Kontribusi Mahasiswa UPI dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Bidang Pendidikan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

R. Fadilla Hafidya S

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Desember 2020

Jumat, 1 Januari 2021 12:53 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Kontribusi Mahasiswa UPI dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Bidang Pendidikan

    Artikel ini berisi tentang pelaksanaan kegiatan KKN Tematik PPD COVID-19 di UPI pada tahun 2020.

    Dibaca : 796 kali

    Pandemi Covid-19 yang telah menyebar secara luas di dunia ini telah memberikan dampak besar terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat. Salah satu aspek yang terkena dampak pandemi Covid-19 yaitu bidang pendidikan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di bidang pendidikan, salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan pemindahan proses belajar mengajar dari sekolah ke rumah atau biasa dikenal dengan kegiatan Belajar dari Rumah (BDR).

    Kegiatan BDR ini terdiri atas dua metode, yaitu Pembelajaran Jarak jauh Dalam Jaringan (PJJ Daring) dan Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan (PJJ Luring). PJJ Daring dilaksanakan melalui teknologi elektronik dan teknologi berbasis internet, sedangkan PJJ Luring dilaksanakan melalui siaran televisi, radio, modul belajar mandiri maupun media pembelajaran dari benda di lingkungan sekitar.

    Universitas Pendidikan Indonesia, sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, turut berkontribusi dalam program pencegahan dan penanggulangan dampak Covid19. Salah satu bentuk kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 adalah dengan mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Universitas Pendidikan Indonesia memfasilitasi mahasiswa untuk turut berkontribusi dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 (KKN Tematik PPD Covid-19) yang berfokus pada program edukasi pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi secara daring.

    Kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19 ini dilaksanakan pada tanggal 16 November 2020 s.d. 30 Desember 2020. Mahasiswa diarahkan untuk melaksanakan KKN Tematik PPD Covid-19 baik secara individual maupun kelompok terbatas di daerah tempat tinggal masing-masing.

    Program yang dicanangkan dalam kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19 ini terdiri atas satu program wajib dan dua program pilihan, yakni: 1) edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan (program wajib); 2) edukasi pencegahan Covid-19 (program pilihan); dan 3) edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi (program pilihan).

    Berbagai program dalam KKN Tematik PPD Covid-19 ini bertujuan untuk menguatkan program pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 yang dilakukan Pemerintahan Pusat dan Pemerintahan Daerah, mendukung dan menguatkan program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang Pendidikan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang dilakukan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah daerah, meningkatkan kepedulian Civitas Akademika UPI dalam pencegahan, penularan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru, serta mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang Pendidikan.

    Program KKN Tematik PPD Covid-19 di Universitas Pendidikan Indonesia dilaksanakan secara serentak oleh mahasiswa yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di daerah Pamoyanan, RT 02/ RW 09, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

    Program yang dipilih untuk dilaksanakan yaitu program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan yang terdiri atas kegiatan penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di SD: Pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran di SD, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di SD, membuat media pembelajaran daring. Juga membantu administrasi sekolah, dan membuat video edukasi program penanggulangan Covid-19 di bidang pendidikan.

    Lalu ada program edukasi pencegahan Covid-19 yang terdiri atas: kegiatan pembuatan dan sosialisasi media edukasi daring tentang pencegahan Covid-19 bagi anak sekolah, merancang dan membuat masker untuk pencegahan Covid-19 bagi anak sekolah, pembuatan dan penyaluran masker dalam rangka pencegahan Covid-19 untuk masyarakat, pembuatan dan penyaluran media edukasi peningkatan kepedulian pencegahan Covid-19 berupa spanduk bagi masyarakat, dan membuat video program edukasi pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19.

    Dalam pelaksanaan program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan, mahasiswa bekerja sama dengan salah satu SD yang lokasinya berada di dekat tempat tinggal mahasiswa. Adapun dalam pelaksanaan program edukasi pencegahan Covid-19, mahasiswa bekerja sama dengan masyarakat di lingkungan setempat.

    Walaupun program yang dijalankan terasa sederhana, pelaksanaan kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19 ini tidak terlepas dari berbagai hambatan dan kesulitan. Mulai dari terkendala akibat jaringan internet yang tidak stabil. Lalu pelaksanaan pendampingan belajar siswa yang tidak sepenuhnya melalui pembelajaran jarak jauh daring (PJJ Daring) dikarenakan SD yang menjadi mitra sudah melakukan pembelajaran jarak jauh secara luring (PJJ Luring). Ada juga karena  berbagai kesibukan mahasiswa serta orang tua yang menyebabkan salah satu kegiatan KKN belum berjalan secara optimal, hingga keterbatasan kemampuan mahasiswa yang dalam menyusun media pembelajaran daring.

    Meskipun demikian, pelaksanaan program KKN Tematik PPD Covid-19 ini berdampak positif terhadap mahasiswa dan para mitra KKN Tematik PPD Covid-19. Berbagai kegiatan dari program KKN Tematik PPD Covid-19 telah memberikan banyak pengalaman berharga bagi mahasiswa, khususnya bagi penulis. Ini bisa sebagai sarana untuk melakukan banyak kebaikan dengan cara membantu sesama walaupun secara sederhana.

    Di samping itu, banyak di antara mitra yang telah bekerja sama dalam pelaksanaan program KKN Tematik PPD Covid-19 menyatakan bahwa mereka merasa terbantu dengan adanya program KKN Tematik PPD Covid-19 ini. Melalui program KKN Tematik PPD Covid-19 ini, mahasiswa ikut serta dalam membantu guru, siswa, serta orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, sekaligus dapat memberikan edukasi program pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada guru, siswa dan orang tua, serta masyarakat. 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.