Ternyata Bisa, Begini Cara Mengubah Video Biasa Menjadi Slow Motion - Urban - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Kamis, 10 Desember 2020 11:08 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Ternyata Bisa, Begini Cara Mengubah Video Biasa Menjadi Slow Motion

    Smartphone Anda tidak bisa merekam video slow motion? Tenang saja, Anda bisa mengubah video biasa Anda menjadi video slow motion dengan cara berikut ini.

    Dibaca : 3.977 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Slow motion adalah efek perekaman video yang membuat waktu tampak seolah-olah melambat. Efek ini seringkali digunakan dalam pembuatan film modern untuk menunjukan sesuatu atau memberikan efek tertentu tergantung keinginan si pembuat film. Hal yang seringkali dijadikan bahan slow motion adalah pertunjukan sebuah skill, momen tertentu di permainan olahraga, dan fenomena alam.

     

    Efek slow motion ini umumnya bisa didapatkan dengan melakukan perekaman menggunakan high speed camera, yakni kamera yang bisa melakukan perekaman dengan frame per second yang lebih cepat daripada kamera normal. Kamera ini memiliki frame per second yang berbeda, ada yang 1000fps ada yang 1500fps, bahkan ada yang hingga puluhan ribu frame per second sementara kamera normal biasanya hanya sampai 120 fps dan fps yang biasa digunakan dalam perfilman adalah 24fps.

     

    Apa artinya fps dalam high speed camera

    Singkatnya semakin tinggi frame per second maka hasil perekamannya bisa terasa semakin lambat karena sanggup menampilkan banyak sekali frame dalam satu detik, dengan semakin lambat suatu kamera maka kamera tersebut akan sanggup menangkap detail yang tidak bisa dilakukan oleh kamera lain.

     

    High speed camera harganya cukup mahal, semakin tinggi frame per second-nya maka semakin mahal pula harganya. Sekarang smartphone mulai dilengkapi dengan kamera high speed yang memungkinkan penggunanya merekam video slow motion, namun sayangnya karena faktor harga alhasil kamera high speed hanya ada di smartphone mid-end dan high-end saja.

     

    Lalu bagaimana jika smartphone low-end yang tidak memiliki kamera high speed ingin membuat video slow motion? Apakah bisa?

     

    Jawabannya adalah bisa, smartphone yang tidak memiliki kamera high speed masih bisa membuat video slow motion dengan bantuan aplikasi edit video slow motion Android.

     

    Cara Mengubah Video Biasa Menjadi Slow Motion

    Seperti yang saya katakan tadi, kita bisa nengubah video biasa menjadi slow motion menggunakan aplikasi edit video slow motion, aplikasi edit video slow motion sendiri ada banyak, tapi pada kali ini saya akan menggunakan aplikasi Slow Motion Video FX.

     

    Langkah-langkah :

    1. Buka aplikasi PlayStore yang ada di smartphone Android Anda
    2. Cari aplikasi Slow Motion Video FX, jika sudah ketemu langsung saja download aplikasinya dan tunggu hingga proses download serta install selesai
    3. Jika sudah, buka aplikasi Slow Motion Video FX yang sudah Anda download dan install tadi
    4. Selanjutnya pilih video yang ingin Anda jadikan video slow motion
    5. Atur kecepatan videonya sesuai keinginan Anda
    6. Simpan video yang sudah diedit
    7. Selesai

     

    Itulah dia bagaimana cara menambahkan efek slow motion pada video biasa di Android. Meski efek slow motion yang didapatkan merupakan hasil akal-akalan software (aplikasi) dan bukan dari kemampuan kamera untuk merekam banyak frame dalam satu detik, tapi cara ini bisa dibilang lumayan worth it bagi Anda yang ingin mencoba membuat video slow motion tapi tidak punya smartphone mahal seperti iPhone atau smartphone Android mid-end atau high-end.

     

    Penutup

    Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai bagaimana cara mengubah video biasa menjadi slow motion dengan bantuan aplikasi bagi smartphone low-end yang tidak memiliki high speed camera di dalamnya.

     

    Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi Anda, sekian dan sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya.

    Ikuti tulisan menarik Anas Muzaki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 494 kali