Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Virus Covid-19 oleh Mahasiswa UMM di Kampung Kemantren - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Rifki Afiantara

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Januari 2021

5 hari lalu

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Virus Covid-19 oleh Mahasiswa UMM di Kampung Kemantren


    Dibaca : 332 kali

     

    Mahasiswa asal Universitas Muhammadiyah Malang telah melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Kampung Kemantren RW 03 / RT 03, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Malang. Program ini dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari.

    Penularan virus Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat di Indonesia. Tingkat penularan di wilayah Jawa Timur saat ini juga sangat meningkat. Di kota Malang saat ini dimana jumlah korban meninggal karena disebabkan corona menempati urutan nomor satu di Indonesia. Melihat kasus tersebut melalui kegiatan PMM mahasiswa UMM melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai pencegahan Covid-19 di era new normal ini guna mengurangi penyebaran virus tersebut.

    Soialisasi tersebut diadakan oleh anggota kelompok PMM 79 gelombang 13 yang terdiri dari 5 orang yaitu Robi Yuski N.F sebagai koordinator kelompok, M. Rizki Aditya Isma, M. Rifki Dwi A, Rifka Ayu Laksmi D, dan Sagasita Ravil. Sosialisasi dan Edukasi ini diberikan kepada warga Kampung Kemantren yang dilakukan dengan mengelilingi rumah warga. Tak lupa kegiatan sosialisasi ini juga dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dengan mematuhi peraturan pemerintah yang ada dengan tetap menggunakan masker.

    Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa PMM dari UMM juga membagikan poster persebaran Covid-19 di jawatimur dan tips cegah Covid-19. Hal ini bertujuan agar warga dapat tetap berkegiatan dengan menerapkan tips yang telah diberikan.

    "Dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi ini, kami memberi informasi terkait pencegahan penyebaran virus Corona di Kampung Kemantren ini. Selain itu kami juga membagikan poster tips pencegahan Covid-19, yang bertujuan agar warga dapat melakukan kegiatan diluar rumah dengan aman jika mengikuti tip yang kami berikan," ungkap Robi Yuski selaku Koordinator Kelompok

    Ketua RT 03 Kemantran, Hadi Prayitno memberikan apresiasi serta dukungan penuh kegiatan yang yang dilaksanakan oleh mahasiswa UMM yang telah melakukan kegiatan sosialisasi, sebagai ketua RT ia merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. "Saya harap program ini dapat mengedukasi warga desa dan dapat membantu pencegahan covid-19 di Desa Rejosari. Dengan adanya kegiatan Sosialisasi dan Edukasi, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat kemantren khususnya RT 03, RW 03 dalam menerapkan protokol kesehatan semakin tinggi,"  Kata Hadi Prayitno.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.