Kaleidoskop Ditlantas Polda NTB Tahun 2020 dan Arahan Dirlantas - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Zulkipli Amaq Nuna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 April 2020

Kamis, 31 Desember 2020 17:20 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Kaleidoskop Ditlantas Polda NTB Tahun 2020 dan Arahan Dirlantas


    Dibaca : 714 kali

     

    Mataram - Pada akhir tahun 2020, Polda NTB beserta jajaran menggelar Operasi Lilin Rinjani 2020. Operasi yang bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam kegiatan Ibadah natal dan tahun baru 2021 dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan Covid 19 yang tepat.

    Demikian dijelaskan Kombes Pol Noviar Pada Kamis, 31 Desember 2021 di Mataram, selaku KasatgasOpsda Lilin Rinjani 2020.

    “Selama tahun 2020, khususnya sejak saya mulai mengemban amanah sebagai Direktur Lalu Lintas Polda NTB mulai 24 Juni 2020. Berbagai kegiatan Ditlantas Polda NTB selalu diintegrasikan dengan upaya pencegahan, yustisi, dan penanggulangan dampak dari pandemic Covid 19,” kata Noviar.

    “Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak keluar dan membuat kerumunan di malam tahun baru 2021. Hal itu berpotensi sebagai klaster baru dar penyebaran Covid 19. Liburan bersama keluarga di rumah saja, berkumpul bersama keluarga," tutur Dirlantas Polda NTB.

    Kombes Pol Noviar juga menegaskan agar masyarakat berpikir cerdas di era Covid-19 ini terkait bagaimana berkendara yang baik serta tetap menaati aturan berlalu Lintas dan Protokol kesehatan Covid-19.

    "Menumbuhkan kesadaran dimulai dengan memberi pengetahuan,  pemahaman, penerimaan , mempengaruhi sikap dan perilaku sehingga memunculkan  sikap dan perlaku lahir dan bathin secara sadar untuk melaksanakan apa yang menjadi hak dan kewajiban serta tidak melanggar larangannya. Hal tersebut sama dengan merubah pola dalam menumbuh kembangkan kesadaran tertib dan disiplin berlalulintas di era pandemi Covid-19," kata Dirlantas.

    "Menyadari hal tersebut, selaku Dirlantas Polda NTB bagaimana membuat pola  penyadaran disiplin dan tertib berlalulintas di era pandemi covid-19 dengan Life Style adaptasi barunya, dimana sudah tidak efektif dan efesien bertemu langsung/lisan antara Polantas dengan Masyarakat/pengguna jalan," ujar Noviar.

    Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas

    Sesuai data IRSMS (Integrated Road Safety Management System) Ditlantas Polda NTB, jumlah kecelakaan menurun sebanyak 24% atau sebanyak 315 Kasus per 30 Desember 2020 dibandingkan periode yang sama di tahun 2019.

    Dengan Fatalitas korban meninggal,menurun 89 Korban atau -33 % dari 373 korban di tahun 2019 menjadi 284 di tahun 2020. Sedangkan luka berat dan luka ringan juga terjadi penurunan yaitu 320 menjadi 252 dan 1.380 menjadi 1.059. Masifnya sosialisasi baik melalui media dan himbauan langsung melalui program Subdit Kamsel Ditlantas Polda NTB.

    Bentuk pelanggaran oleh para pengendara masih didominasi oleh masyarakat yang belum memiliki SIM yaitu 879 kasus, diikuti oleh tidak menggunakan helm 809 kasus, dan pengendara di bawah umur sebanyak 161 kasus.

    Menurut Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Noviar, S.I.K. Masyarakat diharapkan menaati aturan berlalu lintas agar potensi kecelakaan dapat diminimalisir. " menaati aturan berlalu Lintas dan Protokol kesehatan Covid-19 itu merupakan langkah awal untuk menunjukkan ikhtiar maksimal dalam mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dan penyebaran virus Covid-19" jelas Dirlantas Polda NTB ini.

    Review Berbagai Kegiatan Ditlantas Polda NTB pada tahun 2020

    Merujuk pada berbagai kegiatan sejak Januari 2020, kegiatan yang tidak terkait Covid 19 hanya berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) bulan, Yaitu bulan Januari dan Februari, selepas itu berbagai kegiatan selalu menerapkan Protokol kesehatan.

    Di bulan Januari, kegiatan diawali oleh lanjutan Operasi Lilin Gatarin 2019 (sekarang bernama Operasi Lilin Rinjani). Kemudian persiapan menuju Zona Integritas (ZI) yang persiapannya dilanjutkan sampai bulan Februari. Hoax (berita bohong) tentang pembuatan SIM Kolektif kembali beredar di bulan Februari.

    Kegiatan Road Safety di gelar di Makorem 162/Wirabhakti, sebagai bagian dari sinergi TNI Polri, kemudian pengamanan kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia.

    Di bulan Maret 2020, kampanye massif dilakukan oleh Ditlantas Polda NTB terkait pencegahan Covid 19, baik melalui Media sosial maupun dalam patroli dan kegiatan rutin lainnya. Peresemian Kantor Ditlantas Polda NTB pada 31 Maret 2020 dilaksanakan hanya dalam bentuk penandatanganan prasasati oleh Gubernur dan Kapolda NTB.

    Memasuiki bulan April, Beberapa pelayanan mulai dibatasi dengan memberikan kelonggaran untuk perpanjangan masa berlakunya SIM. Di bulan ini juga ditandatanganinya kerjasama Korlantas Polri dengan BRI untuk pelatihan dan penyaluran Program Keselamatan Polri dengan sasaran para sopir kendaraan umum yang terdampak Covid 19.

    Operasi Ketupat Gatarin 2020 digelar dengan menitikberatkan pada operasi penegakan Protokol Kesehatan Covid 19.
    Kapolda NTB berganti, Irjen Tomsi Tohir digantikan Irjen Pol Muhammad Iqbal pada 27 Mei 2020.

    Ditlantas Polda NTB melalui program Gerakan Berbagi 1.000 melaksanakan pembagian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan dipimpin langsung Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso.

    Pada tanggal 24 Juni 2020, Kombes Pol Noviar dilantik menggantikan Kombes Pol Amin Litarso yang pindah ke Polda Sulawesi Utara. Dirlantas Kombes Pol Noviar langsung melakukan gebrakan dengan memimpin langsung pembagian Bansos serta sosialiasi New Normal di era Covid 19.

    Sejak Juli 2020, Kombes Pol Noviar menerapkan koordinasi dengan memanfaatkan aplikasi virtual sehingga tidak menghambat koordinasi sekaligus tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19. Pada Agustus 2020, Dirlantas menginisiasi lomba Zebra Kampung Sehat Competition dengan tema : “ Edukasi Tertib Berlalu Lintas di era pandemi Covid 19.

    Bersama PT Jasa Raharja, Ditlantas Polda NTB menggelar webinar tentang keselamatan berkendara di era Covid 19 dengan 50 siswa peraih beasiswa dari PT Jasa Raharja dan Ditlantas Polda NTB.

    Di bulan September, bulan HUT Polantas di gelar berbagai kegiatan dengan tetap terintegrasi program penegakan Protokol Kesehatan Covid 19, pembagian bansos, bersih – bersih tempat ibadah, pemeriksaan kesehatan, donor darah, dan kegiatan lainnya. Puncak kegiatannya dilaksanakan di lapangan tenis Polda NTB.

    Menyambut HUT TNI pada bulan Oktober, Ditlantas Polda NTB menginisiasi pemberian SIM Gratis kepada anak – anak TNI yang lulus seleksi. Operasi Zebra Rinjani 2020 di gelar, salah satu cara mengajak masyarakat memeriahkan sekaligus edukasi adalah dengan mengadakan Lomba Tik Tok Challenge Zebra Rinjani 2020.

    Pada bulan November, pemenang lomba diumumkan. Di bulan ini juga digelar pemeriksaan dokumen Zona Integritas (ZI) menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) secara virtual oleh tim dari Kementerian PAN RB.

    Rakernis Fungsi Lalu Lintas Polda NTB digelar mengawali bulan Desember 2020. Kegiatan yang dibuka oleh Kapolda NTB. Operasi Lilin Rinjani 2020 diadakan sejak 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021. Di akhir Desember 2020, juga digelar pembagian bansos terakhir tahun 2021 yang melibatkan TNI dan pemerintah daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.