Tip Menjaga Kesehatan Tubuh di Saat Pandemi - Urban - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Jumat, 25 Desember 2020 05:44 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Tip Menjaga Kesehatan Tubuh di Saat Pandemi

    Selain mematuhi protokol kesehatan, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting. Menjaga kesehatan tubuh disaat pandemi ini bisa Anda lakukan dengan melakukan beberapa tips-tips berikut ini.

    Dibaca : 1.223 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pandemi corona yang telah kurang lebih satu tahun melanda dunia ini hingga kini masih belum ada tanda-tanda yang jelas mengenai kapan berakhirnya. Meski kini kabarnya vaksin Covid-19 sudah ditemukan dan sudah mulai digunakan dibeberapa negara, namun vaksinasi sendiri hanya bisa dilakukan secara bertahap dan tidak memungkinkan jika semua warga negara melakukan vaksinasi dalam waktu yang berdekatan, khususnya untuk negara berpenduduk banyak seperti Indonesia.

     

    Sementara itu di Indonesia sendiri vaksin sudah mulai dipesan dan sedang diuji untuk nantinya menentukan apakah vaksin tersebut layak digunakan oleh khalayak umum dan seperti negara dengan banyak penduduk lainnya Indonesia akan melakukan vaksinasi secara bertahap dimulai awal tahun depan.

     

    Meski baru diuji kelayakannya, masyarakat sudah mulai merasa bahwa pandemi akan segera berakhir dan mulai mengabaikan protokol kesehatan serta kurang memerhatikan kesehatan tubuh, padahal apabila terjangkit Covid maka bukan tidak mungkin kita bisa mati sebelum kebagian vaksin.

     

    Oleh karena itu alangkah baiknya sembari menunggu vaksinasi, kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kesehatan tubuh kita sebaik mungkin. Selain menerapkan protokol kesehatan, menjaga kesehatan tubuh juga sama pentingnya karena dengan imunitas tubuh yang baik kita akan memiliki survival rate yang tinggi apabila terjangkit Covid.

     

    Ngomong-ngomomg soal kesehatan tubuh, bagaimana sih cara menjaga kesehatan tubuh disaat pandemi ini?

     

    Well caranya ada banyak, tapi untuk membuatnya simpel Anda bisa ikuti tips menjaga kesehatan dikala pandemi berikut ini.

     

    1. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

    Tips pertama untuk menjaga kesehatan tubuh adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

     

    kenapa begitu?

     

    Karena dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi kita bisa memicu peningkatan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh. Selain itu dengan memakan makanan yang bergizi dan sehat tubuh kita juga akan mendapatkan asupan yang cukup serta berkualitas sehingga membuat tubuh dapat bekerja dengan baik dan optimal.

     

    2. Atur Pola Makan

    Tips kedua ini masih berhubungan dengan makan, yap tips kedua untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah mengatur pola makan.

     

    Pola makan harus kita perhatikan karena tubuh kita ini membutuhkan asupan secara terus-menerus. Umumnya makanan dalam lambung akan tercerna setelah 6 jam, tapi pada kasus tertentu bisa lebih cepat atau lebih lama.

     

    Apabila setelah makanan dalam lambung tercerna dan kita tidak segera mengkonsumsi makanan, asam lambung akan mulai menggerogoti lambung itu sendiri hingga pada akhirnya bisa menimbulkan luka yang membuat kita mengalami apa yang disebut dengan maag. Selain bisa menimbulkan maag, pola makan yang tidak teratur juga dapat melemahkan imunitas kita akibat tubuh tidak mendapatkan asupan yang cukup.

     

    Nah, oleh karena itu kita harus senantiasa mengatur pola makan kita agar tubuh selalu mendapatkan asupan yang cukup, karena dengan tercukupinya asupan tubuh maka tubuh akan bekerja dengan optimal dan dengan optimalnya kerja tubuh maka otomatis imunitas tubuh juga akan meningkat.

     

    Cara mengatur pola makan sehat sendiri relatif cukup mudah, Anda hanya perlu makan tepat waktu, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan mengkonsumsi makanan secara wajar dalam artian tidak berlebihan atau kekurangan sehingga kebutuhan gizi tubuh tercukupi dengan baik.

     

    3. Berolahraga Secara Rutin

    Tips selanjutnya adalah berolahraga secara rutin. Olahraga sendiri bisa membuat jantung lebih sehat dan dengan memiliki jantung yang sehat maka tubuh kita akan sehat secara keseluruhan mengingat darah diseluruh badan kita bersumber dari jantung. Selain membuat jantung lebih sehat, olahraga juga dapat meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh serta dapat menjaga dan bahkan menurunkan berat badan.

     

    Olahraga sendiri tidak harus yang berat-berat, yang terpenting dari berolahraga adalah rutin melakukannya sehingga kesehatan tubuh selalu terjaga. Beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan adalah bersepeda, senam, dan lari santai.

     

    4. Kurangi Stress 

    Kesehatan mental merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, apabila kesehatan mental kita jelek maka bukan tidak mungkin nafsu makan dan beraktivitas menjadi kacau.

     

    Lalu, apabila nafsu makan dan beraktivitas kita buruk tentunya kita tidak akan bisa menjalankan tips nomor 1, 2, dan 3 secara maksimal. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita harus memperhatikan kondisi mental kita sendiri dan selalu menjaganya agar tetap baik.

     

    Salah satu faktor penyebab tergganggunya kesehatan mental yang sangat umum dan berpotensi tinggi mengganggu kesehatan mental adalah stres. Meskipun stres merupakan hal yang umum dan dialami oleh semua orang, namun stres yang berlebihan dan terus menerus dapat menyebabkan kesehatan mental kita terganggu hingga bisa menyebabkan depresi.

     

    Oleh karena itulah kita harus pintar-pintar menjaga tingkat stres kita serendah mungkin. Nah, untuk menjaga tingkat stres kita tetap rendah, kita bisa melakukannya dengan selalu menyempatkan rehat sejenak dari kesibukan, berolahraga rutin, dan melakukan hal-hal yang disukai selama itu masih bersifat positif.

     

    Penutup

    Demikian beberapa tips menjaga kesehatan tubuh dikala pandemi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya.

    Ikuti tulisan menarik Anas Muzaki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 445 kali






    Oleh: Adiatman

    Rabu, 29 Juni 2022 09:45 WIB

    Bernalar Kritis

    Dibaca : 676 kali