x

Iklan

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Kamis, 14 Januari 2021 14:54 WIB

Cara Kerja Web Cache, Manfaat, dan Jenisnya untuk Website Anda

Web cache ialah penyimpanan sesaat data web di server atau browser. Cache menolong tampilkan data dengan bisa lebih cepat waktu pengunjung memerlukannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Web cache ialah penyimpanan sesaat data web di server atau browser. Cache menolong tampilkan data dengan bisa lebih cepat waktu pengunjung memerlukannya. Kemungkinan saat ini Anda bingung. Apa hubungan penyimpanan data dengan jalan pintas? Memangnya wujud cache itu seperti apakah?

 

Cara Kerja Cache

Kurang lebih, semacam ini urutan langkah kerja cache.

  • Website atau browser terima request dari pengunjung website;
  • Browser kirim keinginan agar server sediakan info yang dibutuhkan;
  • Server cari info yang dibutuhkan;
  • Server memberi dokumen yang dibutuhkan ke browser;
  • Server dan browser simpan salinan dokumen alias cache tersebut;
  • Website tampilkan info yang Anda harapkan;
  • Saat Anda atau seseorang kembali pada web dan cari info yang serupa untuk ke-2 kali, server dan browser cuman akan memberi simpanan dokumen bukannya cari ulangi.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Manfaat Web Cache

Apa sih manfaat web cache untuk website? Inilah daftar keuntungan yang dapat Anda terima:

 

Website Lebih Cepat

Bahkan juga 53% orang sepakat jika mereka akan tinggalkan web bila loading-nya lebih dari 3 detik. Apa Anda pengin itu berlangsung pada web Anda? Tentunya tidak. Nah dengan memakai situs cache, Anda dapat menghindarinya. Karena, web makin lebih cepat dan mudah dalam tampilkan info yang pengunjung meminta. Tetapi, tidak boleh cuman memercayakan cache saja, ya. Silahkan padankan dengan bermacam taktik optimisasi yang lain.

 

Membuat Pengunjung Betah

Apa kesan-kesan Anda waktu menyaksikan ini pada web yang Anda datangi? Tentu kecewa, jemu, dan kemungkinan Anda segera mendesak sinyal close. Nah, itu yang pengunjung web rasakan saat web Anda tidak juga tampilkan info.

Seperti satu jalinan, Anda tidak juga memberi tanggapan. Jadi, tidak boleh bingung jika pengunjung jemu dan berpindah ke lainnya. Untungnya, cache dapat jaga pengalaman pengguna pengunjung. Perform web akan ngebut hingga pengunjung juga kerasan menelusuri web Anda.

 

Meningkatkan Trafik dan Konversi

Manfaat cache selanjutnya yakni tingkatkan trafik dan alterasi web. Jadi, saat Anda mempunyai web yang cepat, Google akan memikir, "Wah sangat bagus perform SEO web ini. Selaku hadiah, saya akan mengutamakan web ini di halaman terdepanku!"

Sesudah Google memajang web Anda pada halaman paling depan hasil penelusuran, pengunjung juga lebih gampang mendapati dan mengeklik web Anda. Bahkan juga kenyataannya, 75% orang malas melihat kecuali dari halaman pertama penelusuran! Saat ini, dapat Anda pikirkan kan begitu besar kekuatan trafik dan alterasi bila web sukses kuasai halaman pertama Google.

 

Menghemat Memori Server

Menghemat memory server ialah faedah situs cache yang sudah tentu Anda terima. Server ialah mekanisme pusat yang web pakai untuk mengolah keinginan pengunjung. Saat ini, pikirkan bila satu kulkas sarat dengan isian sampai tidak tersisa sela sedikit juga.

Begitupun dengan server. Server mempunyai kemampuan penyimpanan yang bila begitu penuh akan membuat proses penelusuran info alias loading web lama. Bisa-bisa, web malahan down dan tidak berhasil tampilkan apa yang pengunjung harapkan.

Adanya situs cache, tidak seluruhnya keinginan harus diolah oleh server. Ibaratnya seperti mengalihkan isian kulkas ke container penyimpanan lain hingga kulkas tidak begitu penuh. Akhirnya, memory yang masih ada menjadi lebih banyak hingga server masih dapat mengolah keinginan pengunjung web secara cepat sekalian menjauhi resiko down.

 

Jenis Cache Website

Sekadar informasi untuk Anda yang mau ketahui cara membuat sitemap, silahkan baca artikel kami yang lain. Untuk sekarang ini ada lumayan banyak tipe cache. Tetapi, kita akan konsentrasi mengulas beberapa jenis cache yang terkait dengan web. Apa itu? Inilah beberapa jenis cache yang terkait dengan web.

 

Browser Cache

Anda pengguna Google Chrome, Mozilla Firefox, atau browser yang lain? Apa saja browser yang Anda pakai, tentu mempunyai browser cache. Browser cache ialah tipe cache yang terdekat dengan pengunjung web. Saat Anda cari info tertentu pada web, browser akan simpan datanya. Hingga saat Anda mengaksesnya kembali, browser cukup menyediakan cache itu.

Sayang, seperti etalase yang memiliki ukuran imut, browser cache mempunyai ruangan yang cukup sempit. Jadi, tidak boleh bingung jika Anda perlu sering-sering bersihkan cache supaya tidak terlalu menimbun.

Nah, untuk mempermudah memantau ruangan penyimpanan, Anda memerlukan ‘asisten'. Orang kepercayaan ini bekerja mengingati Anda waktu cache telah menimbun atau lewat waktu. Nama orang kepercayaan ini ialah add expires header. Memakai ini, Anda dapat mengendalikan waktu penyimpanan cache sesenang hati.

 

Server Cache

Selain browser cache, ada server cache. Server cache adalah data halaman web yang tersimpan dalam server alias mekanisme pusat. Server cache mempunyai beberapa jenis cache, yakni:

  • Full-page cache — berisi semua data dari halaman web. Seperti gambar, file HTML, stylesheet, dan banyak lagi;
  • Object cache — cuman simpan satu tipe data pada halaman web. Seperti gambar, database, dan lain-lain;
  • Opcode cache — simpan file-file PHP yang dipakai web. Dengannya, setiap request bisa dilakukan file itu lebih cepat;
  • CDN cache — area untuk menyimpan cache yang menyebar di beberapa negara. Saat pengunjung terhubung web Anda, server paling dekat akan mengirim cache itu. Cache ini bisa Anda pakai sesudah memadukan web dengan service konten delivery network (CDN).

 

Tehnologi web cache di atas sanggup membuat perform web semakin lebih cepat dan masih konstan. Benar-benar pas untuk web yang mempunyai potensi mempunyai trafik tinggi. Misalkan seperti web perusahaan, portal informasi, toko online, dan banyak. Jadi, siapkah Anda melesatkan kecepatan web Anda?

Ikuti tulisan menarik Panduan Menulis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

5 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB