daring agar Tidak Membosankan

    Sudah bulan ke delapan pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Selama itu pula para pelajar dan mahasiswa mesti belajar serba online alias daring (dalam jaringan). Mengerjakan tugas, presentasi, ujian, semuanya dilakukan secara virtual. Sinyal internet kurang bagus dan suasana belajar yang membosankan menjadi tantangan tersendiri. Berikut beberapa tip belajar daring agar tidak membosankan:

    Dibaca : 912 kali

    Sudah bulan ke delapan pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Selama waktu ini juga kita dituntut untuk belajar serba online. Mengerjakan tugas, presentasi, ujian, semuanya dilakukan secara virtual. Penjelasan guru yang bisa disimak dibalik layar laptop, sinyal internet yang kurang bagus, dan suasana belajar yang kurang nyaman, menjadi tantangan sendiri selama proses belajar online

    Berikut beberapa tip belajar daring agar tidak membosankan:

    1. Carilah tempat yang nyaman, kondusif, jauh dari keramaian

    Tempat yang nyaman jauh dari kebisingan sangat berpengaruh terhadap konsentrasi seseorang. Maka hindarilah tempat keramaian, tempat bermain anak-anak, atau dekat jalan raya.

    2. Siapkan air minum dan permen saat belajar 

    Jika sudah menguap dan tubuh merasa lelah, maka minum air putih dan mengemut permen, agar bisa menciptakan suasana baru lagi saat belajar

    3. Olahraga sebentar

    Saat pergantian mata pelajaran, biasanya murid menunggu beberapa saat. Maka manfaatkanlah waktu senggang ini dengan olahraga sebentar, merenggangkan otot-otot, dan mencari relaksasi.

    4. Fokus terhadap materi yang disampaikan

    Duduklah yang tegak, tidak sempoyongan, fokuskan mata dan fikiran terhadap materi yang disampaikan guru. Jangan menghayal, halusinasi, dan semacamnya.

    5. Mencoba memahami

    Berusahalah untuk mencoba memahami materi yang disampaikan, hadirkan fikiran, hati,dan ruh.

    6. Berdoa meminta kefahaman dan menjaga adab

    Jangan lupa, bahwa ilmu adalah pemberian dari Tuhan. Jika hidup hanya mengandalkan otak saja , maka anda sudah sombong. Kita harus merasa fakir akan ilmu, miskin akan pengetahuan, dan butuh pertolongan dari Tuhan. Maka mintalah doa agar Tuhan memberikan pemahaman yang cepat, dan berusahalah untuk menjaga adab. Belajar dengan posisi duduk, tidak rebahan, tidak mengobrol, apalagi bermain-main.

    7. Atur waktu serapih mungkin, dan motivasilah diri sendiri dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari dan target belajar.


    8. Tanyakan materi yang tidak mengerti kepada guru bidang studi

    Jangan sungkan untuk bertanya! Tanyakanlah apa yang benar-benar anda tidak fahami

    9. Diskusikan pelajaran dengan teman, agar materi yang anda terima tidaklah salah.

    10. Siapkan kuota internet yang cukup untuk digunakan belajar secara daring

    11. Ulangi materi dengan menonton rekaman guru, atau mencari sumber-sumber lain. Seperti Youtube, dan sebagainya untuk menambah pemahaman murid.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.