x

Iklan

AISYAH FIRANDA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Desember 2020

Selasa, 15 Desember 2020 07:18 WIB

Penerapan Gaya Hidup Sehat Sesuai Protokol Kesehatan Dimanapun dan Kapanpun

Penerapan gaya hidup sehat tak hanya dilakukan dan di pahami oleh orang dewasa dan remaja saja tetapi anak-anak pun turut mengikutinya. Dengan dasar itu kami Kelompok PMM 73 Gel 12 Universitas Muhammadiyah Malang mengedukasi kepada anak-anak tentang penerapan gaya hidup sehat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada kegiatan PMM (Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, kelompok PMM 73 gelombang 12 mengadakan kegiatan yang bertujuan mengajak para peserta didik agar lebih waspada dan selalu menerapkan gaya hidup sehat dalam kondisi apapun. Kelompok PMM 73 juga mengajarkan penerapan gaya hidup sehat bukan hanya ketika sedang berada dalam pandemi Covid-19, tetapi dalam setiap kondisi harus senantiasa menerapkan gaya hidup sehat.

Dalam memberikan edukasi terkait yang sehat kepada peserta didik, antusiasme peserta didik sangatlah bagus, mereka sangat bersemangat dan setuju dengan kegiatan tersebut, karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang bertujuan untuk antisipasi atau perlindungan diri dari adanya virus-virus yang dapat membahayakan tubuh .

Tubuh dengan sistem imun yang sehat akan menjadikan tubuh lebih kuat dalam mengahadapi virus, upaya-upaya yang diberikan oleh mahasiswa universitas Muhammadiyah Malang, kepada para peserta didik yaitu, untuk selalu membawa hand sanitizer dimanapun dan kapanpun. Karena seseorang tidak dapat memastikan tempat atau sesuatu yang dipegang sudah pasti bersih tanpa kuman, maka perlu selalu membawa hand sanitizer agar terhindar dari kuman-kuman.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disamping itu para mahasiswa juga memberikan handsanitizer dengan wadah botol kecil sehingga akan nyaman untuk dibawa kemana saja. Yang kedua yaitu dengan memberikan masker kepada para peserta didik serta memberikan edukasi bahwa masker itu penting untuk melindungi diri dari virus yang berkembang melalui udara selain masker, mahasiswa PMM juga memberikan pelindung wajah,

Tata cara cuci tangan yang sesuai dengan protokol covid 19 yaitu;

  • Yang pertama yaitu dengan membasahi tangan dan menuangkan atau mengoleskan sabun ke telapak tangan.
  • Yang kedua, tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan produk sabun yang telah dituangkan.
  • Yang kegita, letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk Agak.
  • Yang ke empat, letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling yang saling terkait.
  • Yang ke lima, tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari.
  • Yang ke enam, gosok ibu jari kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya.
  • Yang ke tujuh, gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan Agak.
  • Serta langkah terakhir yaitu bilas dan keringkan. Maka setelah kering, tangan Anda sudah aman dari bakteri dan kotoran

Ketika dilaksanakan kegiatan tersebut, peserta didik mulai mencuci tangan dengan baris memanjang untuk menerapkan protokol covid19 dimana setiap orang harus senantiasa berjaga jarak. Tujuan utama dari pelaksanaan ini yaitu karena pada saat ini banyak anak-anak yang tidak paham mengenai bagaimana menjaga tubuh agar terhindar dari virus, sebagai bukti, masih banyak diketahui anak-anak yang bermain diluar rumah dengan tidak menerapkan protokol, maka tim PMM 73 ini ajakan anak-anak untuk senantiasa menjaga diri dari virus, dari anak-anak tim PMM 73 berharap bahwa mereka (peserta didik) dapat menyalurkan informasi yang telah disampaikan. Hal ini akan mengurangi angka yang ada dan penyebarannya juga bisa berkurang

Penting bagi setiap individu untuk menjaga diri sendiri, karena sebelum meperhatikan orang lain, seseorang juga harus mengerti bagaimana keadaan dirinya sendiri. Covid 19 ini merupakan virus yang dapat menular dari percikan cairan batuk yang terkena Covid, sementara setiap orang bahkan tidak dapat menilai apakah orang tersebut terkena Covid ataukah tidak karena gejalanya yang hampir mirip dengan flu sehingga akan susah dibedakan hanya dilihat, maka perlu bagi tiap orang yang sakit untuk senantiasa langsung ke rumah sakit kondisinya lebih jelas. Dari kasus tersebut maka sangat penting bagi seseorang untuk menggunakan masker dan pelindung wajah agar dapat terhindar dari virus yang berupa perkikan ludah orang terinfeksi.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau disingkat PMM merupakan suatu kegiatan penganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang berada di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Agustin Dwi Haryanti., SE., M.SA., Ak., CA.

 

Ikuti tulisan menarik AISYAH FIRANDA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu