x

Iklan

Alfatiya Haura

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Desember 2020

Minggu, 20 Desember 2020 19:12 WIB

Sabar Itu Indah

Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sabar itu Indah

Oleh : Alfatiya Haura (Mahasiswi STIBA AR RAAYAH)

Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya. Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan. Sabar juga sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam sebuah pernyataan pendek, dikatakan bahwa sabar itu "...seperti namanya, adalah sesuatu yang pahit dirasakan, tetapi hasilnya lebih manis daripada madu."

Pandangan agama Islam

Salah satu dalil tentang kesabaran menurut Islam adalah dalam Qur'an, sungguh Allah Berfirman: "Bersabarlah kalian. Sungguh Allah bersama orang-orang yang sabar." Dalil ini menunjukkan bahwa sabar itu wajib. Dalam hal ini, seseorang menahan diri dari segala ujian yang menimpanya dan itu dianggap berat olehnya; tapi dengan dia menahan diri dengan jalan bersabar, maka dia menjauhkan dirinya dari kemarahan terhadap segala yang menimpanya demi menjaga keimanannya.

Terkadang, kehidupan menuntut semua manusia untuk menjalani berbagai rintangan dan ujian yang silih berganti. Namun, rasa sabar dan pantang menyerah harus ditanamkan sedalam mungkin di dalam jiwa setiap manusia.

Dalam menjalani hidup ini kita dituntut untuk sabar, baik dalam menuntut ilmu, beribadah, dalam kehidupan sehari-hari pun juga begitu. Jika kita mendapatkan musibah pun kita harus bisa untuk sabar menghadapi semua itu, karena ada hikmah dibalik semua itu. Kesabaran adalah obat yang paling mujarab dari segala kesulitan. Pernahkah kamu ? Ketika seseorang datang kepadamu, meneteskan air matamu, disaat itu kamu hanya terdiam, dan meminta kepada Allah agar selalu diberikan kesabaran. Karena Tuhan tidak akan memberikan COBAAN melebihi batas kemampuan umatnya. Semua yang ada di dunia ini masing- masing diberi cobaan yang berbeda  oleh Allah, tergantung bagaimana kita menghadapi cobaan itu, apa kita menghadapi nya dengan kepala dingin atau dengan kepala panas. Maka jangan pernah merasa kalau cobaan yang diberi oleh Tuhan itu terasa berat untuk kita, karna Allah memberikan cobaan sesuai dengan batas kemampuan kita masing-masing. Beberapa orang memilih untuk diam, karena mereka tau kalau mengeluh akanmenghilangkan pahala sabar.

Sabar itu pahit, Jujur itu pahit, dan Ikhlas itu sangatlah pahit.

Namun semua yang pahit menyembuhkan segala macam penyakit.

Allah menyukai orang yang sabar dan ikhlas. Maka tersenyumlah dikala sedih, tetap memaafkan saat kecewa.

قُلْ يٰعِبَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوْا رَبَّكُمْ ۗلِلَّذِيْنَ اَحْسَنُوْا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗوَاَرْضُ اللّٰهِ وَاسِعَةٌ ۗاِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ ( الزمر/39: 10)

  1. Katakanlah (Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu.” Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas. (Az-Zumar/39:10)

Sabar itu nggak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti nggak sabar. – Gus Dur

Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci. – Imam Al Ghazali

Saat kau membalas kebencian dengan amarah dan caci maki, saat itulah musuhmu menang. Maka bersabarlah. – Andi F. Noya

Aku mencari segala bentuk rezeki, tapi tidak menemukan rezeki yang lebih baik daripada sabar. – Umar bin Khattab

Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau inginkan. – Ali bin Abi Thalib

Bersabarlah, karena kesabaran adalah sebuah pilar keimanan. – Umar bin Khattab

Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang. – Ali bin Abu Thalib

Sesungguhnya kesabaran yang sebenarnya adalah pada saat goncangan yang pertama. – HR. Bukhari

Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan. –HR. Tirmidzi

Semua keberhasilan terbaik Anda, datang setelah kekecewaan besar yang Anda hadapi dengan sabar. – Mario Teguh

Dengan kesabaran kita memperoleh hasil lebih dari kekuatan kita.

Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang.

Jangan pernah menyerah dan berusaha lari, tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan sabar.

Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian namun penuh dengan harapan.

Kunci dari semua permasalahan adalah kesabaran.

Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. – QS. Al Baqarah: 153

Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. – QS. Al Insyirah: 5

Sabar itu Indah, dan keindahan itu akan nampak bila kita telah benar-benar memperjuangkannya.

Ketika seseorang berkata sabar itu menyakitkan, menyulitkan, dan terkadang membuat kita merasa setress. Iya, semuanya itu benar, karena proses sabar adalah memang terasa pahit.

Karena yang indah itu adalah hasilnya, dan keindhaan itu akan nampak didepan mata serta akan baik dirasa apabila kita telah benar-benar memperjuangkannya.

ALLAH SWT menyuruh hambaNya bersabar atas segala ujian. Sang Pencipta sangat cinta kepada orang-orang yang sabar. Hikmah di balik kesabaran adalah kebahagiaan. Allah meninggikan derajat orang yang sabar. Karena kesabaran malah, maka ganjarannya adalah surga.

Kesabaran hanya dimiliki oleh segelintir orang, mereka yang hatinya senantiasa tenang dan meyakini benar bahwa Allah di atas segalanya. Orang-orang yang terlalu materialis susah untuk sabar dan sering putus asa saat ditimpa berbagai ujian.

Kenapa pentingnya sabar?

Inilah janji Allah dalam Alquran Surah An Nahl ayat 96;

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ بَاقٍۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْٓا اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ٩٦ ( النحل/16: 96)

  1. Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (An-Nahl/16:96)

Dikutip dari artikel ditulis santri Pondok Pesantren Al Kholil Sidoarjo, Fahmi Ali Nufail Haiqal di kolom jaringansantri.com, sabar adalah yakin bahwa musibah itu kehendak Allah, semua itu milik Allah, bakal kembali pada Allah cepat atau lambat lalu berusaha mendekat pada Allah.

Nah, siapa saja yang yakin akan hal itu lalu berbuah kesabaran, bakal diberi ganjaran.

Allah berfirman:

﴿ وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ ١٥٥

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ ١٥٦

اُولٰۤىِٕكَ عَلَيْهِمْ صَلَوٰتٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۗوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ ١٥٧ ﴾ ( البقرة/2: 155-157)

  1. Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,
  2. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).
  3. Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (Al-Baqarah/2:155-157)

Dari ayat-ayat tersebut, mengandung makna bahwa tidak semua orang punya keyakinan seperti itu. Karena itulah mengapa kesabaran itu amat mahal harganya.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

من أقل ما أوتيتم اليقين وعزيمة الصبر ومن أعطى حظه منهما لم يبال ما فاته من قيام الليل وصيام النهار

“Ada hal yang tidak sembarangan diberikan Allah kepada kamu sekalian manusia, yaitu hati yang penuh keyakinan dan teguh kesabaran. Siapa saja yang beruntung diberi dua anugerah itu, pasti dia tidak akan peduli dengan apapun yang tidak dimilikinya, kecuali sholat malam dan puasa di siang hari.”

5 Keutamaan dan Balasan bagi Orang yang Sabar

Setiap orang dituntut untuk dapat menjalani hari dengan sabar, terutama saat menghadapi masalah, ujian dan cobaan, seperti pandemi infeksi virus corona (Covid-19). Ada banyak keutamaan dan balasan bagi orang yang sabar dalam Islam. Allah SWT menjanjikan balasan baik untuk orang yang sabar.

Sabar diartikan sebagai tahan menghadapi cobaan, tidak mudah marah, dan tidak lekas putus asa. Sabar juga berarti tenang dan dapat mengendalikan emosi dan diri saat diterpa banyak godaan dan ujian.

Keutamaan dan janji Allah untuk orang yang sabar banyak terdapat di dalam Alquran. Berikut keutamaan dan balasan bagi orang yang sabar.

  1. Kesudahan yang baik
    Allah SWT menjanjikan orang-orang yang sabar menuai kesudahan yang baik setelah melewati cobaan dan ujian yang diberikan. Janji Allah ini terdapat dalam surat Hud ayat 49 dan Ar-ra'd ayat 22.

    "Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),"( surat Ar-Ra'd ayat 22.)
  2. Keberuntungan
    Allah SWT juga bakal memberikan keberuntungan bagi orang-orang yang sabar, sesuai dengan surat Ali Imran ayat 200.

    "Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung," (surat Ali Imran ayat 200.)
    Dalam surat Al-'Asr ayat 2-3 juga disebutkan orang-orang yang sabar saling menasihati kesabaran tidak masuk dalam golongan manusia yang rugi.
  3. Disukai Allah
    Sesuai surat Ali Imran ayat 146, Allah SWT berfirman Allah menyukai orang-orang yang sabar.
    Dalam surat Al-Anfal ayat 46 dan Al-Baqarah 249 disebutkan bahwa Allah SWT bersama orang-orang yang sabar.
  4. Diberi petunjuk
    Allah bakal memberikan kabar gembira, petunjuk, berkah, dan rahmat-Nya kepada orang-orang yang sabar. Hal ini sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 155-157.

    "... Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun". Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk," (surat Al-Baqarah ayat 155-157.)

  5. Martabat yang tinggi di surga
    Di akhirat, Allah menjanjikan martabat yang tinggi bagi setiap orang yang menjalani kehidupan di dunia dengan sabar.

    "Mereka itulah orang yang dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya," Alquran (surat Al-Furqan ayat 75.)

Referensi

  1. Dari Wikipedia bahasa Indonesia
  2. https://www.merdeka.com/trending/40-kata-bijak-sabar-dalam-menjalani-kehidupan-menyejukkan-hati-kln.html
  3. https://suhanews.co.id/balasan-allah-dalam-alquran-untuk-orang-yang-sabar/
  4. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200429173042-284-498591/5-keutamaan-dan-balasan-bagi-orang-yang-sabar

 

Ikuti tulisan menarik Alfatiya Haura lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB