10 Lagu Daerah yang Populer di Indonesia - Travel - www.indonesiana.id
x

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

4 hari lalu

  • Travel
  • Berita Utama
  • 10 Lagu Daerah yang Populer di Indonesia

    Lagu daerah ini benar-benar beragam sebab jumlahnya suku bangsa di negeri ini. Bahkan, karena keberagaman lagu ini, kerap kali mengharumkan nama Indonesia di dunia.

    Dibaca : 624 kali

    Begitu maraknya lagu-lagu dewasa yang berkeliaran dan mengudara di TV dan radio, mengakibatkan beberapa lagu daerah Indonesia yang demikian kayanya terlewatkan oleh kita. Kesempatan ini kami akan memberi info tentang beberapa lagu daerah yang populer sampai sekarang.

    Tahu tidak perbedaannya lagu tradisionil sama kekinian? Perbedaannya, kalau lagu tradisionil itu akan terkenal selama hidup sedang lagu kekinian sama seperti yang kita dengar hirukpikuknya itu cuman sanggup bertahan sekurang-kurangnya sebulan.

    Lagu daerah ini benar-benar beragam sebab jumlahnya suku bangsa di negeri ini. Bahkan, karena keberagaman lagu ini, kerap kali mengharumkan nama Indonesia di dunia. Berikut ini adalah 10 lagu daerah Indonesia paling terkenal yang bisa kalian download Mp3 gratis di berbagai situs resmi.

     

    Ampar-Ampar Pisang

    Lagu ini berawal dari Propinsi Kalimantan Selatan / Kalsel dengan pembuatnya namanya Hamiedan AC. Isi dari lagu ampar-ampar pisang bercerita mengenai pisang yang diampar dan dikerubut binatang kecil kecil dapat terbang yang suka dgn wewangian pisang.

    Binatang ini dikenali warga kalimantan bernama bari bari. Di akhir lagu dikisahkan mengenai binatang yang ditakutkan anak kecil jaman dahulu (saksikan kata "dikitip bidawang" yang berarti digigit biawak. Kabarnya, kata dikitip bidawang itu dipakai untuk menakuti anak anak yang menyukai mengambil pisang/kue rimpi yang dalam proses penjemuran,

     

    Anak Kambing Saya

    Lagu ini berasal dari Nusa Tenggara Timur. Semacam lagu yang sama-sama sahut menyahut yang pertama kalinya menanyakan dan ada yang menjawab setelah itu.

    Lagu wilayah ini diubah jadi sedikit kekinian untuk menjaga ke-eksistensiannya di mata beberapa anak. Sesungguhnya sangat banyak lagu wilayah dari NTT yang demikian terkenal seperti Potong Bebek Angsa atau yang lain, tapi tidak saya sertakan.

     

    Cublak-cublak Suweng

    Lagu wilayah yang dari Jawa Timur ini selaku pendamping salah satunya permainan tradisionil yang pemainnya itu harus tengkurap dan tempelkan jemari di atas punggungnya. Orang yang tengkurap itu harus menerka jemari apa yang ada di punggungnya.

     

    Injit-Injit Semut

    Lagu wilayah ini selaku iringan permainan yang dari Jambi. Permainannya mudah, cukup saling mencubit punggung tangan rekan, bila sakit naik ke atas balik menyubit. Demikian selanjutnya. Tapi siapakah yang paling tahan ia sebagai juara.

     

    Naik-Naik Ke Puncak Gunung

    Lagu wilayah yang dari Maluku ini menceritakan mengenai perjalanan ke gunung, meskipun ada ikatannya kemudian, tapi tidak demikian terkenal.

     

    Gundul Pacul

    Tembang yang dari Jawa tengah ini kabarnya dibuat tahun 1400-an oleh Sunan Kalijaga dan beberapa temannya yang remaja dan memiliki makna filosofis yang dalam dan mulia. Gundul picul berarti jika seorang pimpinan sebenarnya bukan orang yang dikasih mahkota tapi ia ialah pembawa picul untuk mencangkul, mengusahakan kesejahteraan untuk rakyatnya.

     

    Si Patokaan

    Syair ini adalah syair kuno yang kerap dikatakan seorang ibu dari wilayah Minahasa ke anak lelakinya yang telah baligh ketika seorang anak itu sudah diharuskan cari nafkah sendiri. Syair ini memperlihatkan rasa kasih sayang seorang ibu ke anaknya yang sesungguhnya beberapa ibu tidak tega ditinggalkan anaknya. Lagu wilayah yang dari Minahasa, Sulawesi Utara.

     

    Tokecang

    Lagu wilayah yang beirama ria ini berawal dari Jawa Barat. Makin terkenal sesudah jadi soundtrack sineteron beberapa anak dulu. Lagu ini sesungguhnya pendamping satu permainan. Makna dari tokecang menurut sebagian orang yakni ada tokek makan kacang.

     

    Yamko Rambe Yamko

    Lagu yang dari wilayah Papua ini menceritakan mengenai peperangan yang berlangsung di negeri ini yang sama-sama bunuh membunuh oleh tunas bangsa. Bunga bangsa yang diartikan ialah pahlawan yang ikhlas berkorban, bahkan mati, untuk menjaga negara Indonesia ini dari beberapa penjajah. Walau tempo lagunya cepat dan berkesan ria, sesungguhnya arti dari lagu ini cukup memilukan.

     

    Jali-Jali

    Lagu tradisional yang dari Jakarta ini ditenarkan oleh M. Sagi (sering dieja M. Sjaugi) pada 1942 lewat biolanya yang tidak sebanding waktu itu, mengakibatkan seterusnya jadi lagu rakyat Betawi. Pada 1942, lagu ini dinyanyikan bersahutan di antara wanita dan pria.

     

    Bagaimana dengan daftar lagu di atas? Meskipun beberapa lagu di atas telah jarang diputar, tapi kalian masih bisa download mp3 lagu tesebut di situs resmi dan menikmatinya. Masih banyak kembali beberapa lagu tradisional dari segala penjuru nusantara dan terkenal.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.