Listrik Gratis PLN, Upaya Melindungi Kalangan Bawah dari Gempuran Corona - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Puji Handoko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 November 2020

Senin, 4 Januari 2021 07:10 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Listrik Gratis PLN, Upaya Melindungi Kalangan Bawah dari Gempuran Corona

    PLN memberikan token gratis kepadau pelanggan rumah tangga kategori daya 450 VA. Sementara untuk kategori daya 900VA diberikan diskon 50 persen. Dengan catatan pemakaian dilakukan secara normal. Pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA juga akan diberikan subsidi 100 persen untuk tagihan listriknya.

    Dibaca : 1.065 kali

    foto do. Kontan

    Situasi yang dihadapi oleh manusia di seluruh dunia masih tidak menentu. Vaksin Covid-19 memang sudah mulai diedarkan, namun proses vaksinasi dan keefektifannya memerlukan waktu. Apalagi di Inggris baru saja ditemukan varian baru Covid-19 yang jauh lebih mudah menyebar. Dalam situasi seperti itu, negara-negara di dunia kembali menutup diri dari dunia luar.

    Indonesia juga berada dalam kondisi siaga yang sama. Vaksin telah didatangkan, proses vaksinasi sedang dipersiapkan. Untuk menguatkan perekonomian masyarakat bawah, Pemerintah terus melakukan program stimulus Covid-19. Bansos akan disebarkan di bulan Januari 2020, bantuan-bantuan lain juga terus dikucurkan.

    Selain itu, pemerintah juga membuat instruksi untuk memperpanjang pemberian subsidi listrik lewat token listrik gratis. Sama seperti sebelumnya, program token listrik gratis PLN diberikan bagi konsumen rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA. Bantuan ini berlaku sampai Maret 2021.

    Kabar menggembirakan ini tentu jadi awal yang baik di tahun baru. Karena sampai sekarang Corona belum juga tersingkir dari tengah-tengah masyarakat. Orang-orang berharap, sedikit lagi akan mampu melewati krisis global ini secara bersama-sama, setelah vaksin diedarkan secara luas.

    Terkait bantuan token gratis PLN itu, untuk pelanggan rumah tangga kategori daya 450 VA, diberikan diskon 100 persen alias. Sementara untuk kategori daya 900VA diberikan diskon sebesar 50 persen. Pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA juga akan diberikan subsidi 100 persen untuk tagihan listriknya.

    Ada sedikit perbedaan dengan program subsidi listrik tahun sebelumnya. Kali ini diskon seratus persen untuk pengguna daya 450 VA diberikan pada pemakaian normal, dengan perhitungan 720 jam nyala atau 324 kWh, kelebihannya akan dikenakan tarif normal. Begitupula dengan pengguna daya 900 VA, diskon 50% diberikan setara dengan 720 jam nyala atau 648 kWh, kelebihannya diberikan tarif normal.

    PLN menyatakan siap untuk melanjutkan dan menyukseskan penyaluran stimulus token listrik gratis 2021 tersebut. Sebagai perusahaan negara, PLN memahami kondisi yang dihadapi masyarakat, terutama golongan yang tidak mampu. Oleh sebab itu, program pemberian subsidi ini merupakan bagian dari tanggung jawab perusahaan negara itu.

    "Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik," kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril, sebagaimana dikutip Kompas.com, Sabtu 2 Januari 2021.

    Subsidi listrik token gratis bagi pelanggan PLN sudah mulai bisa dinikmati pada tanggal 7 Januari 2021. Ada beberapa cara untuk mendapatkan token gratis, yakni melalui situs web, WhatsApp resmi perseroan, dan aplikasi PLN Mobile. Subsidi akan didapatkan dengan cara mengikuti instruksi yang sudah disediakan di masing-masing platform itu.

    Sebagai informasi, jumlah pelanggan rumah tangga 450 VA sebanyak 24,16 juta dan pelanggan rumah tangga 900 VA tidak mampu 7,87 juta. Sementara bisnis kecil dan industri kecil seluruhnya mencapai 459.000 pelanggan. Mereka adalah kelompok bawah yang menerima beban paling berat akibat Covid-19.

    Bagi kelompok masyarakat bawah, subsidi ini sangat membantu mereka. Sebab dalam kondisi seperti sekarang, banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Belum lagi mereka yang punya usaha kecil-kecilan juga masih dihantui situasi yang sepi. Beberapa UMKM memang mampu bertahan, namun banyak juga yang berjatuhan.

    Upaya baik dalam mempertahankan perekonomian di akar rumput sangat penting. Karena jika kelompok ini tidak mendapat penanganan yang baik, akan memunculkan serangkaian persoalan sosial-politik yang berbahaya. Orang-orang lapar akan melakukan apa saja, termasuk melawan hukum.

    Memahami hal inilah, semua pihak harus memandang jauh ke depan. Memberikan pertolongan bagi mereka yang memang sangat membutuhkannya. Teriring harapan, semoga Corona secepatnya dapat dikalahan di seluruh dunia secepatnya. Token gratis dari PLN merupakan bagian dari stimulus Covid-19 yang bertujuan membentengi masyarakat dari efek buruk Corona, dari rasa lapar dan akibat buruk gelap mata.

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.