Pemanfaatan Internet dalam Media Pembelajaran Edukasi dan Informasi Covid-19 - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

memakai masker tidak lupt dari kegiatan sehari--haarri di masa pandemi

Nagia 1705581

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Desember 2020

Kamis, 31 Desember 2020 13:25 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Pemanfaatan Internet dalam Media Pembelajaran Edukasi dan Informasi Covid-19

    Pemanfaatan internet dalam media pembelajaran dan edukasi dalam masa pandemi dan penyebaran informasi covid-19 di berbagai sumber.Salah satunya media sosial.

    Dibaca : 642 kali

    Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung lama setelah virus tersebut menyebar hingga di hampir seluruh penjuru dunia. Bahkan di Indonesia pun sudah melebih 700 ribu orang. Dan kemungkinan meningkat setiap harinya.

    Corona Virus Disease (Covid-19) pertama kali muncul di daerah Wuhan di negara Cina. Penyebarannya begitu cepat sekali dengan hanya melalui kontak fisik melalui hidung, mulut, dan mata, dan berkembang di paru.

    Gejala seseorang terkena Covid-19 adalah suhu tubuh naik, demam, mati rasa, batuk, nyeri di tenggorokan, kepala pusing, susah bernafas jika virus corona sudah sampai paru-paru. Berbagai kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran penularan virus Covid-19 agar tidak menyebar luas di dalam masyarakat, yang telah diimplemetasi selama masa penularan Covid-19 adalah sebagai berikut :

    1. Kebijakan berdiam diri di rumah (Stay at Home);
    2. Kebijakan Pembatasan Sosial (Social Distancing);
    3. Kebijakan Pembatasan Fisik (Physical Distancing);
    4. Kebijakan Penggunaan Alat Pelindung Diri (Masker);
    5. Kebijakan Menjaga Kebersihan Diri (Cuci Tangan);
    6. Kebijakan Bekerja dan Belajar di rumah (Work/Study From Home);
    7. Kebijakan Menunda semua kegiatan yang mengumpulkan orang banyak;
    8. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB); hingga terakhir,
    9. Kebijakan pemberlakuan kebijakan New Normal.

    Namun, dampak dari pandemi ini terus berlanjut. Masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan dimanapun. Bahkan ada yang tidak mengetahuinya sama sekali. Mereka lebih sering menggunakan media sosial dan memamerkan kehidupan mereka daripada diri mereka sendiri.

    Oleh karena itu, pembuatan akun media instagram tentang edukasi Covid-19 menjadi bahan pokok kegiatan ini. dunia daring begitu berkembang sebegitu pesatnya bahkan di bidang pendidikan. Selain membuat poster tentang Covid-19, video pembelajaran dan kuis pun bisa dengan mudahnya dibuat dalam web yang sesuai dan mudah untuk belajar di rumah dengan sistem pembelajaran jarak jauh. 

    Dalam Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 15, dijelaskan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi dan media lain. Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antarguru dan peserta didik, melainkan secara online yang menggunakan jaringan internet. Guru dan peserta didik melakukan pembelajaran bersama, waktu yang sama, dengan menggunakan berbagai aplikasi, seperti whatsapp, telegram, zoom meeting, google meet, google classroom, quiepper school, ruang guru dan aplikasi lainnya.

    Pembelajaran daring menjadi sangat penting karena para murid di sekolah kini belajar dirumah. Tidak perlu ke sekolah lagi. Namun entah tahun depan ini semua itu akan berubah, atau sama saja seperti tahun 2020 yang akan segera berakhir. Para murid sekolah dalam kegiatan belajar mengajarnya pun banyak terkendala. Dengan begitu, internet sebagai sumber informasi yang mendunia berperan penting. Salah satunya adalah video pembelajaran. Banyak variasi juga dalam pembuatan video pembelajaran ini. ada yang menjelaskan secara detail dengan berbicara⸺pidato ataupun ceramah. Ada yang berupa animasi interaktif. Dan ada juga yang kumpulan tulisan. Materi yang dijelaskan pun dari berbagai bidang. Baik ilmu pengetahuan umum, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan keilmuan lainnya yang akan dicari pengguna internet.

    Meskipun begitu, masih banyak tantangan dari belajar daring, diantaranya; Penugasan yang terlalu berat dengan waktu yang singkat. Banyak tugas merangkum dan menyalin dari buku. Jam belajar masih kaku. Keterbatasan kuota untuk mengkuti pembelajaran daring.  Sebagian siswa tidak mempunyai gawai pribadi sehingga kesulitan dalam mengikuti ujian daring.

    Dilaksanakannya pembelajaran daring menurut KEMENDIKBUD mencakupi untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. Difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi Covid-19. Aktivitas dan tugas pembelajaran dapat bervariasi antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar di rumah. Itulah mengapa untuk orangtua sangat penting juga dalam membantu  anaknya belajar daring, dikarenakan kondisi belajar mengajar yang akan menjerumus ke kejenuhan anak itu sendiri. Anak-anak masih sangat aktif. Apalagi di ranah TK sampai SMP. Untuk itu, ada juga pembuatan video tentang tips belajar efektif di rumah.

    Pemanfaatan teknologi informasi untuk pendidikan memang bukan hal baru. Berlakunya masa Pandemi Covid-19 mengubah secara paksa pendidikan formal secara tatap muka menjadi pendidikan formal dengan bentuk pembelajaran daring. Berbagai tantangan atas kebutuhan pendidikan muncul. Kebutuhan pendidikan bergeser dari kebutuhan transportasi, ekonomi dan pembiayaan penunjang penyelenggaraan pendidikan menjadi kebutuhan akan perangkat elektronik yang dapat terkoneksi melalui internet serta konektivitas internet sendiri. Diharapkan ketiga kecil program diatas dapat membantu masyarakat indonesia dan pengajar dari berbagai kalangan.

    Dalam melaksanakan Program KKN Tematik UPI 2020 ini, ada dua kegiatan pokok yang akan dilakukan. Yang pertama membuat poster tentang informasi Covid-19 dan Video edukasi tentang belajar efektif di masa pandemi. Kedua membuat video pembelajaran di bidang fisika. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dan deskriptif. Membuat poster menggunakan canva.com dan mengunggahnya di media sosial Instagram. Untuk video menggunakan canva.com juga, sedangkan kuis untuk video pembelajarannya menggunakan quizizz.com. Untuk pembuatan video pembelajaran bersama dengan Sekolah Menengah Atas Negeri di Bandung di bidang Fisika. Video pembelajaran yang paling diminati oleh guru karena lebih memudahkan anak belajar dan banyak gambar.

    Dalam video pembelajaran di bidang fisika, meskipun sederhana dan banyak berisi tulisan, tetapi masih bermanfaat. Juga dibuat kuis menggunakan quizizz.com agar lebih mudah diakses dan menarik perhatian siswa agar termotivasi belajar lebih giat. Video pembelajarannya terdiri dari sub-materi pokok yaitu; Pemanfaatan Radioisotop dalam Bidang Teknologi, Teknologi Digital, dan Inti Atom. Ketiganya merupakan materi mata pelajaran Fisika kelas 12.

    Dan juga kuis dari quizziz web untuk pengayaan para siswa dari video tersebut.  Sumber dari materi fisika dari buku Fisika Kelas 12 karya Suharyanto, dkk. Bisa diakses di internet, terutama di laman kemendikbud. Untuk kasus Bab Teknologi Digital tidak mempunyai bab khusus yang menjadi bahan materi. Maka dari itu para guru pun menyarankan agar mencari di berbagai laman internet.

    Pembuatan poster menggunakan canva tersedia banyak variasi yang bagus. Bersumber informasi dari WHO, KEMENKES, KOMINFO, dan lembaga kesehatan lainnya dapat diakses dengan mudah di internet. Kemudian sesudah membuat poster-poster itu, diunggah ke media sosial instagram lalu membuat profil dan unggah juga story untuk informasi lainnya. Akun tersebut memuat informasi tentang gejala covid-19. Peringatan 3M: Memakai masker; menjaga jarak; dan mencuci tangan, yang merupakan protokol kesehatan paling umum untuk dunia di saat pandemi ini. Lalu tips-tips sederhana; Mendampingi anak belajar online; Masuk Kerja Dengan Aman Di Saat Pandemi; Prosedur Karantina Di Rumah; 7 Langkah Mencegah Penyebaran Covid; Kapan Harus Menggunakan Masker; Dan Juga Video Edukasi Tentang Belajar Efektif Disaat Pandemi. Video ini menjelaskan tentang kegiatan sederhana untuk membuat anak tidak jenuh dalam belajar di rumah secara daring dan menjadi ruang yang menyenangkan agar belajar lebih efektif. Video yang menjelaskan tentang bagaimana agar belajar lebih efektif di rumah untuk siswa dan pendampingnya⸺guru dan orangtua siswa agar lebih menyenangkan dan anak tidak jenuh saat belajar. Terdiri dari istilah pembelajaran daring; Bagaimana peran guru, siswa, serta orang tua dalam pembelajaran daring; Cara agar beelajar efektif; dan tips jika anak mulai bosan dalam peran khususnya orangtua, namun tak terkecuali  guru yang membimbing kegiatan belajar mengajar.

    Mengingat pentingnya peranan orang tua dalam mendidik anak, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang tua memiliki andil yang sangat besar dalam kemampuan anak dalam lingkup Pendidikan terutama dalam menentukan prestasi belajar siswa sangatlah besar. Pendidikan anaknya dapat menyebabkan anak kurang atau bahkan tidak berhasil dalam belajarnya. Sebaliknya, orang tua yang selalu memberi perhatian pada anaknya, terutama perhatian pada kegiatan belajar mereka dirumah, akan membuat anak lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena ia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanya juga memiliki keinginan yang sama. Sehingga hasil belajar atau prestasi belajar yang diraih oleh siswa menjadi lebih baik.

    Ada satu lagi poster tentang perbukuan yang dikategorikan ke program bidang ekonomi karena ada beberapa yang termasuk dalam kegiatan di bidang ekonomi. Salah satunya adalah menjual buku. Dimasa pandemi ini banyak hobi yang akhirnya banyak dilakukan karena banyak waktu untuk bersantai, membaca buku. Karena itu tentunya pasar perbukuan masih bertahan baik. Mereka juga menyediakan jasa antar dan gratis ongkos kirim, untuk mempermudah Bukan hanya membaca atau menjual buku, mengikuti kompetisi lomba tentang perbukuan seperti meresensi buku, foto buku⸺Bookstagram, juga kompetisi menulis bisa menjadi nilai lebih dalam memanfaatkan waktu di masa pandemi ini. Misalkan lomba menulis cerita pendek, puisi, quotes, bahkan novel. Seseorang yang bermimpi menjadi penulis terkenal bisa memanfaatkan waktu ini dengan baik. Bukan hanya dalam sastra, tetapi dalam bidang ilmiah, seperti halnya membuat artikel ilmiah bisa juga dapat dimanfaatkan. Banyak sekali lomba membuat artikel dalam berbagai tema.  dan menarik perhatian para pembeli dan pecinta buku di luar sana.

    Bisa dilihat, banyak sekali yang bisa dilakukan dalam Program KKN Tematik UPI 2020 ini. tidak hanya dalam ranah pendidikan, namun juga lingkungan masyarakat. Seperti halnya yang dijelaskan diatas, dalam kegiatan KKN ini dapat belajar membuat video, poster, bahkan kuis dari laman internet yang luas. Laman yang bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun memberikan manfaat dan dampak positif untuk masyarakat yang sedang bekerja di rumah. Salah satunya adalah pembuatan media pembelajaran untuk siswa sekolah dan poster edukasi covid-19 di tengah pandemi yang terus melanda. Penyebaran informasi yang cepat bisa menjadi jembatan untuk menghimbau masyarakat agar selalu melakukan protokol kesehatan. Mengingatkan sesama waarga negara agar segera pandemi ini bisa berakhir.

    Dasi



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.