Memandang Kota Takengon dari Bukit Pantan Terong - Travel - www.indonesiana.id
x

Bukit Pantan Terong/Wikipedia

Mala Hayati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Maret 2020

Sabtu, 2 Januari 2021 06:22 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Memandang Kota Takengon dari Bukit Pantan Terong

    Pantan Terong adalah sebuah bukit di puncak bukit Dataran Tinggi Gayo, Takengon, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Dengan ketinggian 1.350 meter di atas permukaan laut, dari tempat ini akan tampak kota Takengon dan danau Laut Tawar secara keseluruhan, dan lapangan pacuan kuda Belang Bebangka di Kecamatan Pegasing. Terlihat juga bandar udara Rembele di Simpang Tiga Redelong dan rumah masyarakat Gayo yang tersusun rapi. Semuanya itu serta dikelilingi punggung gunung Bukit Barisan yang elok.

    Dibaca : 912 kali

    Oleh : Malahayati dan Julisa Handayati

     

    Destinasi wisata di Kabupaten Aceh Tengah menjadi kian populer di mata masyarakat Indonesia. Kabupaten ini menyuguhkan keindahan pemandangan alam yang masih asli dan dapat membuat anda terpukau. Di ibukota Aceh Tengah, yakni Takengon,  ada banyak tempat pariwisata yang berpotensi berkembang di masa depan.

    Pantan Terong adalah sebuah bukit yang terletak di puncak bukit Dataran Tinggi Gayo, Takengon, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Bukit ini berada pada ketinggian lebih dari 1.350 meter di atas permukaan laut. Dari tempat akan tampak kota Takengon dan danau Laut Tawar secara keseluruhan, dan lapangan pacuan kuda Belang Bebangka di Kecamatan Pegasing.

    Terlihat juga bandar udara Rembele di Simpang Tiga Redelong dan rumah masyarakat Gayo yang tersusun rapi. Semuanya itu serta dikelilingi punggung gunung Bukit Barisan yang elok.

    Jarak tempuh dari kota Takengon menuju Pantan Terong sekitar 25 menit. Jalan yang menanjak dan berbelok membuat perjalanan menuju Pantan Terong menjadi menantang. Sepanjang perjalanan pengunjung terhampar pemandangan indah, serta kebun pohon kopi yang tersusun rapi. Di Pantan Terong juga terdapat lahan pertanian milik masyarakat yang ditanami kubis serta kentang. Sehingga panorama hijau alami dapat dinikmati pengunjung.

    Tiket masuk Pantan Terong Rp. 5000 per orang, biaya parkir kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 5000, sedangkan tarif untuk roda empat Rp 10 ribu saja.

    Anda merasa lapar? Jangan kuatir ada cafe di Pantan Terong, sehingga wisatawan dapat menikmati makanan maupun minuman seraya menikmati pemandangan. Di sini juga terdapat pakaian korea (Hanbok) sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

    Banyak wisatawan dalam maupun luar daerah berkunjung ke Pantang Terong, karena semula tahu dari media sosial.Di zaman era digital ini sudah tersebar luas momen-momen yang diabadikan wisatawan ke sosial media mereka seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan lain sebagainya. Ada wisatawan yang mengabadikan momen dengan menggunakan ponsel maupun kamera digital.

     AYO KE GAYO :)



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.