Webinar Penutupan Dies Natalis UEU: Melatih Mindset Agar Tetap Berprestasi dan Berkarya di Tengah Pandemi

Minggu, 6 Desember 2020 13:02 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi yang saat ini terjadi membuat berbagai kalangan dan bidang terkena imbasnya hal ini dikarenakan sejumlah kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka mulai dibatasi bahkan dihentikan guna menangkal penyebaran Covid-19. Hal ini membuat masyarakat terutama anak muda, mempunyai waktu luang yang sangat banyak selama pembatasan sosial berskala besar dilakukan, acapkali anak muda tidak memanfaatkan waktu luang tersebut dengan hal-hal yang produktif dengaan alasan Mager (Males Gerak).




Esaunggul.ac.id, Pandemi yang saat ini terjadi membuat berbagai kalangan dan bidang terkena imbasnya hal ini dikarenakan sejumlah kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka mulai dibatasi bahkan dihentikan guna menangkal penyebaran Covid-19. Hal ini membuat masyarakat terutama anak muda, mempunyai waktu luang yang sangat banyak selama pembatasan sosial berskala besar dilakukan, acapkali anak muda tidak memanfaatkan waktu luang tersebut dengan hal-hal yang produktif dengaan alasan Mager (Males Gerak).

Untuk membahas hal tersebut, Universitas Esa Unggul menggelar Webinar bertajuk "Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi" yang digelar secara virtual, November 2020. Pembicara dalam Webinar kali ini ialah Konsultan Motivator sekaligus Profesional Public Speaker, Clint Tetelepta.

Dalam pemaparanya, Client mengatakan situasi saat ini yang mengharuskan masyarakat terutama anak muda dibatasi kegiatannya secara sosial, semua kegiatan pun dilakukan dirumah dan dikerjakan dalam kelompok kecil . Hal ini memunculkan mindset anak muda yang mageran dan rebahan, tidak melakukan hal-hal produktif dengan alasan terbatasnya ruang lingkup kegiatan.

"Pandemi ini bukalah sebuah alasan bagi kalian yah, anak muda, terutama adek-adek SMA untuk terus produktif, hal utama yang dapat kalian ubah ialah melatih mindset kalian yang malas untuk bergerak, saya yakin kalian memiliki sejuta bahkan ratusan miliar ide yang dihasilkan dari pikiran, karena sumber dari semua perubahan adalah pikiran," tuturnya.

Salah satu cara untuk mengatur mindset kita ialah, mengindentifikasi mindset apa yang mendominasi di pikiran kita. Ken meneruskan, ada dua Mindset yang dominan pada anak muda yakni Fixed Mindset dan Growth Mindset.

"Fixed Mindset biasanya dimiliki oleh anak muda yang susah utuk berubah ciri-ciri dari orang yang memiliki mindset ini ialah menolak kepada tantangan, gampang menyerah, menganggap segala usaha yang dilakukan hanyalah buang-buang waktu, menolak kritik dan mudah merasa terancam kepada kesuksesan orang lain," ujarnya.

Sementara itu , Growth Mindset biasanya dimiliki oleh anak muda yang memiliki visi dan misi kedepan, umunya di masa depan anak-anak ini merupakan penggerak di masa yang akan datang. Ciri-ciri dari orang-orang yang memiliki Gowth Mindset ialah Menyukai tantangan, tetap berpikir jernih dan positif meskipun keadaan sangat sulit, segala usaha yang dilakukan menjadi bahan pengalaman, menerima kritik, dan menjadikan kesuksesan orang lain sebagai pelajaran.

"Jadi semua itu tergantung usaha kalian diri kalian, bukan dari pihak eksternal atau fasilitas apa yang kalian miliki, tapi mindsetlah yang membuat diri kalian produktif dan selalu berkarya meskipun keadaan terburuk terjadi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Marketing Universitas Esa Unggul, Kepala Biro Pemasaran Kebon Jeruk: Cicilia Sriliasta Bangun, ST., MT. mengatakan Webinar ini digelar oleh Universitas Esa Unggul untuk memberikan semacam suntikan moril dan mental terhadap mahasiswa baru dan anak-anak SMA di seluruh Indonesia untuk terus produktif dan berkarya di berbagai situasi.

"Webinar ini menjadi penutup dari Dies Natalis UEU, Momentum ini menjadi puncak dari serangkaian kegiatan dari dies Natalis Universitas Esa Unggul untuk mengajak anak muda Indonesia untuk terus berperstasi dan berkarya di tengah pandemi," tutupnya.

Selain acara Webinar "berprestasi di tengah pandemi, dalam acara Dies Natalis Universitas Esa Unggul juga digelar serangkaian perlombaan seru yang diikuti oleh para siswa SMA dari seluruh wilayah di Indonesia. Perlombaan ini diantaranya Lomba Video Pendek, Lomba Desain Poster dan Lomba Cerdas Cermat.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler