x

Iklan

Puji Handoko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 November 2020

Kamis, 17 Desember 2020 15:41 WIB

Berkah Dana Bantuan Pertamina untuk Pengusaha Kecil di Seluruh Indonesia  

Dua contoh pelaku UMKM itu adalah saksi hidup terhadap hal baik yang telah mereka dapatkan dari Pertamina. Memang di antara mereka tidak ada hubungan apapun dengan perusahaan negara itu. Satu-satunya yang menautkan kedua belah pihak adalah mereka hidup dalam ikatan kebangsaan yang sama. Menjadi bagian dari negara Indonesia yang telah diperjuangkan dengan segenap jiwa dan raga.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Ada banyak contoh upaya baik untuk mendorong pengusaha kecil agar berubah lebih baik. Mereka adalah orang-orang yang selama ini ada di bawah dan mengharapkan adanya uluran tangan. Sebab jika hanya mengandalkan tangan dan kaki mereka saja, itu tidak cukup sebagai bekal untuk maju. Permodalan yang kecil, pengetahuan yang terbatas dan jangkauan yang pendek, membuat segenap langkah pengusaha kecil itu terpasung.

Dalam hal ini Pertamina bisa dijadikan teladan. Memang ada banyak perusahaan lain yang juga peduli UMKM, tapi beberapa hal yang membedakan Pertamina dengan yang lain di antaranya adalah soal konsistensi, bimbingan menyeluruh dan jumlah bantuan yang besar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengenai konsistensi bisa dilihat dari upaya yang telah dilakukan Pertamina sejak 1993. Kehadirannya untuk mengulurkan tangan pada pelaku UMKM sudah dilakukan sejak lama dan terus berjalan sampai sekarang. Itu artinya, yang dilakukan oleh Pertamina bukan seremonial belaka. Misalnya sekadar berbuat baik agar tampil di depan media. Tapi yang dilakukan itu merupakan usaha tulus untuk ikut mengangkat pengusaha kecil di seluruh Indonesia agar naik ke permukaan.

Bimbingan menyeluruh bisa dipahami dalam tahapan pembinaan yang dilakukan oleh Pertamina. Setiap calon pengusaha yang bergabung menjadi mitra diberikan pengetahuan bertahap, kemudian didorong untuk naik kelas. Mereka tidak hanya bisa mewujudkan usaha, tapi mampu menjual hasil usahanya hingga ke mancanegara.

Sementara mengenai besarnya jumlah bantuan bisa dilihat dari total nominal yang telah diberikan. Total akumulasi dana yang disalurkan sejak 1993 sampai November 2020 mencapai Rp3,5 triliun. Dana itu telah disalurkan pada lebih dari 64.000 pengusaha kecil yang menjadi mitra binaan Pertamina.

“Program Kemitraan yang dijalankan Pertamina, tidak hanya sekadar menyalurkan pinjaman modal usaha, tetapi juga melakukan pendampingan, evaluasi dan berbagai pelatihan. Muaranya adalah agar pelaku usaha bisa mandiri, bertumbuh dan usaha yang dijalankan berkelanjutan,” ujar Vice President CSR SMEPP Management Pertamina, Arya Dwi Paramita, sebagaimana dikutip Kontan.co.id, Rabu 16 Desember 2020.

Langkah yang dilakukan Pertamina adalah melalui pembinaan dan mempertemukan mitra binaan itu dengan ekosistemnya. Ketika mereka sudah benar-benar lepas, mereka bisa mandiri dan terus bertumbuh semakin besar. Ini seperti memberikan kail pada seseorang, bukan hanya ikannya. Bahkan lebih jauh, Pertamina ibaratnya juga telah menyediakan kolamnya, yaitu ekosistem usaha.

Tanggung jawab yang dijalankan Pertamina dalam Program Kemitraan dilakukan melalui beberapa tahapan. Dimulai dari pemetaan potensi, untuk menentukan jenis usaha yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Kemudian pengembangan potensi dan memberikan permodalan pada mereka.

Dalam proses pembinaan itu, ada tiga hal penting yang menjadi perhatian Pertamina dalam pemberdayaan UMKM. Pertama, memastikan perbaikan berkelanjutan menjadi semangat berwirausaha para UMKM. Kedua, memperluas kolaborasi kepada pihak yang dapat membantu research and development. Ketiga, mengedukasi pasar untuk mendukung UMKM dengan cara membeli produk mereka.

Yeni Arzah, warga Kelurahan Kerang, Batu Engau, Kabupaten Passer, Kalimantan Timur, pengusaha pembuatan amplang sebagai contoh, ia mendapatkan bantuan permodalan usaha dari Pertamina sebesar Rp 130 juta. Yeni telah melakukan inovasi dan pengembangan usaha ‘Buah Merundut’ dengan membuat keripik pisang, singkong, talas dan kerupuk udang, serta kerupuk ikan.

“Memang awalnya banyak kendala, tapi alhamdulillah, dengan bantuan dari Pertamina, masalah permodalan sudah dapat teratasi. Begitu juga dengan pelatihan manajemen yang dilakukan Pertamina, sangat membantu saya, dalam mengelola keuangan usaha," katanya.

Contoh lain, Reinca Wangsa Gunasih, salah atu pelaku UMKM lain yang ada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, juga menerima dana program kemitraan Pertamina. Ia bersyukur bisa bergabung dan bermitra dengan Pertamina karena manfaat yang dia terima sangat banyak.

"Pinjaman modal usaha dari Pertamina ini amat sangat bermanfaat bagi kami para pelaku UMKM Kota Balikpapan. Terutama masih dalam masa pandemi ini, kami UMKM sangat tertatih dalam menjalankan usaha kami, program pinjaman modal usaha dari Pertamina ini berhasil membuat kami mulai berdiri kembali dan optimis kembali dalam menjalankan usaha," ujar Reinca, sebagaimana dikutip CNBC Indonesia, Selasa 15 Desember 2020.

Dua contoh pelaku UMKM itu adalah saksi hidup terhadap hal baik yang telah mereka dapatkan dari Pertamina. Memang di antara mereka tidak ada hubungan apapun dengan perusahaan negara itu. Satu-satunya yang menautkan kedua belah pihak adalah mereka hidup dalam ikatan kebangsaan yang sama. Menjadi bagian dari negara Indonesia yang telah diperjuangkan dengan segenap jiwa dan raga.

Ikatan itulah yang menyatukan Pertamina dengan pengusaha-pengusaha kecil di seluruh Indonesia yang menjadi mitranya. Kebaikan yang mereka dapatkan tidak berhenti pada diri mereka sendiri. Banyak dari mereka yang telah naik kelas dan membuka lapangan kerja bagi warga di tempat mereka tinggal. Kabar baik itu tentu saja adalah berkah yang patut disyukuri. Dan dengan sinergi semacam itulah Indonesia akan tetap baik-baik saja di kemudian hari.

 

Ikuti tulisan menarik Puji Handoko lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu