Cara Membuat Podcast Bagi Pemula; Tak Serumit yang Dibayangkan - Urban - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Selasa, 29 Desember 2020 05:57 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Membuat Podcast Bagi Pemula; Tak Serumit yang Dibayangkan

    Podcast belakangan ini menjadi format hiburan baru yang populer di masyarakat khususnya pada generasi Z. Jenis hiburan ini dengan cepat digemari masyarakat luas karena formatnya yang santai dan mengingatkan pada radio. Ingin mencoba membuat podcast dan menguploadnya di internet tapi belum tahu bagaimana caranya? Simak artikel ini.

    Dibaca : 1.307 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Podcast belakangan ini menjadi format hiburan baru yang populer di masyarakat khususnya pada generasi Z. Jenis hiburan ini dengan cepat digemari oleh masyarakat luas dikarenakan formatnya yang santai dan mengingatkan kita pada radio.

    Kepopuleran podcast semakin menjadi-jadi di Indonesia setelah Deddy Corbuzier membuat konten YouTube berformat podcast video di kanalnya. Topik menarik dan bintang tamu yang beragam, mulai dari artis hingga pejabat, adalah salah hal yang membuat podcast milik Deddy Corbuzier mendatangkan view jutaan.

    Kepopuleran podcast Deddy Corbuzier tersebutlah yang akhirnya membuat banya orang ingin mencoba membuat podcastnya sendiri. Tapi ketika ketika ingin membuat, kebanyakan mereka bingung bagaimana memulainya. Nah, oleh karena itu kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat podcast bagi pemula mulai dari persiapan hingga proses upload ke internet.

     

    Cara Membuat Podcast

    Membuat podcast sebenarnya tidak terlalu sulit apalagi jika podcastnya hanya berupa audio saja seperti podcast pada umumnya, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah-langkah berikut:

     

    1. Tentukan Topik Utama Channel Podcast

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan topik utama channel podcast Anda. Pilih topik yang benar-benar Anda pahami dan sukai agar alur pembahasan yang berlangsung pada podcast Anda tidak terkesan memaksakan akibat tidak paham dengan topik yang dibicarakan.

     

    2. Siapkan Tempat dan Peralatan

    Langkah kedua setelah menentukan topik pembahasan adalah menyiapkan tempat dan peralatan yang dibutuhkan untuk perekaman podcast.

     

    Pilih tempat podcast yang memungkinkan pembicaraan berjalan menyenangkan dan juga lancar tanpa terganggu suara disekitar.

     

    Untuk peralatan sendiri sebenarnya Anda hanya membutuhkan mikrofon eksternal yang jernih dan sebuah soundcard agar hasil perekaman jelas dan minim noise. 

     

    3. Siapkan Narasi dan Alur Pembahasan

    Setelah punya topik pembahasan utama, peralatan dan tempat recording, langkah selanjutnya adalah menyiapkan narasi dan alur pembahasan dari episode podcast yang ingin Anda buat. Tentukan apa saja yang akan dibahas pada podcast Anda dan bagaimana urutannya sehingga pembicaraan podcast Anda tidak berakhir ngalor ngidul tidak jelas.

     

    4. Lakukan Perekaman

    Setelah semua yang diperlukan untuk memulai rekaman podcast sudah siap, langkah selanjutnya adalah take action dan mulai perekaman. Meski sudah ada narasi dan alur pembahasan, saat perekaman Anda juga boleh melakukan improvisasi selama hal tersebut tidak membuat kacau podcast.

     

    5. Edit Hasil Perekaman

    Setelah selesai melakukan perekaman, langkah selanjutnya adalah melakukan editing terhadap file audio hasil perekaman podcast. Editing audio bisa Anda lakukan di komputer Anda menggunakan software editing audio seperti Audacity.

     

    Pada saat tahap editing audio podcast, Anda bisa menambahkan intro dan outro, memotong bagian yang tidak diperlukan, memberi sound efek, dan membersihkan audionya dari noise yang dirasa menganggu.

     

    Dari semua tahap yang harus dikerjakan, tahap ini merupakan tahap yang biasanya dianggap paling melelahkan apalagi jika Anda masih pemula dalam editing audio dan audio yang harus Anda edit durasinya panjang.

     

    Namun, jika Anda ingin yang instan-instan maka Anda bisa menggunakan jasa editing podcast murah yang bertebaran di internet. Meski begitu saya hanya menyarankan menggunakan jasa apabila Anda memang benar-benar sibuk saja, jika punya waktu luang maka lebih baik gunakan waktu luang tersebut.

     

    6. Buat Judul dan Cover Podcast 

    Langkah terakhir setelah file audio podcast Anda siap adalah menentukan judul dan cover dari episode podcast tersebut. Untuk judul usahaku buat seringkas dan semenarik mungkin, lalu untuk cover buatlah semenarik mungkin dan usahakan jangan sampai gambarnya copyright.

     

    7. Upload ke Internet

    Langkah terakhir adalah mengupload podcast yang sudah Anda buat ke internet, di internet sendiri ada berbagai situs yang bisa Anda gunakan untuk membagikan podcast Anda seperti Spotify, Soundcloud, Anchor, dan YouTube.

     

    Nah, itulah dia langkah-langkah membuat podcast mulai dari menentukan topik pembahasan utama hingga menguploadnya ke internet. Hanya itu yang bisa saya sampaikan untuk saat ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat podcast.

     

    Sekian dan terimakasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini.

    Ikuti tulisan menarik Anas Muzaki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 497 kali